Sukses

Masihkah Perlu Memakai Jas Hujan Jika Memiliki Kulit Sehat?

Saat hujan, udara lembap mendukung perkembangbiakan bakteri di kulit. Tapi bagi Anda yang memiliki kulit sehat, masih perlukah mengenakan jas hujan?

Klikdokter.com, Jakarta Tubuh memiliki lapisan kulit dan berfungsi layaknya jas hujan berukuran besar yang melindungi seluruh tubuh dari air, serta bahan dan kuman berbahaya. Namun sebenarnya, perlindungan tubuh tidak berhenti di situ saja. Meski memiliki kulit sehat, Anda juga perlu melakukan upaya secara menyeluruh.

Kenali daya tahan tubuh Anda

Anda tentu sudah pernah mendengar kata imunitas. Istilah ini digunakan untuk menjelaskan perlindungan terhadap penyakit, terutama yang disebabkan oleh infeksi. Jadi, imunitas tubuh memang diartikan sebagai daya tahan tubuh yang dapat melawan kuman penyebab penyakit.

Secara umum, pertahanan tubuh manusia terbagi menjadi dua jenis, yaitu daya tahan tubuh alamiah dan daya tahan tubuh adaptif. Pertahanan tubuh alamiah telah dimiliki oleh tubuh manusia sejak lahir dan merupakan pertahanan pertama terhadap kuman.

Pertahanan tubuh alamiah ini dapat diumpamakan sebagai seorang kiper dalam pertandingan sepak bola, karena terdiri dari sel dan zat kimia yang sudah ada dan aktif pada tubuh, bahkan sebelum kuman datang untuk menginfeksi.

Hal ini berkaitan dengan fungsinya untuk berjaga-jaga, bahkan sebelum ancaman kuman datang. Persis seperti kiper yang mencegah gawangnya dari kebobolan gol.

Selain daya tahan tubuh alamiah, juga terdapat daya tahan tubuh adaptif yang terbentuk di dalam tubuh setelah kuman datang. Pertahanan tubuh adaptif yang terdiri dari sel-sel darah dan zat kimia dalam tubuh akan melawan dan memusnahkan kuman setelah datang menyerang.

Fungsi pertahanan tubuh adaptif ini layaknya barisan tentara yang akan datang membuat pertahanan jika kuman datang. Keistimewaan dari pertahahan tubuh adaptif adalah mampu ‘mengingat’ musuh atau kuman yang sudah pernah menginfeksi tubuh.

Sehingga, pada saat muncul ancaman yang serupa, pertahanan tubuh adaptif dapat melakukan perlawanan yang lebih kuat dan hebat.

Sebagai organ terbesar dan terluar, kulit merupakan pertahanan tubuh paling pertama dalam melawan kuman. Hal ini membuat kulit menjadi organ yang sangat penting untuk melindungi tubuh. Lalu bagaimana dengan imunitas atau daya tahan kulit? Apakah kulit sehat juga masih perlu dilindungi?

Daya tahan kulit dan kulit sehat

Daya tahan kulit atau juga bisa disebut imunitas kulit perlindungan kulit terhadap lingkungannya. Daya tahan kulit ini akan melindungi kulit dari paparan kuman penyebab penyakit.

Secara fisik, sistem pertahanan kulit akan menjaga tubuh dari kehadiran kuman yang masuk ke dalam tubuh melalui kulit. Sedangkan, dari segi peran kimiawi, pada lapisan kulit terdapat lapisan kimia yang dapat melawan kuman, sehingga kulit akan selalu terlindung, termasuk ketika musim hujan tiba.

Kedua peran ini hanya dapat dilakukan oleh kulit yang sehat, sehingga tubuh dapat terlindungi dari berbagai ancaman. Jadi, jika Anda memiliki kulit yang sehat, apakah Anda masih perlu jas hujan? Tentu saja!

Pasalnya, urusan melindungi tubuh bukan hanya semata-mata diperankan oleh kulit sehat, namun oleh seluruh tubuh. Sehingga, menjaga tubuh tetap kering dan nyaman serta mempertahankan suhu tubuh senantiasa hangat juga merupakan hal penting yang harus dilakukan. Jadi, tetap pakai jas hujan Anda, ya!

[NP/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar