Sukses

5 Tips Mencegah Tertular Radang Tenggorokan

Tak ingin tertular kerabat satu lingkungan yang sedang radang tenggorokan? Yuk, coba cegah penularannya dengan tips berikut ini!

Klikdokter.com, Jakarta Perubahan suhu udara, cuaca, musim, dan iklim memang memiliki pengaruh terhadap timbulnya suatu penyakit, salah satunya adalah radang tenggorokan. Hal ini pun dibenarkan oleh dr. Melyarna Putri dari KlikDokter. Akibat perubahan cuaca tersebut, kondisi biologis seseorang bisa berubah-ubah hingga membuatnya mudah terkena infeksi penyakit seperti radang tenggorokan. Penyakit ini amat mudah menular. Oleh sebab itu, Anda juga perlu menjaga diri agar tidak tertular.

Awalnya, mungkin hanya satu atau dua orang yang mengalaminya. Tapi beberapa hari kemudian, bisa jadi hampir seisi ruangan memiliki kondisi yang sama. Agar dapat lebih waspada, ketahui dulu lebih lanjut seputar penularan penyakit ini.

Penularan radang tenggorokan

Radang tenggorokan disebabkan oleh sejenis bakteri yang disebut grup A Streptococcus (GAS). Bakteri ini dapat menyebar dari orang ke orang melalui kontak dengan droplet (cairan) yang keluar dari sistem pernapasan orang yang terinfeksi bakteri.

Droplet tersebut menyebar saat penderita radang tenggorokan batuk atau bersin. Nah, apabila tangan Anda terkena droplet kemudian menyentuh mulut, hidung, atau mata, Anda mungkin akan terinfeksi radang tenggorokan juga. Namun dampak infeksi bakteri tersebut tentunya tidak langsung terjadi di hari itu juga.

Dilansir dari Healthline, setelah terpapar bakteri tersebut, mungkin diperlukan dua hingga lima hari baru Anda mengalami gejala radang tenggorokan. Ragam gejala yang dimaksud antara lain tenggorokan terasa nyeri, sakit saat menelan, demam lebih dari 38 derajat Celsius.

Selain itu, bila terdapat bintik-bintik merah di langit-langit mulut, amandel yang memerah serta terlihat bengkak, sakit kepala, dan mengalami mual hingga muntah, bisa jadi Anda telah tertular radang tenggorokan.

1 dari 2 halaman

Lalu, bagaimana agar tidak tertular radang tenggorokan?

Tertular radang tenggorokan hingga mengalami demam tinggi sungguh sangat menyiksa. Akibatnya aktivitas pun menjadi terhambat. Untuk itu, lakukanlah beberapa langkah mudah berikut ini agar Anda tetap sehat meski dikelilingi oleh orang yang sedang terkena radang tenggorokan.

  • Rajin cuci tangan

Pastikan rutin mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun setelah beraktivitas atau menyentuh benda-benda yang berpotensi menularkan droplet mengandung bakteri.

Bila ingin praktis, selalu bersihkan tangan dengan hand sanitizer. Dalam gel atau cairan pembersih tersebut terdapat kandungan alkohol yang dapat membunuh kuman penyakit.

  • Bersihkan barang-barang yang sering Anda sentuh

Bakteri dapat bertahan hidup pada barang-barang rumah tangga, misalnya gagang pintu atau permukaan meja. Meski hanya bisa bertahan dalam waktu singkat, sering menyentuh barang-barang tersebut juga berisiko menyebabkan Anda tertular radang tenggorokan.

  • Hindari berbagi minuman dengan orang yang sedang sakit tenggorokan

Kepada KlikDokter, dr. Dewi Ema Anindia mengingatkan agar sebaiknya Anda tidak menggunakan alat makan secara bersama-sama untuk mencegah terkena efek buruk dari droplet yang mengandung bakteri.

  • Gunakan masker

Bagi Anda yang telanjur terkena radang tenggorokan, sebaiknya tutup mulut atau hidung saat hendak batuk dan bersin dengan lipatan lengan (bukan telapak tangan), atau gunakan masker agar tidak menyebarkan droplet. Bagi Anda yang tak ingin tertular, menggunakan masker juga bisa jadi solusinya.

  • Konsumsi makanan sehat dan bergizi

Pada dasarnya, apabila sedari awal daya tahan tubuh Anda baik Anda akan tetap sehat meski dikelilingi oleh orang sakit. Jadi, di musim pancaroba seperti sekarang ini dan di tengah banyaknya orang yang sakit radang tenggorokan, Anda mesti meningkatkan daya tahan tubuh dengan berbagai upaya.

Beberapa caranya adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi, istirahat cukup, olahraga teratur, selalu mengenakan mantel saat udara dingin menyerang, dan bila perlu, konsumsi suplemen agar tubuh tak mudah sakit.

Hal terpenting yang mesti diperhatikan untuk mencegah penularan radang tenggorokan adalah menjaga kebersihan dan daya tahan tubuh. Meski demikian, keduanya juga berlaku untuk mencegah penularan penyakit lain yang disebabkan oleh bakteri dan virus.

Radang tenggorokan bisa sangat mengganggu. Oleh sebab itu, hindari penularannya dengan melakukan berbagai tips di atas. Satu yang perlu diingat, hindari mengonsumsi antibiotik tanpa resep doktrer, karena berisiko meningkatkan resistensi antibiotik yang nantinya justru merugikan tubuh Anda.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar