Sukses

Manfaat Melamun untuk Meningkatkan Kesehatan Mental

Kerap dianggap buruk, melamun ternyata memiliki manfaat. Apa saja sebenarnya manfaat melamun? Yuk, simak fakta lengkapnya berikut ini!

 

“Jangan banyak-banyak melamun, nanti kesurupan, lho!” Begitulah komentar yang sering muncul jika ada seseorang tertangkap basah sedang melamun.

Belum lagi, melamun kerap dikaitkan dengan perilaku malas dan stres berat. Padahal, ada beberapa manfaat melamun bagi otak.

Tak perlu merasa aneh atau bersalah jika Anda suka melamun sesekali. Berbagai penelitian telah dilakukan untuk mencari manfaat melamun, yaitu termenung sambil pikiran melayang kemana-mana. 

Faktanya, melamun memiliki manfaat tersendiri dalam meningkatkan kesehatan mental secara umum. Apa saja manfaat melamun?

1. Membuat Pikiran Kembali Fokus

Saat sedang bekerja, sebagian besar dari Anda ada yang menunggu waktu istirahat siang. Istirahat sangat penting demi kesehatan dan produktivitas dalam bekerja.

Nah, melamun dapat dianggap sebagai istirahat sejenak bagi pikiran. Dengan demikian, melamun dapat membuat pikiran Anda bisa kembali fokus.

Artikel Lainnya: Cara Menjaga dan Memperbaiki Kesehatan Mental

1 dari 3 halaman

2. Meningkatkan Daya Ingat

Penelitian yang dilansir dari jurnal Psychological Science mengatakan bahwa pikiran yang melayang kemana-mana atau melamun berhubungan dengan daya ingat saat bekerja. 

Melamun dianggap dapat membantu mempertahankan dan mengingat suatu ingatan.

3. Meningkatkan Kreativitas

Banyak penelitian yang mencari tahu hubungan antara melamun dengan kreativitas. Kendati begitu, penelitian menyatakan hasil yang beragam. 

Banyak juga yang mengatakan ada jenis melamun yang bermanfaat bagi kreativitas karena dapat menggali ide-ide baru dan menghasilkan suatu inovasi.

4. Meningkatkan Produktivitas 

Pada dasarnya melamun merupakan sesi istirahat sejenak bagi pikiran. Setelah melamun, kemungkinan Anda bisa kembali bekerja dengan pikiran yang fresh atau lebih jernih.

Berbagai penelitian mengamini hal ini. Orang yang sering melamun diketahui lebih mampu menggapai cita-cita yang dipikirkannya. 

Artikel Lainnya: Ciri-Ciri Orang yang Terjebak dalam Toxic Productivity

2 dari 3 halaman

5. Membantu Memahami Diri Sendiri

Penelitian yang dirilis oleh SAGE Journals menyatakan melamun berhubungan dengan autentisitas atau kemampuan memahami diri sendiri seutuhnya.

Melamun menandakan Anda mampu mengenali diri sendiri lebih dalam, terutama  bagaimana mengekspresikan apa yang Anda rasakan dan mengenal kelebihan serta kekurangan diri. Dengan demikian, Anda bisa meningkatkan kesejahteraan diri sendiri.

6. Mengelola Stres

Stresor atau hal yang menyebabkan stres pasti akan ada dalam kehidupan sehari-hari. Anda tidak bisa menghindarinya, sehingga yang perlu dilakukan adalah mengelolanya.

Melamun dapat menjadi salah satu cara untuk membantu mengelola stres. Melamun membuat pikiran beristirahat sejenak dan Anda bisa menenangkan diri untuk tidak terlalu memikirkan masalah yang sedang dihadapi.

7. Membuat Bahagia

Manfaat melamun bagi otak juga membuat Anda jadi lebih bahagia. Harus diakui bahwa melamun adalah hal yang menyenangkan dengan membayangkan hal-hal atau cita-cita yang Anda fantasikan. Tidak ada salahnya sesekali melamun untuk membuat perasaan bahagia. 

Cari tahu informasi kesehatan lainnya dengan membaca artikel di aplikasi KlikDokter.

(OVI/JKT)

Referensi:

NCBI. Diakses 2021. The Richness of Inner Experience: Relating Styles of Daydreaming to Creative Processes

Sage Journal. Diakses 2021. Daydreaming Styles Are Related to Authenticity.

0 Komentar

Belum ada komentar