Kesehatan Umum

Mengungkap Manfaat Musik untuk Kesehatan

dr. Nadia Octavia, 09 Mar 2019

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Tak sekadar ‘teman’ kala bosan, musik ternyata juga membawa segudang manfaat kesehatan. Apa saja?

Mengungkap Manfaat Musik untuk Kesehatan

Hari terasa kurang berwarna tanpa hadirnya musik di telinga. Bagi Anda yang sedang suntuk bekerja, ingin menikmati hari dengan ‘warna’ berbeda, atau sekadar mencari ‘teman’ di kala senggang, musik bisa menjadi solusi yang paling tepat.

Tidak dimungkiri, musik memang bisa mendatangkan beragam manfaat bagi orang yang mendengarkannya. Dunia medis pun mengakui bahwa musik bisa mendatangkan manfaat sehat berikut ini:

Meningkatkan fungsi kognitif

Dilansir pada laman Harvard Health Publishing oleh Harvard Medical School di Amerika Serikat, salah satu hasil riset terpopuler tentang pengaruh musik terhadap kesehatan dikenal dengan efek Mozart. Seperti telah diketahui, Mozart merupakan komposer musik klasik nan jenius asal Austria.

Sebuah penelitian dilakukan di University of California, Irvine, Amerika Serikat. Tim ahli meneliti hubungan antara mendengarkan musik tertentu dengan fungsi kognitif (fungsi berpikir) dan kemampuan spasial.

Pada penelitian ini dibandingkan orang yang mendengarkan musik Mozart, musik relaksasi, dan tidak mendengarkan musik apa pun. Hasilnya menunjukkan bahwa orang-orang yang mendengarkan musik Mozart sebelum mengerjakan test IQ mengalami peningkatan hasil sebesar 2,1 poin dibandingkan dengan orang yang mendengarkan musik relaksasi atau tidak mendengarkan musik sama sekali.

Menurunkan tingkat stres

Sebuah studi yang dipublikasi di Harvard Health Publishing oleh Harvard Medical School di Amerika Serikat menyebut bahwa musik dapat menurunkan tingkat stres pasien yang sedang menjalani tindakan operasi.

Dalam pembuktian akan hal tersebut, pasien yang hendak menjalankan operasi katarak diminta untuk mendengarkan musik sebelum, saat tindakan, dan sesudah operasi selesai. Hasilnya, pasien tersebut mengalami penurunan tekanan darah sistolik hingga 35 mmHg dan tekanan darah diastolik hingga 24 mmHg. Pasien yang mendengarkan musik juga cenderung lebih tenang dan tidak stres saat tindakan operasi berlangsung.

Memperbaiki mood

Anda sedang merasa sedih atau tidak bersemangat? Cobalah mendengarkan musik ceria yang bisa membuat Anda kembali bahagia dan berenergi. Pada sebuah riset disebutkan bahwa terapi mendengarkan musik dapat mengurangi gejala depresi.

Bahkan, sebuah studi yang dilakukan tahun 2006 pada 60 orang dengan riwayat nyeri kronis mendapati bahwa musik juga dapat membantu mengurangi keluhan nyeri, depresi, dan membuat seseorang kembali bersemangat.

Tak hanya itu, mendengarkan musik yang menenangkan dan membuat Anda relaks juga mampu membantu meningkatkan kualitas tidur pasien yang mengalami gangguan tidur.

Mempercepat penyembuhan sakit strok

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Harvard Medical School melaporkan bahwa terapi musik dapat membantu mempercepat penyembuhan sakit strok, meski tidak sepenuhnya.

Pada penelitian tersebut, pasien strok diminta untuk mendengarkan musik tertentu selama 1 jam setiap hari. Setelah 3 bulan, kemampuan ingatan verbal pasien yang mendengarkan musik meningkat hingga 60 persen. Sementara pasien yang tidak mendengarkan musik sama sekali hanya meningkat 29 persen saja.

Itu dia beberapa manfaat sehat yang bisa dirasakan dari mendengarkan musik. Jika ingin merasakannya, pastikan Anda mendengarkan musik yang bisa membuat hati tenteram dan relaks. Hindari mendengarkan musik dengan suara terlalu keras, karena berpotensi merusak indra pendengaran.

(NB/RH)

StresMusikHari Musik NasionalkognitifDepresikesehatan mental

Konsultasi Dokter Terkait