Sukses

Tips agar Anak Tak Tertular Difteri di Sekolah

Sekolah bisa jadi salah satu tempat penyebaran difteri. Lindungi anak Anda agar tidak tertular penyakit ini selama belajar di sekolah.

Klikdokter.com, Jakarta Berbicara soal penyakit difteri, anak merupakan golongan yang cukup rentan terkena penyakit tersebut. Sebagai orang tua, Anda harus tahu tips yang tepat agar anak tak tertular difteri selama beraktivitas di sekolah.

Difteri sempat menghebohkan Indonesia pada 2017 lalu. Kala itu, penyebaran penyakit ini cukup masif, sampai-sampai Kementerian Kesehatan membuat status Kejadian Luar Biasa (KLB) terkait penyebaran penyakit ini. Parahnya lagi, bahaya akibat komplikasi difteri bisa menyebabkan kematian.

Menurut dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter, penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri Corynebacterium diphtheria yang mampu menghasilkan racun perusak jaringan pada manusia, terutama pada hidung dan tenggorokan.

Bakteri ini bisa menyebar melalui tiga cara, yaitu lewat bersin (percikan ludah) dan kontaminasi barang pribadi, misalnya ketika menggunakan gelas bekas penderita yang belum dicuci.

Selain itu, penyakit ini juga dapat menular melalui kontaminasi barang rumah tangga. Biasanya penularan difteri melalui barang yang dipakai secara bersamaan, seperti handuk atau mainan.

Selain tiga cara di atas, biasanya Anda bisa terkena difteri apabila menyentuh luka orang yang sudah terinfeksi. Karena difteri dapat amat berbahaya dan berisiko mengganggu tumbuh kembang anak Anda, lakukan berbagai upaya untuk melindunginya.

1 dari 2 halaman

Tips agar anak tak tertular difteri di sekolah

Berbicara mengenai tempat-tempat penyebaran difteri, sekolah bisa jadi salah satunya. Anak-anak usia sekolah biasanya cenderung tidak memedulikan kondisi kesehatan lingkungan sekitarnya, yang justru bisa berdampak pada penyebaran penyakit, termasuk difteri.

Apalagi, kontak fisik biasanya tidak terhindarkan di sekolah. Anak yang sudah terjangkit difteri bisa dengan mudah menularkan penyakitnya melalui berbagai aktivitas di sekolah.

Sebagai orang tua, Anda harus memberi tahu kiat atau tips kepada anak agar bisa menjaga dirinya dari penularan difteri di sekolah. Selain hal tersebut, cobalah beberapa tips yang diberikan oleh dr. Adeline Jaclyn dari KlikDokter berikut ini.

  • Pastikan daya tahan tubuh anak baik

Sebagai orang tua, pastikan sistem pertahanan tubuh anak dalam kondisi baik. Berikan anak asupan nutrisi yang baik dan jangan lupa beri vitamin atau suplemen untuk menunjang sistem imunitasnya.

  • Bawa bekal dari rumah

Daripada jajan sembarangan dan terinfeksi difteri, lebih baik bawakan anak bekal makanan setiap hari. Gunakan tempat makan yang tertutup rapat, sehingga makanan aman dari bakteri penyebab difteri.

  • Gunakan masker jika ada yang sakit

Jika anak Anda bercerita bahwa ada temannya yang sakit di sekolah, bawakan masker agar ia tidak tertular. Selain itu, jika anak Anda sakit, pastikan juga ia mengenakan masker agar tidak menularkan teman-temannya.

  • Rajin cuci tangan

Edukasi anak Anda untuk mencuci tangannya lebih sering, apalagi jika sehabis memegang benda atau hal lainnya yang dipakai bersama teman-temannya, misalnya gagang pintu.

  • Ingatkan untuk tidak memasukkan benda asing ke dalam mulut

Ini juga penting dilakukan oleh anak-anak. Jangan sampai benda-benda asing seperti pulpen, penggaris, atau benda lainnya masuk ke dalam mulut.

  • Rutin mengecek suhu tubuh anak

Salah satu gejala difteri adalah demam dan badan panas mencapai 38 derajat celsius. Jika sudah mencapai suhu tersebut, lebih baik ajak anak Anda untuk beristirahat di rumah. Sampaikan bahwa ia bisa bermain kembali bila kondisinya sudah membaik.

  • Vaksin difteri

Nah, ini adalah hal yang paling penting. Pastikan anak Anda sudah mendapatkan vaksin difteri. "Vaksin sebenarnya tidak menghalau penyakit 100 persen, tapi vaksin mencegah kemungkinan terburuk terjadi ketika penyakit difteri menjangkiti tubuh anak Anda," ujar dr. Adeline.

Demikianlah beberapa tips agar anak Anda tidak tertular difteri selama beraktivitas di sekolah. Meski sekolah adalah bukan tempat yang aman dari penyebaran penyakit, bukan berarti Anda harus melarang anak untuk pergi ke sekolah. Lakukanlan upaya perlindungan seperti yang disarankan oleh dr. Adeline di atas. Dengan demikian, si Kecil tetap bisa bersekolah dan terhindar dari penyakit difteri.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar