Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Makanan yang Aman Dikonsumsi saat Sakit Radang Tenggorokan

Makanan yang Aman Dikonsumsi saat Sakit Radang Tenggorokan

Saat radang tenggorokan, ada makanan dan minuman yang baik untuk dikonsumsi. Apa saja? Simak daftar makanan untuk radang tenggorokan di sini.

Sakit tenggorokan memang menyiksa karena menyebabkan aktivitas menelan jadi terasa sulit dan nyeri. Oleh karena itu, Anda wajib mengonsumsi makanan dan minuman yang dapat meredakan nyeri di tenggorokan. Bila perlu, konsumsi makanan yang bisa mempercepat proses pemulihan sakit atau radang tenggorokan.

Saat sakit tenggorokan, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi makan dan minuman  yang lembut, menyejukkan, dan bergizi. Selain itu, hindari mengonsumsi minuman yang suhunya terlalu panas. Sebab, minuman panas dapat menyebabkan luka di tenggorokan yang sedang mengalami peradangan.

Berikut adalah beberapa makanan dan minuman yang aman untuk dikonsumsi saat radang tenggorokan.

1 dari 7 halaman

1. Camilan Beku

Sorbet (es yang berbahan dasar buah) atau es biasa dapat membantu meredakan tenggorokan yang sedang nyeri akibat peradangan. Pilihlah camilan yang terbuat dari bahan dasar alami dan segar seperti buah-buahan. Anda dapat membuatnya sendiri di rumah agar camilan beku yang dikonsumsi lebih higienis dan sehat.

2. Jus Delima

Penelitian menunjukkan bahwa nutrisi di dalam jus buah delima dapat membantu menangkal infeksi dan mengurangi peradangan. Pasalnya, buah delima mengandung antioksidan polyphenol yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas, melindungi sel dari kerusakan, dan menurunkan peradangan.

Artikel Lainnya: 10 Tanda Radang Tenggorokan yang Berbahaya

2 dari 7 halaman

3. Pisang

Pisang adalah salah satu buah yang aman dikonsumsi saat radang tenggorokan. Buah pisang memiliki nutrisi bermanfaat bagi tubuh dan teksturnya yang lembut membuat nyaman tenggorokan.

4. Sup Berisi Ayam dan Sayuran

Menurut penelitian, sup berisi sayuran dan ayam dapat mengurangi gejala sakit tenggorokan karena memiliki sifat antiinflamasi yang membantu membersihkan saluran udara.

Sayuran dan daging ayam yang ada di dalam sup juga memiliki nutrisi baik untuk mereka yang sedang sakit. Terlebih, kuah kaldu ayam yang hangat dapat membantu membuat tenggorokan jadi terasa nyaman.

3 dari 7 halaman

5. Kunyit

Ketika sakit tenggorokan, konsumsilah makanan, teh, susu, atau camilan yang dicampur dengan kunyit. Kunyit dipercaya mampu untuk meredakan nyeri tenggorokan karena memiliki sifat antiseptik dan antiperadangan.

Artikel Lainnya: Radang Tenggorokan? Ini 7 Penyebab Radang Tenggorokan!

6. Madu

Madu adalah pemanis alami yang dapat membantu melawan infeksi dan mendukung proses penyembuhan luka. Madu dapat digunakan sebagai campuran saat minum teh atau pemanis di dalam makanan lainnya.

4 dari 7 halaman

7. Jahe

Jahe adalah rempah yang dapat diolah menjadi berbagai bentuk, salah satunya berupa bubuk minuman hangat atau teh. Tak hanya itu, jahe juga sering digunakan sebagai rempah di dalam masakan. Jahe memiliki zat antiperadangan yang dapat membantu mengurangi pembengkakan dan nyeri saat radang tenggorokan

8. Teh

Minum teh hangat dapat membantu tenggorokan terasa lebih nyaman. Sebuah penelitian menemukan, berkumur dengan teh hijau dapat membantu meredakan radang tenggorokan setelah operasi. Peneliti tersebut juga mengatakan bahwa teh hijau aman dikonsumsi dan memiliki zat antiperadangan.

5 dari 7 halaman

9. Smoothies dan Yogurt

Smoothies dan yogurt dingin memiliki tekstur lembut dan baik dikonsumsi sebagai makanan saat sedang radang tenggorokan. Kedua makanan tersebut dapat dikonsumsi karena membantu menyediakan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk cepat sembuh dan juga membuat tenggorokan terasa nyaman.

Artikel Lainnya: Radang Tenggorokan, Bolehkah Konsumsi Makanan Manis?

10. Sayuran yang Dimasak

Sayuran yang dimasak hingga lembut dan lunak dapat membantu mengurangi nyeri saat menelan. Beberapa sayuran yang dapat konsumsi, seperti wortel, brokoli, kentang, dan yang lainnya.

6 dari 7 halaman

11. Telur Orak-arik

Telur adalah sumber protein yang baik dan dibutuhkan untuk memperbaiki jaringan tubuh. Telur orak-arik biasanya punya tekstur yang cukup lembut dan baik dikonsumsi bagi yang sedang sakit radang tenggorokan.

12. Jelly atau Agar-Agar

Jelly atau agar-agar mudah untuk ditelan dan mengandung gelatin yang merupakan sumber protein baik. Namun berhati-hatilah, pilih jelly dengan kandungan gula yang tidak terlalu banyak agar aman bagi orang yang menderita diabetes.

Demikianlah makanan dan minuman yang dapat menjadi pilihan untuk dikonsumsi ketika sedang mengalami radang tenggorokan. Prinsipnya, pilihlah makanan dan minuman yang bernutrisi tinggi dan tidak membuat proses menelan semakin terasa nyeri.

Penting juga untuk minum air putih sesering mungkin untuk membantu menyembuhkan radang tenggorokan. Apabila ingin tahu informasi kesehatan lainnya, baca terus artikel di aplikasi Klikdokter. Untuk konsultasi dengan dokter, gunakan fitur Live Chat.

(OVI/JKT)

1 Komentar