Sukses

5 Makanan Sehat bagi Perawat untuk Cegah Badan Lemas

Biar kerjanya makin semangat dan terhindar dari badan lemas, perawat mesti mengonsumsi makanan sehat berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Selain dokter, perawat adalah orang yang berperan penting di rumah sakit dalam memberikan pelayanan medis kepada pasien. Oleh sebab itu, seorang perawat juga mesti menjaga kondisi kesehatannya demi terhindar dari kondisi badan lemas. Kalau badan telanjur drop, maka hal itu akan menghambat kinerja dan para pasien tidak mendapatkan pelayanan yang maksimal.

Untuk mencegah hal itu terjadi, ada baiknya para perawat mengonsumsi kelima makanan sehat berikut ini.

1. Pisang

Menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter, pisang dapat memberikan pasokan energi pada tubuh setara dengan minuman berenergi. Minuman berenergi terkadang mengandung gula dan kafein yang berlebihan. Jadi, mengonsumsi buah yang kaya akan potasium, serat, serta berbagai vitamin ini adalah cara aman untuk mendapatkan energi ketimbang dengan meneguk minuman berenergi.

2. Biji chia  

“Biji chia ini kaya protein, lemak, dan serat sehingga baik untuk mendongkrak energi Anda. Efek yang ditimbulkan dari mengonsumsinya juga berbeda dari karbohidrat atau sumber gula lainnya,” jelas dr. Astrid. Bila di saat jam istirahat Anda hendak membeli jus buah, tambahkan biji chia agar Anda mendapat pasokan energi tanpa mengalami sugar rush.

3. Oatmeal

Produk gandum yang satu ini dapat Anda konsumsi untuk mengatasi badan lemas. Oatmeal pun dapat Anda jadikan sebagai pengganti nasi karena kandungan nutrisinya yang lebih baik. “Oatmeal ini punya serat yang tinggi dan cukup protein, jadi bikin badan tidak lemas,” kata dr. Astrid.

Bagi Anda yang memiliki diabetes, oatmeal aman untuk dikonsumsi karena indeks glikemik atau kadar gulanya rendah. Ketimbang menyantap nasi putih dengan porsi banyak yang justru dapat membuat Anda mengantuk dan lemas setelahnya, coba saja mengonsumsi oatmeal.

4. Daging merah tanpa lemak dan sayuran hijau

Bagi perawat yang memiliki anemia, kemungkinan untuk mengalami lemas saat beraktivitas akan lebih besar ketimbang mereka yang tidak anemia. Oleh sebab itu, dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter menyarankan Anda untuk mengonsumsi makanan alami yang mengandung zat besi tinggi, yakni daging merah dan sayuran hijau. “Tapi pastikan daging merah yang disantap tidak mengandung lemak,” kata dr. Sepriani.

5. Buah yang banyak mengandung vitamin C

Vitamin dan mineral sangat esensial bagi tubuh. Berbagai hormon akan bekerja dengan baik bila dibantu dengan vitamin serta mineral. Dan salah satu vitamin yang sangat penting, khususnya dalam mencegah badan lemas adalah vitamin C. “Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan, jadi bisa membantu menjaga daya tahan tubuh,” jelas dr. Sepriani.

Anda bisa mendapatkan vitamin C dari buah-buahan segar, seperti jeruk, pepaya, stroberi, nanas, kiwi, mangga, dan jambu biji. Sayuran seperti brokoli dan kembang kol juga sarat akan vitamin C.

Di samping mengonsumsi makanan sehat di atas, pastikan Anda juga beristirahat dengan benar agar badan tak lemas. Bila ada kesempatan untuk tidur sejenak, jangan sia-siakan kesempatan itu. Karena pada dasarnya, sesibuk apa pun pekerjaan yang dilakoni, Anda tetap harus memprioritaskan kesehatan. Jika tidak, bagaimana Anda bisa membantu orang lain, bukan? Akhir kata, Selamat Hari Perawat Nasional!

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar