Sukses

3 Jenis Kanker yang Paling Sering Menyerang Wanita

Mengenali jenis kanker yang paling sering mengenai wanita dan bagaimana menurunkan risikonya akan membantu menyelamatkan hidup Anda.

Klikdokter.com, Jakarta Penyakit kanker merupakan salah satu penyebab kematian utama di seluruh dunia. Terdapat beberapa jenis kanker yang umum ditemui pada wanita, yang harus diperhatikan sejak dini. Mengenali berbagai jenis kanker ini dan apa yang dapat dilakukan untuk mencegahnya dapat membantu menyelamatkan hidup Anda serta orang-orang yang Anda cintai.

  1. Kanker payudara

Kanker payudara adalah kanker yang paling umum terjadi pada wanita baik di negara maju maupun negara berkembang. Jenis kanker ini dapat terjadi pada usia berapa pun, tetapi risikonya meningkat seiring bertambahnya usia. Karena itu, setiap wanita harus mengetahui tentang kanker payudara dan apa yang bisa dilakukan untuk pencegahannya.

Kanker payudara dapat dideteksi secara dini. Menemukan kanker payudara sejak dini merupakan langkah awal yang baik dalam penanganan kanker payudara, karena kanker masih berukuran kecil dan belum menyebar.

American Cancer Society merekomendasikan wanita usia 40 hingga 44 tahun untuk melakukan skrining kanker payudara tahunan dengan mammogram, jika mereka ingin melakukannya. Wanita yang berusia 45 hingga 54 tahun dianjurkan menjalankan mammogram setiap tahun. Sedangkan, wanita berusia 55 tahun ke atas dapat melakukan mammogram setiap 2 tahun.

Beberapa wanita memiliki risiko yang lebih tinggi untuk terkena kanker payudara, karena kecenderungan genetik. Pada wanita dengan risiko yang tinggi, pemeriksaan yang lebih mendetail dengan dokter diperlukan untuk mencegah terjadinya kanker payudara.

  1. Kanker usus besar

    Kanker usus besar juga umum ditemui pada wanita. Wanita yang berisiko lebih tinggi terkena kanker usus besar adalah:

    • Seseorang yang anggota keluarganya memiliki penyakit ini
    • Seseorang yang memiliki polip di usus besar
    • Seseorang yang memiliki penyakit radang usus besar (inflammatory bowel disease)

    Pencegahan kanker usus besar dapat dilakukan dengan melakukan beberapa hal. Konsumsilah banyak serat dan kurangi daging berlemak. Berolahraga secara teratur, minimal 3-4 kali dalam seminggu, dan hindari kelebihan  berat badan. Anda juga dapat mendeteksi dini kanker ini lewat skrining secara berkala, khususnya bagi mereka yang memiliki keluarga dengan riwayat kanker usus serta orang-orang yang berusia 50 tahun.

  1. Kanker serviks

Kanker serviks dapat terjadi pada wanita yang sudah aktif secara seksual. Kanker ini berhubungan dengan infeksi human papillomavirus (HPV), yang ditularkan saat berhubungan seks. Selain itu, kanker serviks juga lebih mungkin terjadi pada wanita yang merokok, mengidap HIV atau AIDS, memiliki gizi buruk, dan yang tidak menjalankan Pap smear rutin.

Pap smear dapat menjadi langkah deteksi dini kanker serviks. American Cancer Society merekomendasikan wanita untuk memulai pemeriksaan kanker serviks pada usia 21 tahun. Wanita yang berusia antara 21 dan 29 tahun dianjurkan menjalani pemeriksaan Pap smear setiap 3 tahun. Sedangkan, wanita berusia antara 30 dan 65 tahun dapat menjalani Pap smear setiap 3 tahun.

Sekarang, Anda sudah mengetahui apa saja jenis kanker yang paling sering menyerang wanita. Cobalah untuk konsisten menjalani hidup sehat demi mencegah penyakit kanker. Lakukan juga pemeriksaan atau skrining untuk mendeteksi dini berbagai jenis kanker ini.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar