Sukses

Kenali Arti Kondisi Rambut bagi Kesehatan Tubuh Anda

Tahukah Anda bahwa kondisi rambut bisa menggambarkan kesehatan tubuh? Ini dia fakta medis selengkapnya.

Klikdokter.com, Jakarta Bukan cuma lemas dan pucat saja yang bisa menjadi indikasi bahwa kondisi tubuh Anda sedang tidak prima. Dilansir dari WebMD, kondisi rambut juga bisa mencerminkan kondisi kesehatan seseorang. Entah itu kondisi rambut yang kering, botak, rontok, dan berketombe, semuanya bisa menandakan adanya sesuatu yang sedang terjadi pada kesehatan tubuh Anda.

Berikut ini beberapa kondisi rambut beserta arti kesehatan di baliknya:

  • Rambut kering

Menurut dr. Fiona Amelia dari KlikDokter, rambut yang kering dan rusak padahal tidak pernah dicat atau mendapatkan styling rambut berlebihan bisa menandakan bahwa tubuh kekurangan multivitamin.

“Orang yang rambutnya rusak kering umumnya mengindikasikan bahwa dirinya kekurangan vitamin A, vitamin E, dan zink,” jelas dr. Fiona.

Jadi, bila Anda sudah melakukan perawatan dari luar tetapi rambut masih saja tidak ada perbaikan yang signifikan, coba perbanyaklah konsumsi makanan alami yang mengandung vitamin tersebut.

  • Rambut rontok

Rontoknya rambut secara berlebihan (lebih dari 50–100 helai per hari) bisa menjadi pertanda bahwa penderitanya mengalami gangguan tiroid dan malnutrisi.

“Tapi di luar masalah gangguan tiroid dan malnutrisi, orang yang rambutnya rontok berlebihan juga menandakan bahwa ia seorang penderita kanker yang tengah mendapatkan pengobatan kemoterapi,” dr. Fiona menambahkan.

Dari sekian banyak kondisi, rambut rontok adalah yang paling banyak menandakan sesuatu. Misalnya saja, saat Anda tengah mengonsumsi obat penurun kolesterol, antidepresan, obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), obat menopause, obat kontrol kelahiran, serta antibiotik. Rambut akan kembali seperti sedia kala saat konsumsi obat tersebut dihentikan.

  • Rambut berketombe kuning dan berminyak

Bila serpihan ketombe mengandung minyak dan berwarna kuning, kemungkinan besar Anda menderita dermatitis seboroik. Ini merupakan kondisi kulit yang meradang dan umumnya terjadi pada kulit yang memiliki kelenjar minyak, seperti kepala dan wajah.

Dilansir dari WebMD, munculnya dermatitis seboroik sering dikaitkan dengan penyakit hormonal, infeksi jamur, bahkan beberapa kondisi neurologis seperti penyakit Parkinson hingga HIV.

  • Botak di bagian tertentu

Coba perhatikan, apakah terdapat pitak di kepala Anda? Bila ya, dr. Fiona mengatakan bahwa kemungkinan besar Anda mengalami alopecia areata. Keadaan tersebut disebabkan oleh infeksi jamur, tetapi juga bisa disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang secara keliru menyerang folikel rambut.

  • Muncul uban meski masih muda

Bila usia masih belia tetapi rambut sudah beruban, kemungkinan besar Anda mengalami anemia, gangguan tiroid, kekurangan vitamin B12, dan vitiligo (hilangnya pigmentasi). Selain itu, munculnya uban di rambut orang muda juga menandakan bahwa ia sensitif terhadap bahan kimia dalam produk perawatan rambutnya.

Tak cuma rambut di kepala yang bisa mencerminkan kondisi kesehatan seseorang. Dilansir dari salah satu artikel KlikDokter, rambut kemaluan juga dapat menunjukkan kondisi kesehatan Anda sesungguhnya. Contohnya, saat rambut kemaluan tumbuh terlalu cepat dan banyak padahal baru saja dicukur, ada kemungkinan bahwa Anda memiliki permasalahan hormonal.

Kendati demikian, jangan terlalu khawatir bila Anda melihat rambut kemaluan bertambah tipis dan berubah menjadi warna putih alias ubanan. Sebab, menurut seorang ahli ginekologi bernama Raquel Dardik, hal itu lumrah terjadi dan menandakan bahwa Anda semakin “berumur”.

Jadi, kondisi rambut seperti apa yang Anda miliki saat ini? Bila Anda sudah melakukan perawatan dari luar namun kondisi rambut masih saja seperti itu, berarti ada yang salah dengan tubuh bagian dalam Anda. Jika sudah begitu, cobalah minta bantuan yang tepat kepada dokter agar gangguan kesehatan yang Anda alami bisa segera diobati dan kondisi rambut juga ikut membaik.

(NB/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar