Sukses

Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Harus Anda Miliki

Menyiapkan perlengkapan bayi baru lahir akan membantu dan memudahkan Anda saat si Kecil lahir. Apa saja perlengkapan yang diperlukan?

Klikdokter.com, Jakarta Perasaan saat menyambut bayi yang baru lahir memang campur aduk: gembira, antusias, sekaligus sedikit bingung. Mengapa bingung? Karena Anda akan dibuat pusing oleh ratusan peralatan dan perlengkapan bayi baru lahir yang ditawarkan di toko. Lalu mana yang benar-benar dibutuhkan si Kecil?

Buatlah jadwal dan daftar

Kelahiran bayi adalah momen yang sangat dinantikan oleh setiap calon orang tua. “Tak jarang, momen ini menimbulkan kepanikan, karena bingung mempersiapkan sederet perlengkapan bayi yang diperlukan,” kata dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter.

Untuk itu, sebelum sang bayi lahir, dr. Sepriani menyarankan para calon orang tua untuk membuat jadwal waktu berbelanja dan daftar belanjaan.

“Untuk waktu berbelanja, sebaiknya Anda mulai belanja 1–2 bulan sebelum taksiran persalinan, saat kondisi ibu masih kuat,” ujar dr. Sepriani.

“Selanjutnya, jangan lupa untuk menyiapkan daftar belanja, agar tak ada yang terlewat. Beberapa hal harus Anda perhatikan, seperti pastikan Anda tidak membeli terlalu banyak pakaian di bulan pertama,” kata dia.

Ini karena pertumbuhan bayi masih sangat cepat. “Pastikan juga Anda membeli barang yang terstandar, yang aman untuk bayi,” ujar dr. Sepri lagi.

Kebutuhan dasar bayi baru lahir

Setelah waktu dan daftar belanja didapat, saatnya Anda membeli barang-barang kebutuhan bayi! Dilansir dari WebMD, berikut kebutuhan dasar yang harus dimiliki bayi baru lahir.

  • Popok dan tas popok

Popok kain atau popok sekali pakai? Menurut Allison Coleman, pendiri Austin Baby Guru, semua kembali pada keluarga masing-masing. "Setiap keluarga dapat memutuskan mana yang terbaik, tergantung kebutuhan dan kondisi masing-masing," kata dia.

Apa pun yang Anda pilih, yang penting adalah mencukupi persediaan. Menurut Coleman, bayi baru lahir setidaknya membutuhkan empat popok dan enam popok basah setiap hari. Anda juga membutuhkan tas popok untuk membawa beberapa popok, bedak, minyak bayi, beberapa baju ganti bayi, dan lain-lain.

  • Peralatan minum susu

Saat lahir, beberapa bayi tidak mengonsumsi ASI karena beberapa alasan. Oleh karena itu, Anda perlu menyiapkan botol susu yang aman untuk bayi. Bagi Anda yang memberikan ASI, Anda juga dapat menyiapkan botol susu dan kantong penampung ASI sebelum disimpan. Anda dapat juga menyiapkan alat untuk menstrerilkan botol susu (bottle sterilizer), bantal menyusui, dan tas untuk menyimpan ASI perah.

  • Pakaian dan peralatan dasar

Seperti diungkapkan dr. Sepriani sebelumnya, Anda tidak perlu membeli pakaian bayi terlalu banyak. Bayi Anda akan tumbuh lebih cepat dari yang Anda duga, dan pakaian-pakaian tersebut tidak akan muat lagi. Yang penting, beli pakaian dari bahan yang nyaman bagi bayi.

“Siapkan baju lengan panjang dan pendek, celana panjang dan pendek, popok kain, sarung tangan dan kaki, kain bedong, serta topi,” kata dr. Sepri. Untuk pakaian, sebaiknya Anda membeli sebanyak setengah lusin tiap jenisnya. Ini untuk mengantisipasi pertumbuhan bayi yang cepat.

Selain pakaian, bayi baru lahir juga membutuhkan bantal, selimut, gendongan, kaus kaki, tisu basah, tisu kering, dan kapas.

  • Peralatan mandi

Peralatan mandi adalah hal yang harus Anda miliki. Oleh karena itu, siapkan bak mandi khusus bayi, kain waslap lembut, handuk, sampo bayi, dan sabun bayi.

  • Persiapan ketika sakit

Jika bayi sakit atau terluka, Anda sudah siap dengan pertolongan pertama. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk menyiapkan termometer digital di rumah. Selain itu, beberapa obat yang dapat Anda sediakan di rumah antara lain krim ruam, krim antibakteri, perban kecil, serta gunting bayi. Ingatlah bayi di bawah 6 bulan tidak boleh sembarang diberikan obat-obatan. berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter.

Tak cuma bayi, Anda juga perlu “memperlengkapi diri” sebagai seorang ibu. “Ini meliputi pakaian dalam khusus menyusui, apron atau penutup saat menyusui, bantal menyusui, pembalut nifas, pompa ASI,” kata dr. Sepriani.

Pastikan hal-hal tersebut sudah siap sebelum sang bayi lahir di dunia. Perlengkapan bayi baru lahir yang lengkap dapat memudahkan Anda dalam merawat si Kecil di hari-hari pertama setelah kelahirannya. Selain itu, selalu perhatikan kualitas peralatan bayi Anda. Pastikan bahwa peralatan tersebut berkualitas baik dan aman untuk bayi. Baca juga artikel ini untuk menambah wawasan Anda tentang perlengkapan bayi yang harus dimiliki.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar