Sukses

Jenis-Jenis Makanan yang Kaya Vitamin E

Vitamin E merupakan mikronutrien yang penting untuk sistem daya tahan tubuh Anda. Cukupi kebutuhannya dengan mengonsumsi jenis makanan yang mengandung vitamin E.

Fungsi vitamin E banyak dikenal baik untuk kulit. Namun selain itu, ternyata ada banyak manfaat lain yang bisa diperoleh dari konsumsi makanan yang mengandung vitamin E.

Vitamin ini memiliki pengaruh sangat penting terhadap kesehatan pembuluh darah dan sistem daya tahan tubuh. Jika ingin memperoleh manfaatnya, ada baiknya Anda mengenali sumber vitamin E yang baik bagi tubuh. Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Apa Fungsi Vitamin E bagi Tubuh?

Selain bagus untuk menjaga kulit Anda, vitamin E juga memiliki peranan penting terhadap beberapa fungsi tubuh berikut ini:

  • Menjaga fungsi saraf
  • Menjaga kesehatan mata
  • Menjaga keseimbangan hormon
  • Berperan dalam kesembuhan luka
  • Menurunkan risiko Alzheimer
  • Mengatur aktivitas enzim
  • Menunjang kesehatan pembuluh darah
  • Menjaga sistem daya tahan tubuh

Agar memperoleh fungsi vitamin E bagi tubuh, tentunya Anda perlu mencukupi kebutuhan vitamin E harian. Oleh karena itu, kenali lebih dekat mengenai sumber makanan yang kaya akan vitamin ini.

Artikel Lainnya: Lebih Penting Vitamin C atau Vitamin E untuk Kulit?

1 dari 2 halaman

Makanan yang Mengandung Vitamin E

Sebagian besar orang bisa mendapatkan vitamin E dalam jumlah yang cukup melalui asupan sehari-hari. Jadi, apa saja makanan yang kaya vitamin E? Berikut di antaranya:

  1. Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari adalah salah satu makanan yang mengandung vitamin E. Camilan praktis ini diperkirakan memiliki sekitar 35,17 miligram vitamin E dalam 100 gramnya. Cukup banyak, bukan?

Nah, untuk memperoleh fungsi vitamin E ini, Anda dapat mengonsumsi biji bunga matahari secara langsung, ataupun menaburkannya dalam yoghurt, oatmeal, atau salad. 

  1. Kacang Almond

Setiap 100 gram kacang almond mengandung sekitar 25,63 miligram vitamin E. Oleh sebab itu, kacang almond bisa menjadi sumber vitamin E yang bisa Anda jadikan pilihan.

Konsumsi kacang almond dapat dilakukan secara langsung, atau ditambahkan ke dalam sereal. Anda bahkan dapat mengonsumsinya dalam bentuk susu almond. 

  1. Kacang Tanah

Kacang tanah merupakan salah satu camilan yang cukup populer di masyarakat dan merupakan salah satu sumber vitamin dan mineral terbaik.

Karena alasan itu, kacang tanah adalah makanan yang mengandung vitamin E. Pada 100 gram kacang tanah mengandung sebanyak 4,93 miligram vitamin E.

  1. Minyak Jenis Tertentu

Sebagian jenis minyak dikenal mengandung vitamin E yang cukup tinggi sehingga bisa dikatakan bahwa minyak tertentu merupakan sumber vitamin E, misalnya minyak wheat germ dan rice bran.

Artikel Lainnya: Dari Kedutan hingga Lebam, Ini Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin!

Satu sendok makan minyak wheat germ dapat mengandung 20,32 miligram vitamin E. Sementara itu, takaran yang sama untuk minyak rice bran dapat mengandung 4,39 miligram vitamin E.

Namun demikian, penting untuk diingat bahwa minyak secara umum juga kaya akan lemak dan kalori.

  1. Alpukat

Alpukat adalah buah yang baik untuk dikonsumsi karena mengandung kadar gula yang relatif sedikit dan zat gizi yang beragam. Selain itu, alpukat adalah salah satu sumber vitamin E. Setidaknya, pada 100 gram alpukat terdapat sebanyak 2,07 miligram vitamin E.

  1. Bayam

Bayam merupakan jenis sayuran yang cukup populer di masyarakat dan baik bagi kesehatan. Selain itu, sayuran ini juga merupakan salah satu makanan yang mengandung vitamin E.

Seporsi bayam dengan berat 100 gram diketahui dapat mengandung sekitar 2,03 miligram vitamin E.

  1. Swiss Chard

Sayuran hijau yang satu ini masih satu keluarga dengan buah bit dan bayam. Swiss chard mengandung 1,89 miligram vitamin E untuk setiap 100 gramnya. Oleh karena itu, sayuran ini bisa menjadi pilihan untuk memperoleh fungsi vitamin E bagi tubuh.

Artikel Lainnya: 5 Mitos tentang Vitamin yang Tak Perlu Dipercaya

  1. Butternut Squash

Makanan sejenis labu yang memiliki rasa manis ini biasanya dijadikan sup atau dilumatkan sebagai topping pie. Labu madu berwarna oranye juga mengandung vitamin E yang baik bagi tubuh.

Setiap 100 gram butternut squash memiliki kandungan vitamin E yang dapat mencapai 1,29 miligram. 

  1. Daun Bit

Banyak orang yang sudah mengetahui mengenai rangkaian manfaat mengonsumsi buah bit. Namun, masih sedikit orang yang tahu bahwa mengonsumsi daun bit juga baik bagi kesehatan.

Salah satu manfaatnya diperoleh dari kandungan vitamin E yang terdapat dalam daun bit. Satu porsi 100 gram dari daun bit dapat mengandung 1,81 miligram vitamin E.

  1. Ikan Forel

Ikan ini merupakan jenis ikan air tawar. Selain kaya akan asam lemak omega-3, ikan forel juga mengandung vitamin E dalam jumlah yang banyak. Satu porsi ikan forel, atau sekitar 100 gram dapat mengandung sebanyak 2,15 miligram vitamin E. 

  1. Brokoli

Sayuran hijau yang bentuknya menyerupai miniatur pohon ini pastinya sudah tidak diragukan lagi kandungan nutrisinya. Salah satu kandungan pentingnya adalah vitamin E. Makanan yang kaya akan vitamin E ini mengandung 2,4 miligram vitamin E per 100 gram porsi. Cukup banyak, bukan? 

  1. Telur Ikan

Telur ikan ternyata punya kandungan vitamin E yang cukup tinggi, lho. Makanan yang biasa dijadikan topping untuk sushi ini mengandung sebanyak 7 miligram per 100 gramnya. 

Cukup banyak, bukan, makanan yang mengandung vitamin E? Agar memperoleh manfaatnya, konsumsilah makanan-makanan di atas sehingga kebutuhan harian vitamin E Anda terpenuhi. Namun, konsumsi vitamin E juga harus diimbangi dengan asupan nutrisi lainnya seperti protein, serat, serta mineral, dan vitamin lainnya.

Jika memiliki pertanyaan mengenai topik terkait ataupun seputar masalah kesehatan lainnya, Anda dapat bertanya langsung kepada dokter kami melalui fitur LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar