Sukses

Pertimbangkan Hal-Hal Ini Sebelum Membeli Sports Bra

Penggunaan sports bra diperlukan ketika berolahraga. Namun, perhatikan dulu hal-hal berikut ini sebelum membelinya.

Pemakaian sports bra diperlukan untuk mendukung payudara selama berolahraga, agar Anda tetap merasa nyaman.

Sayangnya, pemilihan sports bra umumnya tidak diperhatikan karena dianggap sama saja. Padahal, ada beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan sebelum membelinya. 

Bila tidak mencermati pemilihan sports bra, payudara berpotensi mengendur dan meregang karena dukungan yang tidak tepat. Rasa tidak nyaman pun akan muncul.

Jika Anda tergolong rutin berolahraga, Anda perlu mengetahui apa saja yang harus dipertimbangkan saat memilih sports bra. Berikut beberapa cara memilih bra sport yang benar:

1 dari 5 halaman

1. Selalu Update Ukuran Bra

Panduan memilih sports bra yang pertama adalah pastikan Anda mengetahui ukuran pasti payudara Anda. Selain itu, jangan lupa untuk update ukuran bra Anda.

Meski Anda sudah tahu ukuran payudara, tindakan ini tetap penting untuk dilakukan. Pasalnya, selain ukuran payudara bisa berubah, standar merek bisa berbeda pula meski ukurannya sama.

Artikel Lainnya: Cara Memilih Bra Sesuai Ukuran dan Bentuk Payudara

Kini, beberapa toko bra atau toko khusus olahraga memiliki tenaga yang terlatih untuk mengukur bra sesuai dengan ukuran payudara Anda. Jadi, bra yang dipilih juga akan sesuai dengan bentuk tubuh.

Ingat, setelah Anda disarankan memakai model tertentu, tetapi Anda merasa tidak nyaman saat memakainya, tetaplah cari yang paling sesuai. Jangan terlalu terpaku pada rekomendasi tenaga terlatih tersebut.

Beberapa tanda ukuran sports bra yang sesuai, yakni:

  • Anda tak bisa menarik under band dari dada lebih dari 5 cm.
  • Anda tak bisa menarik strap lebih dari bahu lebih dari 5 cm.
  • Cup memenuhi payudara sepenuhnya.

2. Sesuaikan dengan Jenis Olahraga

Tips membeli sports bra selanjutnya adalah menyesuaikan dengan jenis olahraga. Biasanya, kategorinya adalah highmedium, and low impact, serta medium dan low support.

Tindakan ini akan membantu Anda untuk menyesuaikan tipe sports bra dengan aktivitas fisik yang biasa Anda lakukan. 

  • Sports bra jenis high impact sebaiknya digunakan ketika melakukan olahraga, seperti lari, bela diri, latihan bodyweight, atau yang melibatkan lompatan.
  • Sports bra jenis medium impact pada payudara berukuran kecil cocok digunakan untuk olahraga, seperti bersepeda, latihan angkat beban, gym circuit, atau hiking. Sementara, bagi yang yang memiliki payudara ukuran medium atau besar, pilih sports bra yang memiliki strap yang lebar dengan bantalan (padding).
  • Sports bra jenis low impact bagi payudara kecil; medium impact bagi payudara medium; dan high impact bagi payudara besar baik digunakan ketika melakukan yoga atau Pilates. 

Artikel Lainnya: Benarkah Sports Bra Lebih Baik Ketimbang Bra Lain?

Tentunya cara memilih bra sport yang benar harus memperhatikan kenyamanan, berbahan melar, padding opsional, dan strap sesuai preferensi. Jika ukuran bra tidak tepat, akan terjadi penekanan pada pembuluh darah dan saraf di area lengan.

2 dari 5 halaman

3. Bahan yang Disarankan

Saat olahraga, payudara juga berkeringat. Pada beberapa orang, keringat saat berolahraga bisa menyebabkan beruntusan pada kulit dada, bahkan memicu jerawat. Oleh karena itu, cara memilih bra sport yang benar adalah memperhatikan bahannya.

Jika selesai berolahraga, payudara Anda seperti ada spons basah yang melekat. Bisa jadi bahan sports bra Anda tidak menyerap keringat dengan baik.

Carilah label seperti ‘moisture wicking’, ‘breathable, atau ‘ventilation’. Sports bra jenis ini juga dapat membantu mencegah penyumbatan pori-pori sehingga mengurangi jerawat.

