Diet dan Nutrisi

Kenali Manfaat Brokoli untuk Asam Urat

dr. Muhammad Iqbal Ramadhan, 04 Jan 2023

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Sayur brokoli dipercaya bermanfaat bagi penderita asam urat. Apa manfaat brokoli untuk asam urat? Mari simak lengkapnya berikut ini.

Kenali Manfaat Brokoli untuk Asam Urat

Penderita asam urat tentunya paham betul soal kehati-hatian dalam memilih makanan. Mereka harus benar-benar memastikan kandungan kadar purin dalam makanan yang dikonsumsi, termasuk sayuran. Kadar purin di dalam sayuran harus diketahui agar tidak memperparah penyakit asam urat.

Brokoli dinilai menjadi salah satu opsi sayur yang aman untuk penderita asam urat. Brokoli untuk penderita asam urat bahkan memiliki manfaat tersendiri.

Kandungan Brokoli yang Bermanfaat untuk Asam Urat

Tangkal Kanker Prostat dengan Brokoli (Mama mia/Shutterstock)

Purin adalah prekursor asam urat yang dapat menyebabkan naiknya kadar asam urat di dalam darah. Faktanya, brokoli tergolong makanan yang memiliki kadar purin rendah.

Brokoli diteliti memiliki kurang lebih 70 miligram (mg) purin per 100 gram (g). Makanan mengandung purin yang tergolong tinggi memiliki lebih dari 300 mg per 100 g. 

Artinya, brokoli untuk penderita asam urat tergolong pilihan aman. Manfaat brokoli untuk penderita asam urat juga sangat bagus berkat kandungan vitamin dan mineralnya.

Artikel lainnya: Benarkah Penderita Asam Urat Harus Pantang Sayuran Hijau?

Brokoli kaya akan vitamin C, serta mengandung asam folat dan potassium. Makan makanan kaya vitamin C membantu meredakan serangan asam urat. Vitamin C juga dinilai membantu mengurangi kadar asam urat di dalam tubuh. 

Tak hanya itu, brokoli mengandung antioksidan yang melawan inflamasi atau peradangan. Pola makan sehat disertai brokoli bisa membantu melawan beberapa penyakit kronis, tak terkecuali asam urat menurut penelitian tahun 2015.

Cara Makan Brokoli untuk Asam Urat

Manfaat Istimewa Brokoli untuk Kulit Anda

Brokoli dapat menjadi salah satu variasi sayuran yang aman untuk pengidap asam urat dalam pola makan sehari-hari. Meski bermanfaat untuk penderita asam urat, sebaiknya tetap konsumsi brokoli dalam jumlah secukupnya. 

Selain itu, imbangi konsumsi brokoli dengan makanan sehat lainnya. Hindari pula berbagai pantangan asam urat yang bisa memperparah keluhan.

Asam urat bisa kambuh sewaktu-waktu dengan keluhan khas berupa nyeri dan bengkak pada sendi dan ibu jari kaki. Pemicu serangan biasanya berkaitan dengan pola makan tinggi purin, kegemukan, dan stres berlebihan. 

Artikel lainnya: Efektivitas Diet Vegan untuk Atasi Asam Urat Tinggi

Untuk mengurangi frekuensi serangan dan peradangan sendi, ikuti beberapa tips makanan sehat untuk penderita asam urat:

  • Utamakan karbohidrat kompleks, seperti serealia utuh, nasi merah, dan roti gandum 
  • Batasi atau hindari makanan dengan pemanis tambahan, seperti serealia berpemanis, roti-rotian, kue, permen, minuman kemasan, atau produk yang mengandung sirop jagung tinggi fruktosa
  • Perbanyak sayur dan buah untuk membantu mengeluarkan asam urat melalui saluran cerna. Konsumsi serat juga mengendalikan gula darah dan menstabilkan hormon insulin yang memengaruhi pembentukan asam urat
  • Jauhi jeroan, karena kandungan tinggi purinnya mudah memicu asam urat kumat
  • Daging merah dan ayam boleh dikonsumsi, tetapi batasi hanya 100 gram per hari dan tanpa lemak 
  • Hindari kerang, sarden, teri, dan kembung 
  • Ikan tuna, kod, mas, pecak, kakap, salmon, tiram, lobster, kepiting, dan udang boleh dikonsumsi secara terbatas
  • Perbanyak sumber protein nabati, selai kacang, kacang-kacangan, dan polong-polongan
  • Perbanyak sumber vitamin C, antara lain brokoli, jeruk, stroberi, kiwi, jambu merah, paprika, dan tomat
  • Batasi sumber asam lemak jenuh, seperti daging, ayam, susu sapi, dan produk susu whole milk atau full cream 
  • Pilihlah susu skim dan produknya, seperti keju atau yoghurt rendah lemak
  • Perbanyak air putih untuk membantu mengeluarkan asam urat melalui urine
  • Hindari alkohol dari bir dan minuman beragi lainnya. Wine dianggap aman karena dinilai tidak meningkatkan risiko serangan gout asal dikonsumsi dalam batas wajar
  • Batasi minum kopi

Artikel lainnya: Manfaat Istimewa Brokoli untuk Kulit Anda

Pola makan merupakan faktor gaya hidup yang dapat disesuaikan saat mengalami kenaikan kadar asam urat. Hindari makanan tinggi purin, konsumsilah makanan sehat rendah sodium, rendah purin, dan kaya vitamin C seperti brokoli.

Tak hanya itu, taatlah pada pengobatan asam urat yang dianjurkan dokter. Konsultasi lebih lanjut dengan dokter penyakit dalam kini lebih mudah lewat layanan Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter!

(FR/JKT)

Asam Urat

Konsultasi Dokter Terkait