Sukses

Tidak Boleh Mandi Saat Demam, Mitos atau Fakta?

Banyak orang beranggapan bahwa mandi saat demam adalah hal yang tidak boleh dilakukan. Bagaimana faktanya? Simak penjelasan di sini.

Seseorang dikatakan demam ketika suhu tubuhnya di atas suhu normal, biasanya di atas 37,50C untuk pengukuran suhu di ketiak (axilla). Kondisi ini terjadi paling sering terjadi ketika tubuh sedang melawan infeksi atau sedang terjadi peradangan.

Kebanyakan demam, khususnya yang disebabkan virus, tidak berbahaya. Namun, naiknya suhu tubuh dapat menyebabkan rasa tidak nyaman.

Ditambah lagi dengan gejala penyerta, seperti menggigil, pegal, dan nyeri di seluruh tubuh, sakit kepala, dan keluhan lainnya, kerap memperberat kondisi.

Karena itu, banyak orang melakukan berbagai cara agar demam tidak semakin parah. Salah satu yang kerap dihindari adalah mandi saat demam.

Banyak yang beranggapan mandi saat demam akan memperberat kondisi dan semakin menaikkan suhu tubuh. Alasan ini membuat mandi saat sakit demam kerap dilarang. Namun ternyata, hal tersebut adalah mitos belaka.

Faktanya, mandi saat demam tidaklah haram bila dipandang dari sisi kesehatan. Mandi merupakan salah satu cara untuk menjaga kebersihan diri serta menurunkan risiko terjadinya penyakit akibat higienitas yang buruk.

Artikel lainnya: Benarkah Sering Mandi Malam Picu Serangan Jantung?

Mandi saat sakit demam juga akan membuat penderita merasa lebih nyaman karena tubuhnya sudah bersih dan segar. 

1 dari 2 halaman

Perhatikan Ini Sebelum Mandi Saat Demam

Kendati demikian, Anda harus mencermati beberapa hal berikut sebelum memutuskan untuk mandi saat demam, yakni:

  • Mandi Menggunakan Air Hangat

Perhatikan suhu air yang Anda gunakan saat mandi. Banyak yang percaya bahwa mandi air dingin saat demam akan menurunkan suhu.

Faktanya, hal tersebut justru dapat memicu sistem pengaturan suhu dalam tubuh untuk meningkatkan suhu. Anda justru akan semakin demam. Suhu air yang disarankan adalah suam-suam kuku (lukewarm) atau yang sedikit lebih hangat dari kondisi tubuh saat itu. 

Mandi dengan air hangat juga dapat membantu menurunkan suhu tubuh serta membuat otot lebih rileks.

  • Durasi Mandi 

Tidak perlu menghabiskan waktu lama untuk mandi saat sakit, khususnya demam. Anda cukup mandi 10-15 menit. Durasi yang terlalu lama justru dapat membuat kulit lebih kering. 

Artikel lainnya: Bolehkah Mandi saat Terkena Cacar Air? Ini Jawabannya

Selain kedua hal tersebut, hal lain yang kerap dilupakan saat demam adalah menjaga kesehatan rongga mulut. Menyikat gigi amatlah penting untuk mencegah kuman berkembang biak dalam mulut.

Karena itu, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan cara menyikat gigi dua kali sehari. 

Hal lainnya yang dianjurkan untuk dilakukan saat demam adalah perbanyak istirahat untuk memulihkan kondisi tubuh. Penuhi juga kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih. Cairan yang cukup juga dapat membantu menurunkan suhu tubuh. 

Selanjutnya, konsumsilah makanan sehat dan bergizi seimbang, khususnya buah-buahan dan sayur. 

Anda juga dianjurkan untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir demi mencegah datangnya penyakit infeksi lain. Obat penurun panas dapat pula dikonsumsi sesuai dosis dan anjuran dokter.

Mandi saat demam bukanlah hal yang terlarang. Bila dilakukan dengan tepat, tindakan ini justru dapat membantu menurunkan suhu tubuh.

Apabila dengan langkah-langkah di atas demam tak kunjung turun atau malah makin memberat, jangan ragu untuk berkonsultasi langsung dengan dokter.

Jika masih punya pertanyaan seputar penanganan demam, konsultasikan pada dokter melalui fitur Live Chat.

[HNS/JKT]

0 Komentar

Belum ada komentar