Sukses

Suka Memelihara Kuku Sampai Panjang? Ini Bahayanya!

Kuku yang panjang dan lentik mungkin lebih indah dilihat. Tapi yang indah tidak berarti selalu sehat.

Tren memanjangkan kuku dan mempercantiknya dengan warna-warna yang lucu rasanya tak pernah pudar. Mungkin Anda salah satu yang melakukannya juga.

Kuku yang panjang memang salah satu bentuk ekspresi diri dan terlihat indah dipandang. Tapi sayangnya, kuku yang panjang dapat mengundang penyakit dan masalah kesehatan lain jika tidak dirawat dengan baik.

 

Berikut ini adalah dampak kuku panjang yang mengintai keseharian Anda:

1. Bisa Menjadi Tempat Berkumpulnya Kotoran dan Kuman

Dampak kuku panjang yang pertama adalah dapat menjadi tempat berkumpulnya kotoran dan kuman. Setiap hari, kita pasti memegang benda dan melakukan kegiatan menggunakan jari-jari tangan.

Kebersihan benda yang kita pegang tersebut pasti berbeda-beda, karena mungkin sudah terpapar dengan udara atau sudah disentuh oleh orang lain. Kotoran dan kuman yang mungkin berada di permukaan benda tersebut dapat berpindah pada jari-jari kita.

Kuku yang panjang adalah tempat yang sempurna untuk kotoran dan kuman tersebut bila terselip, dan tidak membersihkan kuku Anda secara menyeluruh.

Artikel Lainnya: Kuku Mudah Patah, Benarkah Tanda Penyakit Berbahaya?

2. Sumber Infeksi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, dampak kuku panjang dapat menjadi tempat berkumpulnya kotoran dan kuman.

Apabila tidak dibersihkan dengan baik dan kita menggunakan tangan untuk makan, maka terdapat risiko untuk terkena gangguan pencernaan seperti diare, keracunan makanan, atau bahkan infeksi-infeksi lainnya yang berbahaya karena masuknya kotoran dan kuman penyakit ke dalam tubuh kita.

3. Dapat Membuat Terluka

Memiliki kuku yang panjang, khususnya bagi yang tidak terbiasa dengan kuku panjang, dapat membuat diri Anda terluka karena kuku tersebut. Karena itu, dampak kuku panjang salah satunya dapat membuat Anda tergores, tertusuk, atau tercakar saat melakukan kegiatan tertentu.

Bahaya memanjangkan kuku tangan ini tidak hanya dapat mengenai pemiliknya, namun juga dapat mengenai orang-orang yang ada di sekitar Anda.

Artikel Lainnya: Amankah Ibu Hamil Pakai Cat Kuku?

4. Kuku Lebih Mudah Patah

Memiliki kuku yang panjang akan lebih mudah untuk patah saat melakukan kegiatan tertentu. Kuku yang patah tanpa sengaja dapat menyebabkan sakit, karena mungkin tidak patah dengan bentuk yang benar atau memiliki bagian yang tajam yang dapat melukai bagian tubuh yang lain.

Kuku yang patah juga mungkin akan menyebabkan perdarahan pada jaringan kuku yang ada dan dapat menyebabkan sakit.

5. Membuat Gerak Terbatas

Seseorang yang memiliki kuku panjang cenderung akan memperhatikan gerak-geriknya sendiri agar kuku tetap aman, tidak patah, dan tidak menimbulkan sakit.

Dengan begitu, setiap melakukan sesuatu, orang yang berkuku panjang akan selalu waspada. Misal, ketika akan menggaruk bagian tubuh, mengambil barang, membuka atau memegang benda.

Artikel Lainnya: Beginilah Cara Tepat Merawat Kuku Kaki Anda

6. Cenderung “Menarik” untuk Digigit

Ada sebagian orang yang memiliki kebiasaan untuk menggigit kukunya atau yang biasa disebut dengan onychophagia atau nail biting. Kebiasaan ini tentu bukanlah kebiasaan yang baik, dan Anda harus berusaha menghentikannya sekarang juga.

Berhenti dari kebiasaan ini bisa dimulai dengan menjaga kuku agar selalu pendek, karena kuku yang panjang lebih menarik dan mudah untuk digigit dibanding kuku yang pendek. Dengan begitu, Anda terhindar dari bahaya memanjangkan kuku tangan.

1 dari 2 halaman

Tips Menjaga Kesehatan Kuku

Beberapa hal dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan kuku agar terhindar dari dampak kuku panjang, di antaranya:

  • Jagalah agar kuku Anda tetap pendek dan gunting kuku dengan sering.
  • Cucilah bagian bawah kuku dengan sabun dan air (atau menggunakan sikat kuku) setiap Anda mencuci tangan. Hal ini untuk membantu menghilangkan kotoran atau kuman yang bersarang di sana.
  • Selalu bersihkan peralatan perawatan kuku Anda sebelum digunakan. Bila perlu, sterilisasi alat-alat tersebut sebelum digunakan.
  • Hindari memotong kutikel kuku.
  • Jangan pernah menarik atau menggigit kuku yang ada. Guntinglah menggunakan gunting kuku yang bersih dan steril.

Itulah dampak kuku panjang yang perlu Anda tahu. Ternyata tidak semua yang indah dilihat – termasuk  kuku panjang dan lentik – baik untuk kesehatan Anda, ya.

Jika Anda tidak mau pusing dengan bakteri yang menempel di kuku Anda, sebaiknya gunting kuku Anda secara berkala agar pendek, bersih, dan mudah dijaga kebersihan dan kesehatannya. Tapi bila Anda tetap ingin memiliki kuku yang panjang, perhatikan kiat-kiat yang sudah dijelaskan di atas.

Apabila ingin tahu informasi kesehatan lainnya, baca terus artikel kesehatan di aplikasi KlikDokter.

[FY]

0 Komentar

Belum ada komentar