4. Selalu Mencoba Bra yang Ingin Dibeli

Baik sports bra ataupun bukan, Anda harus mencobanya lebih dulu sebelum membeli, sekalipun jika produk yang Anda akan beli sudah digunakan selama belasan tahun. 

Pasalnya, meskipun Anda sudah ‘loyal’ menjadi pengguna karena produk tersebut membuat Anda nyaman, proses pembuatan bisa membuat bra sedikit berbeda. Perubahan yang dimaksud mencangkup warna, jahitan, ukuran, dan bahan. 

Artikel Lainnya: Bolehkah Olahraga Tidak Pakai Bra? Ini Penjelasan Dokter

Ada dua tes yang dapat menjadi panduan memilih sports bra yang tepat, yaitu:

  • Melompatlah di ruang fitting, di depan cermin untuk melihat pergerakan payudara tampak depan dan tampak samping. Jika pergerakannya berlebihan, cari yang lain.
  • Jika strap terasa pas saat berada di bagian paling kencang, cari bra yang lain. Sebab bra akan meregang dan Anda akan butuh pengaturan strap dari waktu ke waktu. Jika ini terjadi, bisa-bisa tali bra akan melorot dari bahu.
3 dari 5 halaman

5. Nyaman Saat Bernapas

Cara berikutnya untuk memilih bra sport yang benar adalah tarik napas dalam-dalam. Apakah bra menjadi terlalu sempit? Jika ya, coba ukuran yang lebih besar.

Hal ini tentu harus menjadi perhatian Anda. Pasalnya, memakai bra yang terlalu ketat dapat mendesak otot dan tulang di dada sehingga Anda akan sulit bernapas.

Nah, saat Anda berolahraga, tubuh membutuhkan banyak oksigen untuk otot-otot yang sedang bekerja. Bila Anda tidak dapat bernapas dengan optimal, maka asupan oksigen ke otot dan juga otak tidak akan cukup.

6. Bagian Belakang Tidak Lebih Tinggi dari Bagian Depan

Jika under band bagian belakang lebih naik posisinya daripada bagian depan, bisa jadi bra tersebut terlalu besar. Sports bra yang pas posisi under band-nya akan sama baik depan maupun belakang.

Nah, penggunaan sports bra yang terlalu besar tersebut tidak akan memberikan topangan yang cukup baik bagi payudara Anda.

Artikel Lainnya: Mitos Tentang Bra yang Tidak Perlu Anda Percaya

Payudara tidak memiliki otot. Satu-satunya struktur penyangga alaminya adalah kulit di sekitarnya dan ligamen Cooper, yaitu ligamen yang menopang atau mempertahankan bentuk payudara. Dengan struktur ini, payudara akan baik-baik saja saat beraktivitas normal sehari-hari.

Lain halnya saat berolahraga. Jika Anda berolahraga dengan gerakan seperti melompat atau berlari, payudara bisa memantul hingga ketinggian 21 cm. Hal ini berpotensi menyebabkan rasa sakit dan kerusakan pada jaringan payudara.

Oleh karena itu, memilih sports bra dengan ukuran yang sesuai menjadi salah satu tips untuk membeli sports bra karena pilihan yang sesuai dapat penopang jaringan payudara agar tidak rusak dan nyeri.

4 dari 5 halaman

7. Jujur pada Diri Sendiri

LaJean Lawson, Ph.D., profesor olahraga dan ilmu olahraga di Amerika Serikat mengatakan, kira-kira hanya 15-20 persen wanita mengenakan bra yang sesuai untuk tubuh mereka.

Menurutnya, kesalahan terbesar wanita dalam memilih bra adalah tidak realistis dengan kebutuhannya.

Seperti dilansir Shape, Lawson menjelaskan bahwa sebelum memilih bra, lakukan analisis yang realistis. Pertimbangkan hal-hal seperti:

  • Kemungkinan ukuran tubuh berubah.
  • Berat badan turun atau naik.
  • Kondisi baru melahirkan.
  • Perubahan olahraga.

Nah, semakin jujur Anda dengan diri sendiri, maka semakin mudah pula untuk menemukan jenis bra yang tepat.

Itulah poin-poin yang bisa menjadi panduan dalam cara memilih bra sport yang benar. Susah-susah gampang, memang. Intinya, pemilihan sports bra perlu disesuaikan dengan jenis olahraga, ukuran tubuh, serta ukuran payudara. Ingat pula, jangan asal beli bra hanya karena murah, ya!

Jika memiliki pertanyaan seputar topik ini, silakan berkonsultasi kepada dokter menggunakan layanan Live Chat 24 jam, atau dengan mengunduh aplikasi KlikDokter.

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar