Sukses

Aktor Luke Perry Dirawat Akibat Stroke

Kabar mengejutkan datang dari aktor serial Bevery Hills 90210, Luke Perry. Aktor berusia 52 tahun dilarikan ke rumah sakit akibat stroke.

Klikdokter.com, Jakarta Anda yang tumbuh sebagai remaja pada era 1990-an, pasti tidak asing dengan nama aktor asal Amerika Serikat, Luke Perry. Setelah lama tidak terdengar kabarnya, pemeran Dylan McKay dalam serial televisi Beverly Hills 90210 itu kini tengah dirawat di rumah sakit akibat terserang stroke.

Melansir dari Daily Mail, Luke Perry dilarikan ke rumah sakit pada akhir pekan lalu. Kabar aktor berusia 52 tahun itu masuk rumah sakit karena stroke sudah diumumkan oleh orang sekelilingnya. Hanya saja, sampai saat ini perwakilan dari Luke Perry tidak mengonfirmasi lebih lanjut apa yang terjadi pada aktor kelahiran Ohio, Amerika Serikat itu.

Sementara itu, TMZ melaporkan bahwa aktor yang juga bermain dalam serial Riverdale ini harus sampai dibius. Di sisi lain, Perry juga dilaporkan mengalami koma, tetapi semua masih simpang siur.

Kabar mengenai menurunnya kesehatan Luke Perry sudah mencuat dalam beberapa waktu belakangan. Ini setelah pihak rumah produksi yang memproduksi ulang Beverly Hills 90210. Hanya saja, tidak ada nama Perry setelah nama-nama pemain asli yang berperan pada serial itu sebelumnya sudah diumumkan, yakni Jason Priestly, Jennie Garth dan Tori Spelling.

Apa saja gejala stroke yang biasanya terjadi?

Penyakit yang dialami Luke Perry ini memang cukup berbahaya, apalagi jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat. Faktor risiko meningkat ketika usia semakin tua.

Menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, bila terlambat ditangani, stroke bisa menyebabkan kondisi kecacatan seperti lumpuh bahkan kematian dapat terjadi. Akan tetapi, penanganan yang cepat dan tepat dapat mencegah kerusakan otak semakin meluas dan juga kecacatan.

Maka dari itu, sangat penting untuk mengenali gejala stroke pada seseorang. Dengan mengenali sebaik mungkin gejala-gejalanya, penanganan stroke bisa dilakukan dengan lebih baik.

Berikut gejala stroke menurut pemaparan dari dr. Sepriani:

  • Sulit bicara

Penderita stroke biasanya mengalami kesulitan bicara. Ini biasanya mengalami gangguan, mulai dari bicara pelo, cadel, seperti bergumam atau berkumur. Selain itu, penderitanya juga biasanya sulit mengerti instruksi atau pembicaraan orang lain.

  • Kelemahan satu sisi tubuh

Ini adalah gejala umum dari stroke, baik stroke akibat penyumbatan maupun stroke akibat perdarahan. Ini biasanya terjadi kelemahan terjadi pada satu sisi anggota tubuh, misalnya tangan dan kaki kiri saja. Pada stroke penyumbatan, kelemahan tersebut terjadi secara bertahap, sementara pada stroke perdarahan terjadi lebih cepat.

  • Pandangan ganda

Gangguan saraf akibat stroker juga bisa menyerang saraf penglihatan. Dalam hal ini, penderita stroke mungkin akan melihat sebuah benda akan berbayang atau menjadi dua yang disebut dengan diplopia.

  • Wajah tampak tidak simetris

Karena persarafan di bagian wajah terganggu, bagian wajah penderita akan tampak tidak simetris, misalnya mulut cenderung mengarah ke satu sisi wajah atau bahasa sehari-harinya menjadi merot, atau salah satu kelopak mata agak tertutup.

  • Sakit kepala hebat

Keluhan ini umumnya dirasakan pada stroke perdarahan. Sakit kepala hebat tersebut biasanya diikuti dengan mual, muntah, dan penurunan kesadaran.

Stroke memang bisa menyerang siapa saja, termasuk selebritas seperti Luke Perry. Menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan yang baik, olahraga teratur serta menjauhi rokok dan alkohol adalah cara-cara yang bisa dilakukan agar terhindar dari penyakit tidak menular yang cukup mematikan seperti stroke.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar