Sukses

Kanker Kulit Punya Ciri-ciri Seperti Ini

Kanker kulit merupakan salah satu kanker yang sering terjadi. Kenali ciri-cirinya agar dapat dideteksi sejak dini.

Klikdokter.com, Jakarta Kanker kulit merupakan kanker yang cukup sering terjadi. Sama seperti kanker lainnya, kanker kulit dapat diobati secara tuntas bila terdeteksi sejak dini. Karena itu, mengenali ciri-ciri dari kanker kulit sangat penting untuk memudahkan penanganan serta mencegah komplikasi yang tidak diinginkan.

Secara umum, kanker kulit dibagi menjadi jenis melanoma dan non-melanoma (karsinoma sel basal dan karsinoma sel skuamosa). Karsinoma sel basal merupakan kanker kulit dengan angka kejadian terbesar, diikuti dengan karsinoma sel skuamosa dan terakhir melanoma. Meski melanoma yang paling kecil, nyatanya kanker jenis ini sangat mematikan.

Melakukan pemeriksaan kulit sendiri sejak dini dapat membantu mengenali kemungkinan stadium awal dari kanker kulit, dimana masih dapat diobati secara tuntas. Banyak dokter menyarankan agar Anda memeriksa kulit sendiri sebaiknya sebulan sekali.

Cara periksa kulit sendiri

Periksa kulit sendiri paling baik dilakukan di ruangan yang cukup terang dan di depan cermin berukuran penuh. Gunakan cermin genggam untuk membantu melihat area yang sulit dilihat, seperti punggung maupun paha bagian belakang.

Cobalah cek semua area dengan saksama, termasuk telapak tangan dan telapak kaki, kulit kepala, telinga, kuku, dan punggung (pada pria, sekitar 1 dari 3 melanoma terjadi di punggung). Anda juga dapat meminta teman maupun anggota keluarga untuk membantu melakukan pemeriksaan ini, terutama untuk daerah yang sulit dilihat, seperti kulit kepala dan punggung.

Pada pemeriksaan awal, catatlah setiap tahi lalat maupun pertumbuhan kulit yang sudah Anda miliki. Kemudian, pada pemeriksaan selanjutnya, lakukan kembali pencatatan dengan melakukan perbandingan dengan catatan sebelumnya. Perhatikan jika ada perubahan yang signifikan pada tahi lalat ataupun pertumbuhan kulit Anda sebelumnya atau pertumbuhan baru.

Tanda kanker kulit yang harus diwaspadai

Ciri-ciri dari kanker kulit dapat mencakup perubahan apa pun pada kulit, seperti:

  • Luka yang tidak sembuh
  • Tahi lalat yang berubah
  • Luka yang tampak bersisik atau kasar
  • Benjolan berwarna merah muda, putih, atau berbentuk seperti kubah
  • Gatal

Agar lebih mudah untuk mendeteksinya, Anda bisa menggunakan metode mnemonik ABCDE (dan F):

  • A singkatan dari asymmetry (asimetris): tahi lalat atau luka yang asimetris.
  • B singkatan dari border (perbatasan): batas-batas melanoma mungkin tidak teratur, berlekuk, atau buram.
  • C singkatan dari color (warna): melanoma sering memiliki lebih dari satu warna atau corak.
  • D singkatan dari diameter: tahi lalat yang lebih besar dari penghapus pensil (6 mm) lebih cenderung menjadi melanoma
  • E singkatan dari evolution (evolusi): Tahi lalat sering berubah seiring waktu.
  • F: Meskipun kualifikasi ini tidak resmi, banyak yang menambahkan ini untuk mewakili perubahan kulit yang terlihat “lucu”.

Dalam memerangi kanker kulit, tindakan pencegahan tentunya tidak boleh dilupakan. Sebagian besar kanker kulit disebabkan oleh paparan radiasi sinar ultraviolet matahari, karena itu penggunaan tabir surya adalah penting. Terapkan metode proteksi lainnya untuk membantu mencegah kanker kulit, seperti menggunakan topi, menghindari paparan matahari saat tengah hari, dan sebagainya. Jika Anda mendapati ciri pada kulit seperti yang dipaparkan di atas, segera konsultasikan ke dokter untuk mengetahui apa penyebabnya, sehingga bisa segera ditangani.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar