HomeInfo SehatTHTTidak Mengunyah Makanan dengan Baik, Picu Radang Tenggorokan?
THT

Tidak Mengunyah Makanan dengan Baik, Picu Radang Tenggorokan?

Krisna Octavianus Dwiputra, 06 Mar 2019

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Radang tenggorokan bisa dipicu berbagai hal. Apakah tidak mengunyah makanan dengan baik adalah salah satunya?

Tidak Mengunyah Makanan dengan Baik, Picu Radang Tenggorokan?

Radang tenggorokan merupakan suatu kondisi peradangan di tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi. Keluhan yang dirasakan adalah nyeri, kering, dan gatal di tenggorokan. Radang tenggorokan kerap membuat penderitanya sulit berbicara, menelan, serta menyebabkan tonsil (amandel) tampak memerah pertanda radang. Apakah salah satu pemicunya adalah akibat tidak mengunyah makanan dengan baik?

Dikatakan oleh dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter, umumnya radang tenggorokan disebabkan oleh infeksi, yang biasanya bersifat akut dan menyerang saluran tenggorokan.

"Radang tenggorokan disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus pada saluran pernapasan atas. Jenis bakteri yang sering menyebabkan sakit tenggorokan adalah bakteri Streptococcus pyogenes dan streptokokus kelompok A, sedangkan jenis virus yang sering menyebabkan radang tenggorokan adalah influenza, virus penyebab campak, dan virus penyebab cacar air," jelas dr. Dyah.

Biasanya, penderita radang tenggorokan mengeluhkan gejala-gejala ini:

  • Sakit saat menelan
  • Demam
  • Terdapat benjolan di area leher
  • Suara serak
  • Adanya darah dalam air liur

Artikel Lainnya: Cara Menyembuhkan Radang Tenggorokan

Tidak Mengunyah dengan Baik Picu Radang Tenggorokan?

Lantas, apakah kebiasaan makan seseorang, yaitu tidak mengunyah makanan dengan baik, juga turut andil dalam membuatnya rentan kena radang tenggorokan?

Menjawab pertanyaan ini, dr. Adeline Jaclyn, cara seseorang mengunyah makanan tidak berhubungan dengan radang tenggorokan, kecuali jika saat menelan makanan terdapat benda asing yang masuk ke mulut.

“Secara logika, itu tidak membuat seseorang lantas bisa terkena radang tenggorokan. Kalau tidak mengunyah makanan dengan baik itu identik dengan kebiasaan makan cepat. Nah, kebiasaan makan seperti bisa bikin perut kembung karena udara cepat masuk, bukan radang tenggorokan,” jawabnya.

Artikel Lainnya: Radang Tenggorokan Dapat Menyebabkan Infeksi Paru, Benarkah?

Juga turut ditambahkan oleh dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, bahwa bahwa sebetulnya yang bisa bikin seseorang mengalami radang tenggorokan bukanlah cara makannya, tapi lebih pada jenis makanannya. Makanan gorengan yang berminyak, apalagi yang dikonsumsi saat masih dalam keadaan panas, kata dr. Sepriani bisa bikin Anda mengalami radang tenggorokan.

“Biasanya, makanan yang digoreng itu, kan, dikonsumsi saat masih panas agar rasanya renyah dan enak. Suhu ekstrem dari gorengan panas itulah yang akhirnya mengiritasi tenggorokan,” jelas dr. Sepriani.

Saat sudah teriritasi, lanjut dr. Sepriani, maka dinding tenggorokan akan terluka. Keadaan tersebut membuat virus atau bakteri lebih mudah menginfeksi. Akibatnya, timbullah radang tenggorokan. Itulah mengapa seseorang lebih disarankan untuk mengonsumsi makanan atau minuman yang suhunya hangat, bukan panas. Karena makanan atau minuman panas bisa menyebabkan iritasi.

Jadi, kebiasaan tidak mengunyah makanan dengan baik, bukanlah salah satu faktor pemicu munculnya radang tenggorokan. Yang harus lebih Anda waspadai adalah pemilihan makanan yang dikonsumsi, karena makanan tertentu bisa membuat risiko radang tenggorokan meningkat. Cegahlah dengan menerapkan langkah-langkah yang disebutkan di atas sekaligus gaya hidup sehat agar terlindungi dari banyak penyakit!

(RN/ RVS)

radanginfeksimakananMengunyahMengunyah makananSaluran Pernapasan AtasRadang Tenggorokan