Sukses

Manfaat Menjaga Kesehatan dan Kebersihan Organ Kewanitaan

Menjaga kesehatan dan kebersihan organ kewanitaan adalah hal wajib yang perlu dilakukan setiap wanita.

Klikdokter.com, Jakarta Organ kewanitaan yang bersih dan sehat dapat menimbulkan rasa percaya diri, rasa nyaman, sekaligus perlindungan dari berbagai macam penyakit yang masuk dari area kewanitaan. Hal tersebut terungkap dalam acara “Peluncuran Andalan Feminine Care” di bilangan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (13/3).

Dijelaskan oleh dr. Dinda Derdameisya, Sp. OG yang hadir sebagai narasumber, menurut studi pada tahun 2014, sebanyak 75 persen perempuan Indonesia pernah mengalami keputihan setidaknya satu kali dalam hidupnya. Yang lebih disayangkan, 60 persen perempuan yang mengalami keputihan justru terjadi pada usia sangat muda, yakni 15-22 tahun.

“Itu karena mereka sedang banyak aktivitas, tapi awareness terhadap kebersihan organ kewanitaan masih rendah,” kata dr. Dinda.

Menurut dr. Dinda penyebab mengapa wanita mudah terkena masalah kesehatan di organ kewanitaannya adalah karena struktur anatomi saluran kencing wanita lebih pendek daripada laki-laki.

“Jadi kotoran dari luar dengan mudah masuk ke kandung kemih dan terjadi infeksi,” kata dr. Dinda.

Hal ini semakin menjadi terutama bila kondisi asam (pH balance) di dalam vagina di atas atau di bawah normal. pH balance yang baik pada vagina berada pada angka 3,5-4,9.

“Nah, pH ini harus dijaga di rentang angka itu supaya bakteri dan kuman tidak masuk ke dalam saluran kemih,” dr. Dinda menyarankan.

Kenali penyebab keputihan

Penyebab keputihan itu dapat dibagi menjadi dua, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Menurut dr. Dinda, faktor internal – seperti perubahan hormon, misalnya karena pubertas, hamil, melahirkan – adalah sesuatu yang tidak bisa Anda hindari.

Sementara faktor eksternal, kata dr. Dinda, dibagi menjadi dua, yaitu gaya hidup dan lingkungan. Berkenaan dengan gaya hidup, wanita yang aktif berolahraga lalu lupa mengganti pakaian dalam, atau wanita pekerja yang duduk dalam waktu lama akan mengalami sirkulasi udara yang tidak baik di area kewanitaannya. Yang terakhir adalah lingkungan. Kondisi Jakarta yang tingkat kelembapannya tinggi juga bisa berpengaruh.

Jadi, bagaimana cara menjaga kebersihan area kewanitaan dengan benar? Anda bisa langkah melakukan langkah berikut:

  1. Selalu membasuh area kewanitaan dengan air bersih.
  2. Rajin mengganti pakaian dalam minimal dua kali sehari dan saat area kewanitaan sedang lembap
  3. Memilih bahan pakaian dalam yang punya sirkulasi udara yang baik dan tidak menimbulkan iritasi. 

Setidaknya, ada tiga keuntungan yang dapat Anda peroleh jika menjaga kebersihan organ intim. Yang pertama adalah percaya diri. Manfaat kedua adalah bahagia. Dengan meningkatnya rasa percaya diri, secara otomatis muncul perasaan bahagia. Dengan demikian, Anda pun dapat menjalankan kegiatan sehari-hari. Dan pada akhirnya, semua akan jadi lebih postif karena jadi nyaman dan aman.

Sedangkan keuntungan yang ketiga adalah in control. “Anda dapat mengontrol kesehatan tubuh karena area kewanitaan terjaga,” kata dr. Dinda.

Merupakan sebuah keharusan bagi seorang wanita untuk menjaga kebersihan dan kesehatan organ kewanitaannya. Dengan melakukan hal tersebut beragam manfaat pun bisa  Anda peroleh, seperti rasa percaya diri, kehidupan seks yang baik, dan menghindarkan Anda dari beragam infeksi yang bisa menyerang organ kewanitaan.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar