Sukses

5 Langkah Sehat untuk Turunkan Berat Badan dengan Cepat

Tak perlu terlalu ambisius mencoba segala metode diet ekstrem. Lakukan cara sehat ini jika Anda ingin turunkan berat badan cepat!

Klikdokter.com, Jakarta Anda mungkin mulai menyadari bahwa semakin waktu bergulir, semakin banyak pakaian yang tak muat lagi dipakai. Padahal dahulu Anda bisa mengenakannya dengan mudah dan nyaman. Entah itu celana berkancing, kemeja atau terusan, semuanya kini terasa sesak. Kalau sudah begitu, tandanya Anda sudah kegemukan. Untuk itu, tidak ada cara lain yang bisa ditempuh selain menurunkan berat badan, meskipun  mungkin tidak bisa seideal dahulu.

Menurut dr. Adeline Jaclyn dari KlikDokter, orang-orang yang ingin menurunkan berat badan bisa mencoba untuk menerapkan kombinasi antara diet seimbang dan olahraga secara rutin. Mengapa tidak diet saja? Bila hanya terfokus pada diet, diet, dan diet, Anda memang bisa memiliki tubuh yang lebih langsing. Akan tetapi, Anda akan mudah mengalami badan lemas, juga tubuh menjadi tidak kencang. Belum lagi, bila Anda menerapkan metode diet yang tidak sesuai, yang akan terjadi kemudian adalah peningkatan risiko berbagai masalah kesehatan.

Panduan turunkan berat badan

Dilansir dari Reader’s Digest, terdapat 5 langkah yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan berat badan ke rentang ideal.  Cara-cara tersebut telah terbukti aman dan efektif. Adapun cara yang dimaksud, yaitu:

  1. Kurangi asupan kalori

Bukan makanan yang dihilangkan sama sekali, melainkan jumlah kalorinya yang disesuaikan. Itulah prinsip yang bisa Anda terapkan bila ingin menurunkan berat badan dengan diet seimbang. Sehingga, Anda tetap mendapatkan segala kebutuhan gizi tanpa harus takut kegemukan.

Setiap orang memiliki kebutuhan kalori yang berbeda, tergantung pada kondisi fisik dan aktivitas hariannya. Maka, untuk menentukan seberapa banyak kalori yang bisa Anda makan, sebaiknya atur bersama dokter dan ahli gizi.

  1. Lewatkan makanan penutup yang tinggi gula

Sudah berhasil mengurangi kalori dan porsi makanan utama, langkah selanjutnya adalah menahan diri dari godaan makanan penutup yang manis. Pasalnya, seorang terapis fisik, Lauren Lobert, mengatakan bahwa mengurangi asupan gula merupakan langkah besar dalam menurunkan berat badan.

  1. Lakukan olahraga kardio minimal 30 menit per hari

Untuk mengikis lemak di tubuh, jenis olahraga yang paling penting untuk dilakukan adalah latihan kardio, seperti lari, aerobik, bersepeda, zumba, dan lainnya. Latihan kardio sangat baik untuk dilakukan setiap hari setidaknya selama 30 menit.

Bila Anda mengombinasikan latihan kardio dengan latihan beban, maka hasilnya akan lebih baik lagi. Karena hasilnya, tubuh Anda tak cuma langsing, tetapi juga akan terlihat kencang dan menarik.

  1. Hanya konsumsi makanan segar

Makanan kemasan biasanya mengandung banyak gula, lemak, garam, pengawet, MSG, dan zat-zat tak baik lainnya. Bila Anda ingin tubuh memiliki metabolisme yang maksimal, hentikanlah kebiasaan mengonsumsi makanan kemasan atau olahan tersebut. Akan lebih baik bila Anda mengisi perut dengan makanan segar yang baru dimasak, terutama yang terbuat dari sayur-sayuran dan protein tanpa lemak jahat.

  1. Lakukan High-Intensity Interval Training (HIIT)

Jenis latihan ini akan menantang fisik Anda. Berjalanlah selama 3 menit, lalu berlarilah selama 3 menit. Dengan melakukan teknik tersebut selama 20–50 menit, lemak dalam tubuh akan terbakar banyak.

Kelima langkah di atas sangat dianjurkan untuk dilakukan bersama dengan pengelolaan stres yang baik dan istirahat yang cukup. Selain itu, hindari terlalu buru-buru dalam menurunkan berat badan. Pasalnya, penurunan berat badan yang wajar adalah sekitar 0,5 kilogram per minggu atau 2–2,5 kilogram per bulan. Selain itu, bila Anda punya kondisi kesehatan tertentu yang butuh perhatian khusus, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter sebelum melakukan cara menurunkan berat badan seperti di atas. Jadi, selamat mencoba!

(NB/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar