Sukses

7 Manfaat Cukup Tidur untuk Kesehatan Tubuh

Tak sekadar untuk mengistirahatkan tubuh, cukup tidur ternyata juga bisa mengundang beragam manfaat kesehatan. Apa saja?

Klikdokter.com, Jakarta Anda mungkin sudah tak asing dengan ungkapan yang berbunyi, “tidur adalah obat untuk mengatasi segala jenis penyakit”. Hal tersebut bukanlah sekadar isapan jempol belaka, karena para pakar kesehatan telah berhasil membuktikannya. Tak sekadar itu, para pakar bahkan mendapati bahwa tidur juga bisa mendatangkan beragam manfaat sehat yang mungkin tidak Anda duga sebelumnya.

Apa saja manfaat sehat tidur bagi kesehatan tubuh? Berikut beberapa di antaranya:

  1. Melawan infeksi

Tidur dapat melawan penyakit akibat infeksi. Hal tersebut telah dibuktikan pada studi yang diterbitkan di Journal of Experimental Medicine pada Februari 2019 silam.

Studi tersebut menemukan bahwa tidur menyebabkan molekul tubuh memengaruhi pengeluaran beberapa hormon, seperti adrenalin dan noradrenalin untuk mengaktivasi daya tahan tubuh sehingga menghambat molekul lain untuk memicu pertumbuhan tumor, infeksi malaria, kekurangan oksigen, dan stres.

  1. Otak lebih tajam

Tidur memegang peran penting dalam menunjang fungsi otak terkait memori atau daya ingat, serta proses pembelajaran tentang hal baru. Sebaliknya, tanpa tidur, Anda akan sulit untuk berkonsentrasi, fokus, atau belajar mengenai informasi baru. Selain itu, tak tidur dalam waktu cukup juga membuat otak tidak memiliki waktu yang cukup untuk menyimpan memori baru, sehingga di kemudian hari fungsi memori akan tumpul.

  1. Memperbaiki suasana hati

Ketika tertidur, otak memproses emosi untuk mengenali serta merespons dengan cara yang benar ketika dibutuhkan. Karenanya, ketika kurang tidur, reaksi emosi cenderung menjadi negatif.

Lebih dari itu, kekurangan tidur dalam jangka panjang juga meningkatkan risiko untuk mengalami gangguan suasana hati. Jika mengalami gangguan tidur seperti insomnia, Anda bahkan memiliki risiko lebih 5 kali lipat untuk mengalami depresi, gangguan cemas maupun panik.

  1. Jantung lebih sehat

Saat tidur, tekanan darah di dalam tubuh akan menurun. Oleh karena itu, cukup tidur mampu membuat jantung dan pembuluh darah memiliki kesempatan untuk beristirahat. Hal ini sangat baik untuk kesehatan serta keberlangsungan fungsi organ vital tersebut.

  1. Performa lebih baik

Tidur yang cukup mempersiapkan Anda untuk performa tubuh terbaik. Dengan cukup tidur, otot juga bisa beristirahat dengan sempurna sehingga ketahanan dan respons tubuh Anda menjadi lebih baik lagi.

  1. Kadar gula darah stabil

Pada fase tidur yang dalam, kadar gula darah di dalam tubuh mengalami penurunan. Hal ini sangat baik, karena dapat mencegah terjadinya penyakit diabetes mellitus tipe 2 di kemudian hari.

  1. Berat badan stabil

Cukup tidur bisa menurunkan nafsu makan, karena hormon leptin dan ghrelin yang mengatur hal tersebut menjadi lebih terkontrol. Dengan kata lain, tidur yang cukup berkontribusi pada kestabilan berat badan. Hal ini akan menjadi lebih optimal jika dikombinasikan dengan pengaturan pola makan dan melakukan olahraga secara rutin.

Ingin merasakan beragam manfaat sehat di atas? Pastikan Anda cukup tidur, tidak kurang ataupun berlebihan. Adapun anjuran waktu tidur untuk orang dewasa, yaitu selama 7–8 jam dalam sehari. Jika Anda ingin merasakan manfaat yang lebih optimal lagi, kombinasikanlah kecukupan waktu tidur setiap hari dengan penerapan gaya hidup sehat.

(NB/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar