Sukses

5 Cara Mudah Cegah Kolesterol Tinggi

Pastinya Anda tahu bahwa kolesterol tinggi bisa picu berbagai jenis penyakit. Lakukan cara mudah ini untuk mencegahnya.

Klikdokter.com, Jakarta Biasanya, orang baru peduli terhadap kadar kolesterolnya saat hasil pemeriksaan menunjukkan kadar kolesterol tinggi, atau sudah merasakan gejala-gejalanya. Padahal akan jauh lebih baik jika melakukan upaya pencegahan. Ada beberapa cara mudah yang bisa segera Anda terapkan untuk membentengi diri dari kolesterol jahat alias LDL. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan beberapa perubahan gaya hidup.

Kolesterol memang tidak selamanya buruk bagi tubuh Anda. Hanya saja jika sampai tinggi atau berlebih, menurut dr. Alberta Jesslyn Gunardi, BmedSc(Hons) dari KlikDokter, itu bisa berujung pada berbagai penyakit seperti penyakit jantung, hipertensi, diabetes melitus, stroke, bahkan kematian.

"Perlu diketahui, terdapat dua macam kolesterol pada tubuh. Pertama, HDL (high-density lipoprotein atau kolesterol baik) yang membawa kolesterol dari tubuh ke hati untuk dieliminasi oleh tubuh. Kedua, LDL (low-density lipoprotein). Nah, ini yang dapat menyebabkan penumpukan kolesterol di pembuluh darah Anda. Kadar HDL yang rendah dan LDL yang tinggi inilah yang dapat mematikan," ujar dr. Alberta Jesslyn.

Kolesterol tinggi bisa terjadi karena beberapa kebiasaan buruk yang dilakukan jangka panjang, seperti banyak konsumsi makanan berminyak, daging, kegemukan dan obesitas, dan stres. Untuk mencegah kolesterol tinggi terjadi dalam tubuh Anda, lakukan beberapa hal berikut:

1. Jadwalkan olahraga rutin

Olahraga memiliki banyak manfaat sehat, termasuk membantu Anda mencegah kolesterol tinggi dan penyakit jantung. Ada banyak jenis olahraga yang dapat Anda lakukan. Mulai dari olahraga intensitas rendah hingga aerobik—semuanya telah terbukti menunjukkan manfaat dalam menjaga tubuh lebih lentur, sekaligus menurunkan kadar kolesterol jahat. Jika Anda bermasalah dengan kolesterol tinggi, berolahraga bisa mencegahnya meningkat.

2. Ketahui perbedaan antara lemak jenuh dan tak jenuh

Seperti disebutkan di atas, terdapat dua jenis lemak, yaitu lemak jenuh dan lemak tak jenuh. Jenis lemak tak jenuh dapat membantu menjaga kadar kolesterol, sementara lemak jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol Anda, menempatkan Anda pada risiko yang lebih tinggi terkena penyakit jantung di kemudian hari. Mengetahui lemak mana yang dapat menyabotase kadar kolesterol dapat membantu Anda mencegah ancaman penyakit jantung.

3. Makanlah diet rendah kolesterol dan rendah lemak

Makan rendah lemak banyak manfaatnya terutama bagi kesehatan jantung Anda. Sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian, adalah beberapa makanan lezat sebagai bagian dari diet rendah kolesterol dan rendah lemak. Saran dr. Alberta, hindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi seperti makanan laut (udang, cumi), jeroan (otak), daging merah, produk susu (keju), dan makanan olahan (sosis, ham, bacon, dan lain-lain).

"Makanan yang juga berbahaya adalah makanan cepat saji, terutama goreng-gorengan. Cobalah untuk mengonsumsi makanan yang direbus, dipanggang, atau dikukus. Hindari menggoreng dengan minyak karena juga memicu kolesterol tinggi," kata dokter yang akrab disapa Jesslyn itu.

4. Berhenti merokok

Kebiasaan merokok biasanya dihubungkan dengan masalah paru-paru. Akan tetapi, kerusakan yang dapat dilakukan rokok jauh lebih luas. Bahkan, merokok dapat meningkatkan kadar kolesterol Anda dan menyebabkan penyakit jantung. Sayangilah kesehatan tubuh dengan stop berhenti merokok.

5. Kurangi stres

Stres yang terjadi terus-menerus dapat menyebabkan penyakit jantung. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa stres berulang juga dapat berdampak pada kadar kolesterol Anda. Mempelajari cara mengatasi stres dalam hidup Anda dapat membantu menjaga kadar kolesterol Anda tetap terjaga, begitu juga kesehatan jantung.

Selain cara-cara di atas, masih banyak cara lain untuk mencegah kolesterol tinggi dalam tubuh Anda. Menurunkan berat badan adalah salah satu cara penting untuk mencegah kadar kolesterol dan risiko penyakit jantung meningkat dalam tubuh. Percayalah, sehat itu lebih mengasyikkan. Segera ubah pola hidup Anda menjadi lebih sehat dan lebih aktif bergerak!

(RN/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar