Sukses

Cara Mengatasi Jet Lag yang Efektif dan Patut Dicoba

Jet lag sering terjadi sesudah perjalanan, terutama setelah naik pesawat. Bagaimana cara mengatasi jet lag yang efektif? Simak lengkapnya di sini.

Pernah mengalami lelah dan linglung setelah perjalanan panjang menggunakan pesawat? Hal itu disebut dengan jet lag. Kondisi jet lag merupakan respons tubuh yang wajar ketika seseorang mengalami perubahan zona waktu secara ekstrem. 

Gejala utama yang dialami adalah rasa kantuk di pagi dan siang hari, namun justru sulit tidur pada malam hari. Jet lag disebabkan oleh irama sirkadian tubuh yang terganggu. Irama sirkadian merupakan jam alami tubuh yang mengatur agar kondisi badan sesuai dengan waktu setempat. 

Jet lag yang mengganggu pola tidur dapat membuat kondisi tubuh tidak prima. Apabila Anda akan menghadapi perjalanan panjang yang membelah zona waktu, sebaiknya ketahui bagaimana cara mengatasi jet lag terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa cara cepat mengatasi jet lag.

1 dari 4 halaman

1. Istirahat Cukup Sebelum Terbang

Karena semangat ingin bepergian ke suatu tempat atau akibat packing barang yang tak kunjung usai, banyak orang mengabaikan pentingnya istirahat cukup sebelum terbang. 

Hal ini merupakan kesalahan yang harus dihindari. Sebab, tidur malam yang nyenyak dan cukup sebelum bepergian membuat tubuh jadi lebih siap untuk mengatasi jet lag. 

2. Tiba Lebih Cepat

Ketika Anda bepergian jauh dengan pesawat untuk menghadiri rapat atau pertemuan penting, ada baiknya untuk tiba lebih cepat. Dengan begitu tubuh bisa menyesuaikan diri sebelum acara penting itu tiba. Hal ini perlu diperhatikan karena jet lag bisa memengaruhi fokus dan konsentrasi Anda.

Artikel Lainnya: Ini Cara Hindari Jet Lag setelah Perjalanan Panjang Pesawat

3. Pilih Jadwal Penerbangan yang Tepat

Apabila memungkinkan, pilih jadwal penerbangan yang sampai tempat tujuan pada siang hari. Selain itu, waktu terbang di malam hari bisa membuat Anda beristirahat sesaat di pesawat, walaupun umumnya tak bisa terlalu nyenyak. 

Sampai di tujuan pada siang hari dapat membuat Anda tetap awas dan menyesuaikan diri dengan mudah. 

2 dari 4 halaman

4. Menikmati Waktu di Bawah Sinar Matahari Ketika Sampai

Saat perjalanan pulang kembali ke tanah air, ada baiknya Anda mencoba menghabiskan waktu di bawah sinar matahari. Dengan begitu, tubuh akan lebih cepat mengatur ritme sirkadiannya kembali ke status awal.

5. Atur Paparan Sinar Matahari

Sinar matahari memiliki peranan utama dalam mengatur ritme sirkadian tubuh. Maka, mengatur paparan sinar matahari bisa membantu Anda mengatasi jet lag dengan cepat.

Secara umum, aturannya adalah mencocokkan antara paparan cahaya dengan zona tujuan.  Paparan terhadap cahaya lampu malam hari akan membantu tubuh beradaptasi lebih cepat terhadap perjalanan ke arah barat (zona waktu yang lebih lama dibanding biasanya).

Sedangkan paparan terhadap sinar matahari akan membantu tubuh beradaptasi ke zona waktu yang lebih cepat (bila bepergian ke daerah timur).

Artikel Lainnya: 6 Pilihan Camilan Sehat Saat Berada di Bandara

6. Hindari Konsumsi Minuman Berkafein dan Alkohol

Hindari mengonsumsi alkohol dan minuman berkafein, seperti teh, kopi, atau minuman berenergi. Minuman tersebut dapat memengaruhi kemampuan tubuh untuk tidur dan mempersulit Anda untuk pulih dari jet lag. 

3 dari 4 halaman

7. Berolahraga Rutin Sebelum dan Sesudah keberangkatan

Menurut penelitian, olahraga dapat membantu melawan gangguan irama sirkadian akibat jet lag. Peneliti menganalisis efek olahraga kepada 51 peserta berusia 59 hingga 75 tahun dan 48 peserta studi berusia 18 hingga 30 tahun. 

Mereka mengukur ritme sirkadian para partisipan dan bagaimana olahraga memengaruhi mereka selama 5,5 hari. Dari pengukuran dan kadar melatonin, ditemukan bahwa olahraga bisa memengaruhi jam sirkadian seseorang.

Maka, tetaplah berolahraga rutin bahkan sebelum keberangkatan. Selain berpotensi mengatasi jet lag, olahraga memiliki segudang manfaat lainnya. Manfaat olahraga, seperti menjaga performa tubuh, mencegah otot dan sendi jadi kaku, menjaga kesehatan jantung, paru-paru, dan pembuluh darah, hingga mengeluarkan hormon bahagia di tubuh.

Artikel Lainnya: 6 Tips Mengatasi Jetlag untuk Jemaah Calon Haji

8. Atur Asupan Makan

Mengatur asupan makan dapat menjadi cara mengatasi jet lag dengan cepat. Anda disarankan untuk mengonsumsi sayuran dan buah, serta batasi asupan makanan tak sehat. Makanan yang sehat dapat membantu tubuh Anda untuk dapat berfungsi secara optimal.

9. Konsumsi Air dalam Jumlah Cukup

Dengan mengonsumsi air sekitar 8 gelas per hari, tubuh akan terhindar dari dehidrasi. Dehidrasi adalah kondisi yang dapat memperparah jet lag dan berpotensi mengganggu pemulihan tubuh dari jet lag.

Jet lag bisa membaik dengan sendirinya tanpa penanganan khusus. Biasanya jet lag akan mereda setelah beberapa hari Anda sampai di tempat tujuan. Namun, Anda bisa melakukan tips yang telah dijelaskan agar dapat mengatasi jet lag lebih cepat.

Temukan informasi atau tips kesehatan lainnya dengan membaca artikel di aplikasi Klikdokter.

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar