HomeGaya hidupDiet dan NutrisiLangkah Sehat untuk Turunkan Berat Badan dengan Cepat
Diet dan Nutrisi

Langkah Sehat untuk Turunkan Berat Badan dengan Cepat

dr. Theresia Rina Yunita, 31 Okt 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Proses menurunkan berat badan biasanya memakan waktu lama. Tapi, ada juga cara menurunkan berat badan dengan cepat. Yuk, cari tahu di artikel ini.

Langkah Sehat untuk Turunkan Berat Badan dengan Cepat

Bagi sebagian orang, memiliki badan ideal adalah hal yang penting. Berbagai cara menurunkan berat badan pun dilakukan. Akan tetapi, memangkas berat badan sebenarnya tidak boleh sembarangan.

Diperlukan kombinasi antara diet seimbang dan olahraga secara rutin. Mengapa tidak diet saja?

Bila hanya terfokus pada diet, Anda memang bisa memiliki tubuh yang lebih langsing, tapi badan akan mudah lemas. Selain itu, tubuh juga menjadi tidak kencang.

Terlebih lagi, bila Anda menerapkan metode diet yang tidak sesuai. Akhirnya yang terjadi kemudian adalah peningkatan risiko berbagai masalah kesehatan. Mulai dari anemia, diabetes, hingga kanker.

Panduan Turunkan Berat Badan

Tentu tidak mau hal itu menimpa Anda, bukan? Nah, supaya usaha menurunkan berat badan Anda efisien dan cepat terlihat hasilnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yaitu: 

  1. Kurangi Asupan Kalori

Bukan dihilangkan sama sekali, tapi jumlah kalori dalam asupan Anda yang disesuaikan. Itulah prinsip menurunkan berat badan dengan diet seimbang. Tubuh pun tetap mendapatkan segala kebutuhan gizi tanpa harus takut kegemukan. 

Selain memerhatikan jumlah kalori, cara pengolahan makanan juga memengaruhi tinggi rendahnya kalori. Mengolah makanan dengan cara direbus, misalnya, tentu jauh lebih sehat dibandingkan digoreng.

Di samping itu, Anda juga harus tahu kalau kebutuhan kalori setiap orang berbeda, tergantung kondisi fisik dan aktivitas harian. Anda bisa mengetahui kebutuhan kalori harian dengan berkonsultasi pada dokter ataupun ahli gizi. 

Artikel lainnya: Jadi Teman Diet, Benarkah Kacang-kacangan Bisa Turunkan Berat Badan?

  1. Lewatkan Makanan Penutup yang Tinggi Gula

Sudah berhasil mengurangi jumlah kalori dalam makanan utama, langkah selanjutnya adalah menahan diri dari godaan makanan penutup yang manis. 

Mengurangi asupan gula adalah langkah besar dalam usaha mencapai berat badan ideal.

Asupan gula ini bisa berasal dari minuman kaleng (soda), minuman kekinian (boba atau kopi susu), ataupun camilan manis dan cokelat.

  1. Hanya Konsumsi Makanan Segar

Makanan kemasan biasanya mengandung banyak gula, lemak, garam, pengawet, dan MSG. Bila Anda ingin tubuh memiliki metabolisme yang maksimal, hentikan kebiasaan mengonsumsi makanan kemasan atau olahan tersebut.

Akan lebih baik bila Anda mengisi perut dengan makanan segar yang baru dimasak, terutama yang terbuat dari sayur-sayuran dan protein tanpa lemak jahat.

Artikel lainnya: Cara Menurunkan Berat Badan dengan Minum Kopi

  1. Banyak Minum Air Putih

Cara lain untuk menurunkan berat badan dengan cepat adalah dengan banyak minum air putih. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa peningkatan konsumsi air putih berkaitan dengan penurunan berat badan.

Air putih mengandung berbagai mineral yang berfungsi mengatur denyut jantung dan kontraksi otot, serta membantu pencernaan. Karena itu sukseskan diet Anda dengan banyak minum air putih minimal 8 gelas per hari.

  1. Lakukan Olahraga Kardio Minimal 30 Menit per Hari

Untuk mengikis lemak di tubuh, jenis olahraga yang paling penting untuk dilakukan adalah latihan kardio, seperti lari, aerobik, bersepeda, dan zumba. 

Latihan kardio sangat baik untuk dilakukan setiap hari setidaknya selama 30 menit. Bila Anda mengombinasikan latihan kardio dengan latihan beban, hasilnya akan lebih baik lagi. Tubuh Anda tak cuma langsing, tapi juga akan terlihat lebih kencang.

Artikel lainnya: Benarkah Food Combining Bisa Cepat Menurunkan Berat Badan? 

  1. Lakukan High-Intensity Interval Training (HIIT)

Jenis latihan ini akan menantang fisik Anda. Berjalanlah selama 3 menit, lalu berlarilah selama 3 menit. Dengan melakukan teknik tersebut selama 20–50 menit, lemak dalam tubuh akan terbakar banyak.

  1. Tidur Cukup

Kurang tidur ternyata bisa menggagalkan diet Anda, lo! Saat tubuh kekurangan tidur maka produksi hormon ghrelin akan meningkat. Ini adalah hormon lapar sehingga akan merangsang peningkatan nafsu makan.

Karena itu, jangan heran saat Anda susah tidur, pasti bawaannya lapar dan ingin makan terus.

Artikel lainnya: 9 Protein yang Ampuh untuk Turunkan Berat Badan

Konsumsi Teh Hijau

Terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa kandungan flavonoid yang disebut katekin dalam teh hijau dapat mempercepat metabolisme. Selain itu, antioksidan ini juga dapat membantu mencegah kelebihan lemak.

Konsumsi teh hijau secara rutin baik untuk tubuh, tapi sayangnya efeknya tidak begitu berpengaruh bagi mereka yang sudah kelebihan berat badan atau obesitas

Bagi mereka yang alami obesitas, tentu konsumsi teh hijau harus dibarengi usaha lain yang lebih signifikan.

Aktif Bergerak

Bukan rahasia lagi kalau olahraga bisa membantu menurunkan berat badan. Tapi jangan hanya olahraga ya, Anda juga harus aktif bergerak. 

Misalnya, hindari terlalu lama duduk di depan komputer atau malas-malasan di tempat tidur seharian. 

Lakukan apa saja yang bisa membuat tubuh aktif bergerak. Antara lain membersihkan rumah, bermain bersama anak, memasak, atau berkebun.

Itulah sembilan cara menurunkan berat badan yang sehat dan cepat. Tidak sulit dan mahal kan? Yang penting konsisten dan berkelanjutan, ya. Jangan ketinggalan tips kesehatan lainnya di aplikasi KlikDokter!

[HNS/ RH]

Turunkan Berat BadanBerat BadanDiet

Konsultasi Dokter Terkait