Sukses

Konsumsi Ini Saat Radang Tenggorokan Menyerang

Jangan asal makan saat radang tenggorokan menyerang. Konsumsilah makanan yang tepat agar keluhan tak makin parah.

Klikdokter.com, Jakarta Ketika radang tenggorokan menyerang, Anda tidak boleh sembarangan dalam mengonsumsi makanan. Pasalnya, ada beberapa makanan yang justru bisa memperparah kondisi tersebut. Sebaiknya pilih makanan yang memang aman untuk tenggorokan Anda. 

Salah satu gejala radang tenggorokan adalah rasa sakit saat menelan. Hal ini terjadi karena tenggorokan Anda sedang mengalami iritasi. Jenis makanan tertentu bisa semakin mengiritasi tenggorokan dan memperparah peradangan yang ada.

Disarankan oleh dr. Adeline Jaclyn dari KlikDokter bagi Anda yang sedang mengalami radang tenggorokan agar menghindari makanan berminyak dan bersuhu terlalu panas. “Makanan yang mengandung minyak berlebih dan suhunya terlalu panas bisa bikin iritasi tenggorokan makin parah,” katanya.

Makanan yang tepat saat radang tenggorokan

Untuk mempercepat masa pemulihan dari radang tenggorokan, ada beberapa jenis makanan dan minuman yang sebaiknya menjadi prioritas Anda. Dilansir Healthline, Anda bisa berfokus pada makanan yang lunak, karena biasanya mudah ditelan sehingga aman dikonsumsi. Tekstur yang lembut juga akan membantu membatasi jumlah iritasi pada tenggorokan Anda.

Selain itu, makanan hangat juga bisa dikonsumsi. Ingat, makanan hangat bukanlah makanan yang bersuhu panas. Berikut beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi ketika sedang mengalami radang tenggorokan:

  • Puding
  • Yoghurt buah
  • Sayuran matang
  • Kentang yang dihaluskan atau ditumbuk
  • Telur, bisa diorak-arik (sedikit minyak) atau direbus
  • Pasta hangat
  • Bubur jagung
  • Susu
  • Sup dengan kaldu ayam
  • Air jahe yang hangat
  • Air kencur
  • Madu alami

Cara mengatasi radang tenggorokan secara alami

Selain lewat makanan yang tepat, radang tenggorokan juga bisa diatasi dengan cara-cara alami lainnya. Berikut adalah empat tips alami untuk menyembuhkan radang tenggorokan:

1. Berkumur dengan air garam

Air garam sudah lama diketahui bisa menyembuhkan radang tenggorokan. Caranya mudah: ambil setengah gelas air hangat, lalu campurkan dengan setengah sendok makan garam. Berkumurlah dengan air garam ini beberapa kali dalam sehari.

“Garam yang ada di larutan tersebut berfungsi menarik air sehingga kotoran maupun kuman yang ada di tenggorokan akan tersapu oleh air tersebut," ujar dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter.

2. Minum air hangat ditambah madu

Campuran air hangat dan madu juga ampuh untuk mengobati radang tenggorokan. Berdasarkan penelitian, madu terbukti efektif untuk meredakan proses peradangan dan membantu menekan batuk, terutama yang terjadi malam hari. “Tapi pastikan Anda meminum madu yang asli, bukan pemanis buatan,” kata dr. Dyan.

3. Banyak minum air putih

Minumlah air putih paling sedikit 2 liter air putih per hari untuk membantu meredakan radang tenggorokan. Pasalnya, menurut dr. Dyan, dehidrasi hanya akan membuat tenggorokan Anda semakin kering dan pada akhirnya memperberat radang.

4. Istirahat

Cara ini sering terlupakan, tapi sebenarnya tak kalah ampuh. Istirahat punya peranan penting dalam proses pemulihan daya tahan tubuh. dr. Dyan menyarankan Anda untuk tidur 7-8 jam per hari agar radang tenggorokan cepat sembuh.

Padukan diet yang tepat dengan pengobatan alami di atas, agar radang tenggorokan yang menyerang Anda bisa segera hilang. Namun, jika radang tenggorokan Anda berlangsung lama atau tak kunjung sembuh, segera periksakan ke dokter. Pada beberapa kasus, penanganan medis diperlukan untuk radang tenggorokan, terutama yang disebabkan oleh infeksi bakteri.

[RS/ RVS]

1 Komentar