Sukses

Sering Mengunyah Permen Karet Bisa Bikin Gigi Ngilu?

Selain karena makanan dan teknik menyikat gigi yang salah, gigi ngilu katanya juga bisa disebabkan oleh permen karet.

Klikdokter.com, Jakarta Hampir setiap orang menyukai permen karet. Mengunyah permen karet terasa menyenangkan, bisa menyegarkan napas, dan bahkan menahan hasrat makan. Tapi ada kalanya gigi terasa ngilu saat mengunyah permen karet. Apakah itu disebabkan oleh kandungan dari permen karetnya atau gerakan mengunyah yang dilakukan?

Berbeda dari zaman dulu, sekarang ada banyak jenis permen karet yang beredar di pasaran. Salah satunya adalah permen karet dengan tambahan label “bebas gula”. Hal ini menjadikan permen karet alternatif yang baik untuk membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Permen karet bebas gula yang dimaksud di sini adalah permen karet yang mengandung pemanis buatan yang terbuat dari gula fermentasi, biasa disebut glycitols, polyalcohols, atau polyols. Nama yang beredar di pasaran adalah permen karet bebas gula yang mengandung sorbitol, mannitol, xylitol, maltitol, dan lactitol.

Gula fermentasi polyalcohols sudah terbukti tidak menyebabkan karies gigi sehingga otomatis tidak memicu rasa ngilu. Namun, permen karet yang tidak berlabel bebas gula mengandung gula sukrosa. Permen karet jenis ini yang dapat menurunkan pH mulut serta meningkatkan jumlah plak gigi dan karies gigi sehingga dapat memicu gigi ngilu.

Manfaat permen karet bebas gula

Mengunyah permen karet bebas gula ternyata banyak manfaatnya, antara lain:

  • Merangsang produksi air liur

Produksi air liur yang banyak dapat membersihkan rongga mulut dari sisa-sisa gula dengan cepat. Kemudian pH air liur dapat menetralkan keasaman plak gigi setelah Anda mengonsumsi gula.

  • Membantu mencegah gigi berlubang

Air liur akan meningkat saat seseorang mengunyah permen karet. Peran air liur sangat penting untuk membantu mencegah gigi berlubang dan masalah gigi lainnya.  

  • Mengurangi pembentukan plak gigi

Mengunyah permen karet bebas gula dapat mengurangi pembentukan plak gigi dan noda pada gigi.

  • Meningkatkan kewaspadaan

Dengan mengunyah permen karet, Anda akan terhindar dari rasa kantuk. Hal ini dikarenakan gerakan mengunyah meningkatkan kewaspadaan, sehingga dapat memperbaiki kemampuan kognitif. Selain itu, permen karet juga meningkatkan daya fokus seseorang.

  • Menahan hasrat makan

Permen karet dapat membantu menahan hasrat makan, terutama bagi Anda yang hobi ngemil.

  • Menghilangkan rasa ngilu untuk sementara

Menurut sebuah penelitian, mengunyah permen karet bebas gula (baik yang mengandung CPP-ACP atau yang tidak) dapat menghilangkan rasa ngilu sementara, yang timbul akibat prosedur memutihkan gigi.

Jadi, sering mengunyah permen karet memang bisa memicu rasa ngilu, terutama untuk jenis permen karet yang mengandung gula sukrosa. Selain itu, rasa ngilu akibat mengunyah permen karet bisa jadi suatu pertanda adanya masalah gigi, misalnya gigi berlubang atau gigi sensitif. Karena itu, rasa ngilunya tidak boleh dihiraukan, sebaiknya segera periksakan ke dokter gigi untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.

Sedangkan bila Anda sering mengunyah permen karet bebas gula, kesehatan mulut dan gigi bisa lebih terjaga. Rongga mulut akan terasa segar, gigi-gigi bersih dari plak dan bebas dari rasa ngilu, serta meningkatkan rasa percaya diri.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar