Sukses

Vertigo Bisa Disebabkan oleh Gangguan Lambung?

Selain disebabkan oleh gangguan pada otak atau telinga, vertigo juga dikatakan berkaitan dengan gangguan lambung. Benarkah?

Klikdokter.com, Jakarta Penyebab dari pusing berputar alias vertigo memang bermacam-macam. Mulai dari adanya partikel kalsium di kanal telinga dalam, penumpukan cairan pada telinga bagian dalam, infeksi telinga akibat virus, hingga gangguan pada otak. Selain itu, katanya vertigo juga bisa disebabkan oleh gangguan lambung akibat asam lambung yang bergejolak. Apakah ada fakta medis di baliknya?

Menurut dr. Fiona Amelia, MPH, dari KlikDokter, gangguan lambung dan vertigo tidak berhubungan. Sebab, seperti yang sudah disebutkan di atas, timbulnya vertigo umumnya berkaitan dengan gangguan telinga atau otak, sehingga menyebabkan sensasi berputar—bukan karena gangguan pada lambung.

“Ya, gangguan lambung dan vertigo tidak berkaitan. Vertigo itu paling banyak disebabkan oleh gangguan di dalam telinga. Jika ada bagian makula yang lepas, ini bisa memicu pusing berputar,” jelas dr. Fiona.

Munculnya anggapan bahwa gangguan lambung bisa memicu vertigo bukannya tanpa alasan. Sebab, menurut dr. Theresia Risa Yunita dari KlikDokter, selain dapat menimbulkan sensasi tidak nyaman pada perut (seperti nyeri ulu hati, mual, muntah) dan sesak napas, naiknya asam lambung juga kerap menimbulkan pusing. Mungkin, pusing inilah yang sering dikira vertigo oleh awam.

Ditambahkan oleh dr. Nadia Octavia dari KlikDokter penderita gangguan lambung yang disertai hipoglikemia (rendahnya gula darah) terkadang mengalami pandangan yang kabur. Sehingga, pusing yang disertai pandangan kabur tersebut dianggap sebagai vertigo.

1 dari 2 halaman

Vertigo dan gangguan kesehatan lainnya

Sampai di sini, Anda sudah tahu bahwa vertigo tak ada kaitannya dengan gangguan lambung. Namun, dr. Alvin Nursalim, SpPD, dari KlikDokter mengatakan, bahwa ada beberapa kondisi kesehatan lain yang berubungan dengan vertigo, di antaranya adalah:

Sementara itu, ketimbang mengaitkannya dengan penyakit lambung, dr. Alvin Nursalim SpPD dari KlikDokter mengatakan bahwa ada beberapa kondisi kesehatan lain yang berhubungan dengan vertigo, di antaranya:

  • Gangguan irama jantung

Salah satu faktor pemicu pusing berputar yang cukup umum dijumpai adalah gangguan irama jantung. Gangguan ini bisa menyebabkan aliran darah ke otak menurun, sehingga bisa menimbulkan keluhan vertigo.

  • Mabuk perjalanan

“Apabila pusing berputar hanya terjadi saat berkendara (khususnya jarak jauh), bisa jadi Anda mengalami mabuk perjalanan atau motion sickness,” ucap dr. Alvin. Saat berada di dalam kendaraan yang bergerak, penderita motion sickness akan mengalami mual dan pusing berputar.

  • Konsumsi obat-obatan tertentu

Ada beberapa obat-obatan yang setelah diminum memiliki efek samping berupa pusing berputar. “Salah satu jenis obat yang menyebabkan hal tersebut adalah obat tekanan darah tinggi,” kata dr. Alvin.

  • Dehidrasi

Kekurangan cairan dapat menyebabkan keluhan pusing berputar. Turunnya jumlah cairan dalam tubuh dapat berujung pada rendahnya tekanan darah, yang kemudian menyebabkan vertigo. Sehingga, jika Anda mengatasi kondisi ini dengan obat vertigo tapi Anda tidak mencukupi kebutuhan cairan dan membiarkan tekanan darah terlalu rendah, tentu hasilnya akan kurang maksimal.

Penanganan vertigo bisa bermacam-macam, bergantung penyebabnya. Apakah itu rehabilitasi vestibular, terapi reposisi kanalit, obat antibiotik dan steroid, atau pembedahan.

Pembedahan dilakukan jika vertigo disebabkan oleh tumor atau cedera pada otak dan leher. Jika penyebab vertigo adalah penumpukan partikel kalsium di telinga, maka pengobatannya adalah dengan terapi reposisi kanalit. Sementara itu, rehabilitasi vestibular dilakukan untuk menguatkan sistem yang bertugas untuk mengirimkan sinyal ke otak terkait gerakan tubuh.

Jadi, bagi Anda yang mengira vertigo bisa disebabkan oleh gangguan lambung, Anda salah. Dari sudut pandang medis, keduanya tidak berhubungan. Asam lambung biasanya memang bisa sebabkan pusing, tetapi itu bukan vertigo. Bila Anda kebetulan mengalami gangguan lambung yang mengakibatkan pusing atau sakit kepala, obati dulu lambung ketimbang langsung gegabah menelan obat vertigo. Pasalnya, kalau asam lambung sudah tenang, keluhan pusing tentunya ikut mereda.

(RN/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar