Sukses

Alasan Bangun Pagi Baik untuk Kesehatan Mental

Sebagian orang cukup sulit untuk bangun pagi. Padahal, kebiasaan ini amat baik untuk kesehatan mental.

Klikdokter.com, Jakarta Anda tentu sering mendengar pepatah “jangan bangun siang, nanti rejeki dipatok ayam”, bukan? Ternyata, pepatah tersebut kini didukung berbagai fakta dunia medis, bahwa bangun pagi merupakan suatu kebiasaan baik yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan mental Anda.

Tubuh manusia memiliki jam natural yang disebut dengan ritme sirkadian, yakni sebuah sistem di dalam tubuh yang mengatur rasa mengantuk dan terbangun selama 24 jam.

Sistem yang kompleks ini diatur oleh area di otak yang merespons terhadap cahaya. Inilah mengapa ritme sirkadian manusia erat hubungannya dengan siang dan malam. Ritme sirkadian sendiri dapat berbeda pada setiap orang. Bahkan, kondisi ini bisa berubah-ubah pada setiap orang, seiring dengan bertambahnya usia.

Saat seseorang beraktivitas mengikuti ritme sirkadian alaminya, maka kondisi tubuh akan berada pada titik keseimbangan. Adanya perubahan atau pergeseran dalam ritme sirkadian seperti begadang atau bangun terlalu siang dapat menyebabkan gangguan ritme sirkadian yang kemudian memengaruhi berbagai fungsi dalam tubuh.

Jika dikaitkan dengan kesehatan mental, ketika ritme sirkadian Anda terbiasa untuk bangun pagi, maka manfaatnya akan sangat baik bagi tubuh, terutama bagi mental.

Bangun pagi bermanfaat bagi kesehatan mental

Dalam sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Nature Communication, ditemukan adanya hubungan positif antara bangun pagi dengan kondisi psikis atau mental yang lebih sehat. Mereka yang memiliki kebiasaan bangun pagi juga disebut memiliki risiko yang lebih rendah untuk menderita gangguan jiwa, seperti skizofrenia.

Perbedaan setiap individu dalam merespons cahaya dari lingkungan luar tubuh dan fungsi normal ritme sirkadian memengaruhi risiko seseorang terkena suatu penyakit, baik fisik maupun psikis.

Melalui penelitian ini, mereka yang lebih aktif di malam hari dicurigai lebih rentan mengalami gangguan kesehatan mental karena tubuh terpaksa “melawan” jam biologis naturalnya, sehingga memunculkan berbagai dampak negatif bagi kesehatan.

Namun, ada berita baik bagi Anda yang rajin bangun pagi. Dilansir dari The Guardian, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Prof. Mike Weedon dari University of Exeter menyatakan bahwa orang yang sering begadang dan bangun siang rentan mengalami gangguan mental seperti skizofrenia.

Sebaliknya, orang yang terbiasa bangun pagi memiliki kualitas tidur yang lebih baik karena jarang begadang, sehingga kesehatan mentalnya lebih stabil.

Selain itu, dengan mulai beraktivitas di pagi hari, ada berbagai manfaat baik untuk keseharian yang bisa Anda dapatkan, di antaranya:

  1. Dapat mempersiapkan hari dengan lebih seksama

Dengan bangun pagi, Anda tidak perlu tergesa-gesa memulai hari karena khawatir terlambat sampai di sekolah atau lokasi bekerja. Selain itu, bangun pagi juga meminimalkan risiko melupakan hal-hal yang penting akibat terlalu terburu-buru.

  1. Sempat sarapan dan olahraga

Sebisa mungkin, jangan lupakan sarapan sebelum beraktivitas. Bangun lebih pagi memungkinkan Anda untuk sarapan dengan santai serta mengonsumsi menu yang lebih terencana.

Dengan bangun lebih pagi, Anda juga dapat menyempatkan diri untuk olahraga sebagai “pemanasan” sebelum mulai beraktivitas.

  1. Lebih produktif

Bangun pagi akan membuat Anda menjadi lebih produktif karena memiliki lebih banyak waktu untuk menyelesaikan berbagai jenis pekerjaan.

Jika biasanya Anda mungkin hanya bisa menyelesaikan tiga jenis pekerjaan dan harus membawanya pulang, dengan memulai aktivitas lebih awal, Anda bisa menyelesaikan lebih banyak pekerjaan.

Bangun pagi nyatanya tidak hanya dapat membuat Anda sampai di kantor lebih awal. Tapi, kebiasaan ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk kesehatan mental. Jadi, ayo mulai jalani pola hidup sehat dengan cukup istirahat agar bisa bangun pagi dan menjadi pribadi yang lebih sehat dan produktif.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar