Sukses

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Lewat Warna Makanan

Makanan berwarna ternyata baik untuk daya tahan tubuh. Yuk, kombinasikan makanan-makanan ini dalam piring Anda.

Klikdokter.com, Jakarta Siapa yang tidak tertarik pada makanan berwarna-warni bak pelangi? Ya, makanan berwarna-warni, seperti merah, hijau, dan ungu, ternyata baik untuk daya tahan tubuh. Tapi ini bukan makanan tidak sehat seperti permen atau gula-gula yang mengandung bahan pewarna. Makanan yang dimaksud adalah asupan sehat yang memiliki warna cerah alami. Bahkan, ada yang menyebut bahwa semakin banyak warna makanan di piring Anda, semakin kaya nutrisinya!

Makanan yang jamak dikonsumsi, seperti olahan daging merah, gorengan, makanan cepat saji, makanan manis, serta soda, rentan meningkatkan risiko penyakit kronis. Ini karena sistem daya tahan tubuh menjadi lemah, dan tidak mendapatkan nutrisi yang sesungguhnya dibutuhkan.

Nutrisi kaya dalam makanan berwarna

Sistem daya tahan tubuh manusia membutuhkan segala nutrisi untuk berfungsi secara optimal, termasuk vitamin, mineral, lemak, protein, dan fitonutrien. Nutrisi tersebut banyak terkandung dalam makanan yang berwarna cerah. Meski di sisi lain, ada makanan yang juga baik bagi sistem imun yang tidak berwarnacerah.

Contohnya, kacang-kacangan yang kaya akan mineral selenium. Selenium dapat membantu tubuh membuat protein spesial, yakni enzim antioksidan, untuk mencegah kerusakan sel tubuh. Tak lupa ada kunyit, jahe, serta yoghurt yang turut membantu meningkatkan imunitas.

Nah, dari beragam warna cerah makanan sehat, ada beberapa yang dikenal paling dapat membantu meningkatkan imunitas Anda. Simak ulasannya di bawah ini.

  • Merah, oranye, dan kuning cenderung kaya vitamin C

Vitamin C sangat membantu meningkatkan imunitas, yang mudah ditemukan pada buah-buahan berwarna merah, oranye, dan kuning. Buah ini antara lain sitrus, tomat, stroberi, kiwi, juga kembang kol.

Memasak bahan makanan dapat mengurangi kandungan vitamin C. Namun, sebagian besar sumber makanan yang mengandung vitamin C, seperti buah dan sayur, biasanya dapat dimakan tanpa perlu dimasak. Jadi, jangan tunda konsumsi buah warna merah, oranye, dan kuning agar manfaatnya tetap maksimal.

  • Sayuran berdaun hijau mengandung nutrisi super

Sayur yang berwarna hijau dan mengandung vitamin D membantu meningkatkan imunitas. Sayuran cruciferous atau sayur silangan, seperti brokoli, arugula, kubis, dan sawi, mengandung vitamin C, E, dan K, serta karotenoid, folat, juga mineral yang menguntungkan imunitas. Ketika dikonsumsi, sayur silangan yang merupakan sumber indole-3-karbinol, yang berperan dalam menurunkan angka kejadian beberapa tipe kanker.

  • Biru, nila, dan ungu yang dapat ditambahkan ke dalam diet

Buah berwarna biru, nila, dan ungu dikenal kaya serat, seperti kurma kering, buah ara, dan aprikot. Sebagai perbandingan, setengah gelas buah aprikot yang telah dikeringkan terkandung 4,7 gram serat. Namun, dalam jumlah yang sama, potongan buah aprikot segar hanya memiliki 1,6 gram serat. Buah yang dikeringkan juga kaya antioksidan dan folat vitamin B. Namun, perlu diingat bahwa gula alami yang terdapat pada buah kering pun lebih tinggi kadarnya.

Jadi, jangan ragu untuk mengombinasikan aneka warna makanan dalam piring Anda. Memperbanyak warna dalam makanan Anda dapat meningkatkan daya tahan tubuh secara alami.Selain itu, untuk menjaga daya tahan tubuh tetap baik, cukupi kebutuhan tidur, rutin berolahraga, dan tetaplah minum air putih dalam jumlah yang cukup.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar