Sukses

Manfaat Minyak Kutus Kutus untuk Kesehatan Anda

Minyak kutus kutus sangat populer karena mengandung berbagai khasiat bagi kesehatan. Apa saja manfaat minyak kutus kutus bagi kesehatan tubuh? Simak faktanya di sini.

Minyak kutus kutus semakin populer di kalangan masyarakat Indonesia. Pasalnya, jenis minyak alami ini disebut-sebut memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Hal tersebut ternyata bukan isapan jempol belaka. Minyak kutus kutus terbuat dari minyak kelapa asli yang dicampur dengan 69 jenis tanaman herbal, seperti daun ashitaba, gaharu, purwoceng, neem, jintan hitam, serai, dan temulawak.

Artikel Lainnya: Menilik Manfaat Minyak Daun Neem untuk Kulit

Berkat kombinasi herbal tersebut, berikut ini beberapa manfaat minyak kutus kutus untuk kesehatan Anda:

 

1 dari 6 halaman

1. Meredakan Stres dan Gangguan Kecemasan

Stres dan gangguan kecemasan dapat terjadi pada siapa saja. Kondisi ini dapat mengganggu aktivitas hingga menurunkan kualitas hidup penderitanya.

Namun, tenang, Anda tidak perlu khawatir. Stres dan gangguan kecemasan bisa diatasi dengan menghirup aroma minyak kutus kutus.

Sebab, salah satu manfaat minyak kutus kutus adalah aromanya yang dapat memberikan efek relaksasi sehingga merangsang sistem limbik di otak. Hal ini dapat menurunkan stres dan mengusir kecemasan.

2. Mengatasi Nyeri di Bagian Tubuh Tertentu

Beberapa bahan yang terkandung dalam minyak kutus kutus berfungsi sebagai obat analgesik atau pereda nyeri.

Penggunaan minyak tersebut yang dikombinasikan dengan obat-obatan bahkan dapat mengurangi rasa nyeri di punggung bawah, nyeri otot, nyeri haid, dan nyeri kepala.

3. Mengatasi Gangguan Tidur

Insomnia adalah salah satu keluhan yang umum ditemui pada orang dewasa. Minyak kutus kutus ternyata bisa menjadi penawarnya.

Penggunaan minyak ini sebelum tidur dapat memberikan efek nyaman, sehingga tubuh terasa lebih relaks dan tidur pun lebih lelap.

Artikel lainnya: Manfaat Minyak Rosehip bagi Tubuh

2 dari 6 halaman

4. Menambah Berat Badan Bayi

Pijat bayi yang saat ini sedang menjadi tren di kalangan orangtua milenial juga dapat dilakukan di rumah dengan menggunakan minyak kutus kutus.

Ada beragam manfaat minyak kutus kutus untuk pijat bayi, salah satunya meningkatkan penyerapan lemak dari ASI. Hal ini membuat berat badan bayi bertambah.

Selain itu, pijat bayi menggunakan minyak kutus kutus juga dapat membuat bayi tidur lebih nyenyak.

5. Mencegah Gigitan Serangga

Fungsi minyak kutus kutus berikutnya adalah sebagai antinyamuk alami. Aromanya yang khas tidak disukai oleh nyamuk dan serangga.

Anda cukup mengoleskan minyak ini di tangan dan kaki saat beraktivitas atau sebelum tidur agar tidak lagi diganggu oleh hewan tersebut.

6. Sebagai Antioksidan

Beberapa kandungan minyak kutus kutus juga dapat berperan sebagai antioksidan yang baik untuk tubuh.

Antioksidan dapat menangkal radikal bebas sehingga turut menurunkan risiko berbagai penyakit.

3 dari 6 halaman

7. Meningkatkan Vitalitas

Minyak kutus kutus diyakini dapat meningkatkan vitalitas pria. Hal ini karena minyak tersebut memiliki kandungan purwoceng, yang sering dianggap sebagai viagra alami.

8. Mengatasi Masalah Pencernaan

Minyak kutus kutus katanya dapat melindungi organ tubuh, misalnya lambung, usus, dan ginjal.

Minyak ini konon juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan, seperti sakit perut, mual, kembung, dan sejenisnya.

9. Melembapkan Kulit

Kegunaan minyak kutus kutus yang lainnya adalah untuk melembapkan kulit. Kandungan minyak kelapa di dalamnya dinilai bermanfaat untuk mengatasi kulit kering dan bersisik.

Artikel lainnya: Beragam Manfaat Lavender Oil untuk Kulit

4 dari 6 halaman

10. Meredakan Flu dan Batuk

Flu dan batuk merupakan penyakit yang umum terjadi dan cukup mengganggu aktivitas sehari-hari.

Rumornya, kondisi tersebut bisa diatasi dengan mengoleskan minyak kutus kutus ke bagian leher, dada, dan punggung.

11. Mempercepat Penyembuhan Luka

Minyak kutus kutus diklaim dapat mempercepat penyembuhan luka. Hal ini berkaitan dengan kandungan antioksidan dan kandungan kolagen di dalamnya, yang dinilai bisa mempercepat pembentukan sel-sel baru.

12. Mengurangi Rasa Gatal

Rasa gatal akibat gigitan serangga bisa mengganggu aktivitas. Untuk meredakannya, Anda bisa mencoba mengoleskan minyak kutus kutus pada area tubuh yang digigit serangga untuk mengurangi gatalnya.

5 dari 6 halaman

13. Meredakan Demam

Kandungan daun ashibata dan serai pada minyak kutus kutus disebut bermanfaat untuk meredakan demam secara alami.

Tapi, tetap saja, minyak ini tidak bisa dijadikan pengobatan utama untuk mengatasi demam yang terlalu tinggi, khususnya pada anak-anak.

14. Menyamarkan Selulit

Selulit bisa muncul ketika kulit meregang atau menyusut dengan cepat. Kondisi ini bisa mengganggu penampilan.

Agar hal itu tidak terjadi, minyak kutus kutus konon dapat diandalkan. Mengoleskan minyak ini pada selulit disebut dapat menyamarkan selulit.

15. Mengatasi Alergi dan Kulit Sensitif

Manfaat minyak kutus kutus lainnya adalah mengatasi alergi dan kulit sensitif. Itulah mengapa minyak ini sering dipilih untuk mengatasi keluhan tersebut, khususnya pada bayi dan anak-anak.

Artikel lainnya: Minyak Oregano untuk Atasi Pilek dan Flu, Efektifkah?

Tertarik dengan khasiat minyak kutus kutus? Anda harus tetap bijak dalam menggunakannya. Meski terbuat dari bahan alami, minyak kutus kutus juga tetap bisa memberikan efek samping.

Apabila setelah mengoleskannya timbul rasa gatal, kulit kemerahan, tampak melepuh, dan terasa panas, sebaiknya segera hentikan penggunaan minyak kutus kutus. Sebab, keluhan tersebut bisa jadi menandakan Anda mengalami reaksi alergi.

Selain itu, beberapa manfaat minyak kutus kutus yang telah disebutkan tadi masih bersifat dugaan alias belum terbukti sepenuhnya. Oleh karena itu, akan lebih baik jika penggunaannya dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter.

Punya pertanyaan lain seputar kegunaan minyak kutus kutus? Anda bisa bertanya langsung kepada dokter dengan memanfaatkan layanan LiveChat 24 jam atau aplikasi Klikdokter.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar