Sukses

Bagian Tubuh Mana Saja yang Perlu Tabir Surya?

Supaya tidak terkena dampak buruk sinar ultraviolet dari matahari, bagian tubuh ini wajib diolesi tabir surya secara berkala.

Tabir surya, yang sering disebut sunscreen dan sunblock, adalah pilihan yang tepat untuk melindungi kulit, apalagi bila Anda sering beraktivitas di luar ruangan. Salah satu manfaat menggunakan tabir surya adalah untuk menurunkan risiko kulit terpapar sinar matahari.

Kulit yang terpapar sinar matahari dalam waktu lama akan menjadi kemerahan dan terasa perih. Area kulit bagian manapun yang terbakar akibat sinar matahari berisiko memiliki sel-sel abnormal yang kemudian berkembang menjadi kanker kulit.

Oleh karena itu, penggunaan tabir surya harus rata ke seluruh bagian tubuh untuk membantu menurunkan risiko kanker kulit serta penuaan dini akibat paparan sinar ultraviolet dari matahari.

Berikut adalah bagian-bagian yang tidak boleh Anda lewatkan ketika mengaplikasikan tabir surya untuk tubuh:

1 dari 5 halaman

1. Bibir

Kulit bibir lebih tipis dibandingkan kulit bagian tubuh lainnya, tidak memiliki kelenjar minyak, dan tidak mengandung melanin. Oleh sebab itu, tabir surya diperlukan untuk melindungi bagian tubuh ini.

Sinar matahari mudah membuat bibir kering dan pecah-pecah. Jadi, gunakan pelembap bibir dengan minimal SPF 15 sesering mungkin agar kesehatan bibir selalu terjaga.

Artikel Lainnya: Tips Mengaplikasikan Ulang Tabir Surya Tanpa Merusak Makeup

2. Kulit Sekitar Mata dan Kelopak Mata

Faktanya, kanker kelopak mata mencakup 5 sampai 10 persen dari seluruh kanker kulit. Pemakaian tabir surya dan kacamata hitam pada waktu bersamaan merupakan pertahanan baik terhadap kondisi tersebut.

Oleh sebab itu, pemakaian tabir surya untuk bagian tubuh ini diperlukan. Jangan lupa pilihlah kacamata hitam yang melindungi dari sinar UVA maupun UVB, yang menutupi sebagian besar area mata.

2 dari 5 halaman

3. Antara Dahi dan Garis Rambut

Pria dan wanita yang sedang mengalami penipisan rambut sebaiknya menggunakan topi. Selain itu, bagian atas dahi dan garis rambut juga membutuhkan tabir surya. Pastikan tabir surya tersebut dioleskan hingga garis rambut.

Lalu, berhati-hatilah jika rambut dikepang karena kulit kepala Anda akan rentan pada bagian rambut yang ‘terbagi’. Sebaiknya gunakan tabir surya berbahan dasar gel agar lebih mudah pengaplikasiannya.

Artikel Lainnya: Bolehkah si Kecil Menggunakan Tabir Surya untuk Orang Dewasa?

4. Punggung Tangan dan Ujung Kaki

Penggunaan tabir surya untuk tubuh tidak boleh melupakan bagian punggung tangan dan ujung kaki. Bagian tubuh ini—terutama kulit jari kaki—lebih mudah terbakar jika tidak diolesi tabir surya secara berkala.

Pasalnya, kulit jari kaki tidak terpapar sinar matahari sepanjang tahun sehingga efeknya akan lebih parah ketika terpapar secara langsung.

Jangan lupa untuk mengaplikasikan tabir surya kembali setelah beraktivitas di bawah matahari dalam jangka waktu 2 jam atau lebih.

3 dari 5 halaman

5. Punggung, Belakang Lutut, dan Belakang Telinga

Meski letaknya tidak terlihat langsung oleh mata, bagian-bagian ini jangan sampai lupa untuk dioles tabir surya. Dilansir dari Cleveland Clinic, area telinga merupakan lokasi tersering ketiga untuk terjadinya kanker kulit.

Selain itu, meski punggung dan belakang lutut cenderung tertutup pakaian, tetap saja pakaian tidak dapat memberikan pertahanan yang cukup dari sinar UV.

Artikel Lainnya: Kenali Kadar Minimal dan Maksimal SPF Tabir Surya yang Aman

6. Bagian yang Tertutup oleh Baju dan Celana Renang

Supaya tidak melupakan area ini, sebaiknya aplikasikan tabir surya untuk tubuh sebelum Anda menggunakan baju maupun celana renang.

Pasalnya, sama seperti punggung, sinar UV tetap dapat mencapai kulit walaupun tertutup pakaian. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan tabir surya walaupun tubuh tertutup pakaian.

4 dari 5 halaman

7. Leher dan Dada Bagian Atas

Tabir surya untuk bagian tubuh leher dan dada tidak boleh Anda lupakan. Leher—terutama bagian samping dan belakang—sangat rentan terpapar sinar UV. Hal yang sama juga berlaku pada area dada bagian atas yang tidak tertutup kaos.

Jadi, jangan lupa mengaplikasikan tabir surya pada kedua bagian ini agar perlindungan dari sinar UV lebih menyeluruh.

Pengaplikasian tabir surya diperlukan untuk bagian-bagian tubuh di atas. Selain itu, pastikan juga tabir surya yang Anda gunakan memiliki SPF 30 atau lebih. Jangan lupa juga untuk mengocok tabir surya sebelum digunakan.

Perlu diingat bahwa kulit membutuhkan waktu 15 menit untuk menyerap tabir surya. Karenanya, oleskanlah tabir surya sebelum kulit benar-benar terpapar matahari agar manfaatnya efektif.

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar