Sukses

Manfaat Kunyit untuk Mengatasi Radang Tenggorokan

Kunyit dipercaya memiliki khasiat bagi kesehatan, salah satunya bisa mengatasi radang tenggorokan. Benarkah kunyit punya manfaat demikian? Simak faktanya berikut ini!

Cara mengatasi radang tenggorokan tak melulu harus dengan obat. Penyakit yang terkadang membuat Anda sulit menelan ini ternyata bisa diatasi dengan bahan alami. Salah satu bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengobati radang tenggorokan adalah kunyit.

Kunyit (Curcuma longa) merupakan tanaman herbal berimpang yang masuk dalam keluarga jahe-jahean (Zingiberaceae). Di Indonesia, kunyit sering dimanfaatkan sebagai pewarna kuning dalam masakan seperti nasi kuning atau gulai. Cukup mudah menemukan kunyit karena tanaman rempah ini banyak dijajakan di pasar.

1 dari 3 halaman

Kunyit Mampu Atasi Peradangan

Selain digunakan sebagai bumbu masak, kunyit juga dikenal ampuh untuk mengatasi peradangan seperti radang tenggorokan.. 

Seperti dalam pengobatan ayurvedic, kunyit diyakini bisa membantu mengatasi peradangan di dalam tubuh, seperti kanker, rheumatoid arthritis, dan penyakit infeksi lainnya. 

Salah satu kandungan kunyit yang memiliki manfaat kesehatan dalam kurkumin. Kurkumin adalah zat aktif yang memiliki antioksidan kuat. Zat antioksidan bertugas melindungi sel-sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Manfaat kunyit sebagai antibakteri, antitumor, antiperadangan, dan antiseptik juga sudah teruji secara klinis.

Manfaat tersebut bisa didapat dengan cara mengonsumsi kunyit dosis rendah yang sudah diolah atau dicampurkan ke dalam makanan. Anda juga bisa mendapatkan manfaat antiperadangan setelah mengonsumsi kunyit dalam jangka waktu yang lama. 

Artikel Lainnya: Cara Mengatasi Radang Tenggorokan

2 dari 3 halaman

Cara Mengonsumsi Kunyit untuk Mengatasi Radang Tenggorokan

Berikut adalah beberapa cara mengonsumsi kunyit untuk mengatasi radang tenggorokan.

  1. Teh Kunyit

Anda bisa membuat kunyit sebagai minuman teh. Masukkan akar kunyit segar dan 4 gelar air ke dalam panci. Didihkan selama 20 menit, lalu sajikan selagi hangat. 

Anda juga bisa menggunakan bubuk kunyit yang dicampurkan ke dalam air mendidih selama 15 menit. Setelah itu, saring airnya dan tambahkan perasan lemon dan madu secukupnya.

Anda dapat menambahkan sedikit jahe segar, tepatnya saat airnya mendidih, untuk menambah rasa dari teh kunyit. 

Artikel lainnya: Ini Dia Herbal Alami untuk Radang Tenggorokan

  1. Berkumur dengan Air Kunyit 

Berkumur air kunyit dapat membersihkan tenggorokan Anda dari bakteri atau zat lain penyebab penyakit. 

Cara berkumurnya mudah, sediakan setengah cangkir air hangat, lalu tambahkan sekitar ½ sendok teh garam dan ¼  sendok teh bubuk kunyit ke dalamnya. 

Aduk campuran tersebut dan berkumurlah saat pagi hari. Hindari minum atau makan selama sekitar 30 menit setelah berkumur agar hasilnya efektif. 

  1. Menggunakan Kunyit Sebagai Campuran Sup 

Anda dapat mengonsumsi kunyit dengan cara diolah menjadi sup. Tambahkan juga bumbu lain, seperti jahe, lada, madu, dan bawang putih agar manfaat antibakteri dan antiinflamasi dari sup kunyit semakin maksimal. 

Campurkan bahan-bahan tersebut bersama kunyit ke panci berisi air. Biarkan mendidih selama 20 menit atau sampai jumlah air di panci berkurang menjadi setengahnya. 

Kemudian, Anda bisa menyaring airnya, lalu diminum untuk meredakan sakit tenggorokan dan mencegah batuk. 

Apabila radang tenggorokan tak kunjung sembuh bahkan bertambah parah, segera periksa ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

Untuk tahu informasi kesehatan lainnya, Anda bisa membaca artikel di aplikasi Klikdokter atau konsultasi dengan dokter melalui fitur Live Chat.

(OVI/JKT)

1 Komentar