Kesehatan Umum

Manfaat Cukup Tidur untuk Kesehatan Tubuh

dr. Muhammad Isman S, 17 Des 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Waktu tidur yang cukup ternyata memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Apa saja manfaat tidur cukup? Mari simak daftarnya di sini.

Manfaat Cukup Tidur untuk Kesehatan Tubuh

Anda mungkin sudah tak asing dengan ungkapan “Tidur adalah obat untuk mengatasi segala jenis penyakit”. Hal ini bukanlah isapan jempol belaka. Karena, para pakar kesehatan telah berhasil membuktikan manfaat tidur cukup.

Setelah seharian beraktivitas, tubuh membutuhkan waktu beristirahat untuk melepas rasa lelah.

Tidur juga membantu memulihkan tenaga agar siap beraktivitas kembali esok harinya. Apa saja manfaat tidur cukup bagi kesehatan tubuh? Berikut beberapa di antaranya:

1. Melawan Infeksi

Tidur dapat melawan penyakit akibat infeksi. Hal tersebut telah dibuktikan pada studi yang diterbitkan di Journal of Experimental Medicine pada Februari 2019 silam.

Studi tersebut menemukan, tidur menyebabkan molekul tubuh memengaruhi pengeluaran beberapa hormon, seperti adrenalin dan noradrenalin untuk mengaktivasi daya tahan tubuh.

Hal ini menghambat molekul lain untuk memicu pertumbuhan tumor, infeksi malaria, kekurangan oksigen, dan stres.

2. Fungsi Otak Lebih Tajam

Tidur memegang peran penting dalam menunjang fungsi otak terkait memori atau daya ingat, serta proses pembelajaran tentang hal baru. Sebaliknya, tanpa tidur, Anda akan sulit berkonsentrasi, fokus, atau belajar informasi baru.

Kurang tidur juga membuat otak tidak memiliki waktu yang cukup untuk menyimpan memori baru. Di kemudian hari, fungsi memori akan tumpul.

3. Memperbaiki Suasana Hati

Ketika tertidur, otak memproses emosi untuk mengenali dan merespons dengan cara yang benar ketika dibutuhkan. Karenanya, ketika kurang tidur, reaksi emosi cenderung negatif.

Kekurangan tidur dalam jangka panjang juga meningkatkan risiko gangguan suasana hati.

Jika mengalami gangguan tidur seperti insomnia, Anda bahkan memiliki risiko lima kali lipat mengalami depresi, gangguan cemas, maupun panik.

4. Jantung Lebih Sehat

Saat tidur, tekanan darah di dalam tubuh akan menurun. Oleh karena itu, cukup tidur mampu membuat jantung dan pembuluh darah memiliki kesempatan untuk beristirahat.

Hal ini sangat baik untuk kesehatan dan keberlangsungan fungsi organ vital tersebut.

5. Performa Tubuh Lebih Baik

Tidur yang cukup mempersiapkan Anda untuk performa tubuh terbaik. Dengan cukup tidur, otot juga bisa beristirahat dengan sempurna, sehingga ketahanan dan respons tubuh menjadi lebih baik.

Artikel Lainnya: Kebiasaan Baik Sebelum Tidur untuk Turunkan Berat Badan

6. Kadar Gula Darah Stabil

Pada fase tidur nyenyak, kadar gula darah di dalam tubuh mengalami penurunan. Hal ini sangat baik untuk mencegah diabetes mellitus tipe 2 di kemudian hari.

7. Berat Badan Stabil

Cukup tidur bisa menurunkan nafsu makan. Karena, hormon leptin dan ghrelin yang mengatur hal tersebut menjadi lebih terkontrol.

Dengan kata lain, tidur yang cukup berkontribusi pada kestabilan berat badan. Hal ini akan menjadi lebih optimal jika dikombinasikan dengan pengaturan pola makan dan olahraga rutin.

8. Menurunkan Peradangan

Tidur memiliki pengaruh besar pada proses peradangan atau inflamasi. Inflamasi merupakan salah satu faktor risiko berbagai masalah kesehatan, seperti stroke dan penyakit jantung koroner.

Berdasarkan berbagai penelitian, kurang tidur dikaitkan dengan peningkatan marker (penanda) inflamasi dan kerusakan sel.

Kurang tidur juga merupakan salah satu faktor risiko utama penyakit peradangan usus, seperti inflammatory bowel disease dan Chron’s disease.

9. Meningkatkan Kecerdasan Sosial dan Emosi

Memiliki waktu tidur yang cukup juga penting untuk kecerdasan sosial dan emosi. Orang yang tidak cukup tidur diketahui memiliki masalah emosional dan ekspresi dengan orang lain.

Artikel Lainnya: Pola Tidur Bifasik yang Perlu Anda Tahu

10. Memperbaiki Regulasi Kalori

Salah satu mekanisme stabilnya berat badan akibat cukup tidur adalah melalui regulasi kalori yang lebih baik.

Sebuah penelitian menunjukkan, orang yang cukup tidur cenderung mengonsumsi jumlah kalori yang lebih sedikit pada esok harinya.

Penelitian lain menemukan, mereka yang cukup tidur memiliki regulasi hormon pengatur rasa lapar yang lebih baik, ketimbang yang tidak cukup tidur. Oleh karena itu, mereka yang kurang tidur cenderung lebih banyak makan.

Ingin merasakan beragam manfaat tidur cukup bagi tubuh di atas? Pastikan Anda cukup tidur, tidak kurang ataupun berlebihan.

Anjuran waktu tidur untuk orang dewasa yaitu 7-8 jam sehari. Jika ingin merasakan manfaat yang lebih optimal, kombinasikan kecukupan waktu tidur setiap hari dengan penerapan gaya hidup sehat.

Bila mengalami gangguan tidur, jangan ragu konsultasi ke dokter lewat LiveChat di aplikasi KlikDokter.

(FR/AYU)

Gaya Hiduptidur

Konsultasi Dokter Terkait