Sukses

6 Tips Hindari Badan Lemas bagi Perawat Saat Jaga Malam

Karena harus fokus melayani pasien hingga jaga malam, perawat rentan kelelahan dan badan lemas. Ini tips untuk menghindarinya.

Klikdokter.com, Jakarta Sudah menjadi kewajiban seorang perawat untuk mengutamakan kebutuhan pasien ketimbang dirinya sendiri. Tak jarang, saat waktunya makan atau istirahat, mereka mesti mengesampingkan hal itu demi membantu para pasien di saat-saat genting. Alhasil, perawat rentan mengalami kelelahan yang berujung pada kondisi badan lemas.

Nah, agar hal tersebut tidak sering terjadi dan Anda yang bekerja sebagai perawat tetap bisa maksimal dalam membantu pasien, yuk coba lakukan tips dari dr. Fiona Amalia dari KlikDokter berikut ini!

  1. Batasi konsumsi minuman berenergi

Minuman ini mengandung kafein dan kadar gula yang tinggi. Sehingga, siapa saja yang meminumnya akan merasakan sensasi bertenaga untuk sementara waktu. Tapi sayangnya, setelah efek kafein dan gula menghilang, dr. Fiona mengatakan bahwa peminumnya akan mengalami rebound fatigue (sensasi lemas). Jadi, lebih baik ganti minuman tersebut dengan air putih.

  1. Penuhi kebutuhan air minum harian

Meski kebutuhan pasien perlu diutamakan, jangan sampai Anda “mengorbankan” diri hingga tak sempat minum. Sebab, bila Anda tak mencukupi kebutuhan air di dalam tubuh – yang sudah dikeluarkan melalui urine, tinja, keringat, ataupun proses pernapasan – Anda akan mengalami dehidrasi.

“Kalau dehidrasi sudah terjadi, bukan cuma badan lemas yang akan menyerang, tapi konsentrasi juga akan menurun.” jelas dr. Fiona.

  1. Utamakan konsumsi protein dan batasi asupan gula

Menurut sebuah studi di Korea, mengonsumsi makanan yang tinggi protein seperti ikan, daging merah tanpa lemak, telur dan polong-polongan sebanyak dua kali sehari dapat mencegah badan lemas.

“Agar metabolisme dan energi tubuh tetap terjaga dengan baik, masukkan makanan tinggi protein ke dalam menu sehari-hari,” dr. Fiona menyarankan.

Selain itu, Anda juga diharapkan dapat memperbanyak asupan protein dan mengurangi asupan karbohidrat sederhana yang mengandung banyak gula seperti kue, crackers, dan minuman kemasan.

Bila yang diperbanyak adalah asupan karbohidrat sederhana, kadar gula darah dapat tiba-tiba naik dan kemudian akan cepat turun kembali. Menurut dr. Fiona, kondisi ini akan membuat tubuh lemas dan cepat lapar.

  1. Cukup beristirahat

Bila jadwal kerja Anda berlangsung di malam hari, maka sempatkan diri untuk beristirahat di siang harinya. Intinya sempatkanlah untuk beristirahat sejenak, setidaknya 15-20 menit.

Tidur sebentar untuk mengisi ulang tenaga dan menghilangkan badan lemas disebut dengan power nap. Aktivitas tidur ini dapat memberikan dorongan energi dalam waktu singkat dan meningkatkan fokus setelahnya.

  1. Kelola stres dengan baik

Terkadang hambatan bisa saja datang saat bertugas, sehingga stres pun tak mungkin dihindari. Meski demikian, jangan mudah menyerah. Tentukanlah prioritas Anda dan selingi dengan hiburan, misalnya dengan mendengarkan musik atau mengobrol sejenak dengan rekan.

Dengan begitu, stres tidak akan terlalu menekan dan Anda tetap bisa melakukan aktivitas sebagai perawat dengan maksimal.

  1. Konsumsi atau suntik vitamin C

Dikatakan oleh dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, kekurangan vitamin C yang parah dapat menyebabkan kondisi scurvy dan menimbulkan gejala kelelahan yang ekstrem.

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di Nutrition Journal, disebutkan bahwa suntik vitamin C dapat secara signifikan mengurangi kelelahan pada responden penelitiannya. Usai disuntikkan vitamin C, skor kelelahan responden membaik dalam 2 jam hingga 2 hari setelah penyuntikan.

Namun, bila Anda memiliki memiliki riwayat sakit ginjal, sebaiknya prosedur ini tidak dilakukan terlalu sering dan berlebihan, karena dapat memicu timbulnya batu ginjal.

Bila Anda tak sempat makan dalam porsi yang benar karena kesibukan yang tak bisa ditunda, bawalah selalu pisang dan air putih untuk mengisi perut. Sebab, pisang kaya akan potasium, serat, vitamin, dan karbohidrat yang cukup untuk mendongkrak stamina selama jaga di rumah sakit.

Sebagai seorang perawat, keenam cara di atas bisa Anda lakukan untuk mencegah badan lemas saat harus bertugas jaga malam di rumah sakit. Selain itu, lakukanlah peregangan atau yoga di sela-sela waktu istirahat agar tubuh tidak terlalu kaku, tegang, dan merasa lelah berlebih.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar