Sukses

6 Tips Diet untuk Penderita Osteoartritis

Supaya osteoartritis tidak sampai menyebabkan gangguan berlanjut, pola diet ini sangat disarankan untuk dilakukan oleh penderitanya.

Klikdokter.com, Jakarta Osteoartritis merupakan penyakit yang menyerang persendian dan dapat terjadi pada siapa saja. Menurut keterangan dr. Muhammad Anwar Irzan kepada KlikDokter, kemungkinan terjadinya penyakit tersebut akan semakin tinggi bila Anda adalah orang lanjut usia, punya riwayat keluarga dengan penyakit serupa, berjenis kelamin wanita, dan mengalami obesitas atau berat badan berlebih.

Secara umum, osteoartritis menyebabkan keluhan nyeri yang timbul akibat adanya gangguan pada tulang, lapisan sendi, atau otot di sekeliling sendi. Penyakit ini dapat terjadi secara berkelanjutan, namun penderita tetap bisa mengendalikan kondisi agar gejala tidak kambuhan.

Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh penderita osteoartritis agar penyakitnya tak mudah kambuh adalah menerapkan diet sehat. Berikut adalah tipsnya:

  1. Potong kalori

Sendi, khususnya lutut, akan terasa lebih baik jika Anda menjaga pinggang tetap ramping. Ketika Anda menurunkan berat badan, Anda akan mengurangi tingkat tekanan pada sendi.

Cara yang baik untuk mewujudkan hal itu adalah dengan menurunkan jumlah kalori. Caranya, ambil porsi makan yang lebih kecil, hindari makanan maupun minuman manis, serta tingkatkan konsumsi sumber nabati.

  1. Makan lebih banyak buah dan sayur

Buah dan sayuran mengandung antioksidan ― zat yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Oleh karena itu, keduanya sangat baik untuk dimakan pada porsi yang sedikit lebih besar.

  1. Tambahkan asam lemak omega-3

Omega-3 dapat membantu meringankan nyeri sendi dan mengurangi kekakuan di pagi hari. Asam lemak esensial tersebut bekerja dengan mengurangi peradangan di dalam tubuh Anda.

Untuk mendapatkan pasokan omega-3 yang cukup, makan 2 ikan laut seberat 3 ons setiap minggu. Beberapa pilihan ikan yang baik, termasuk ikan salmon, herring, tuna, dan sarden.

  1. Gunakan minyak zaitun

Studi menunjukkan bahwa senyawa dalam minyak zaitun yang disebut oleocanthal dapat membantu mencegah peradangan. Senyawa tersebut bekerja dengan cara yang sama seperti NSAID (obat anti-inflamasi nonsteroid).

Sekitar 3 1/2 sendok makan minyak zaitun menawarkan manfaat serupa dengan 200 miligram ibuprofen. Tetapi, minyak sebanyak itu juga memberi Anda sekitar 400 kalori.

  1. Dapatkan cukup vitamin C

Elemen kunci untuk sendi sehat adalah konsumsi vitamin C, yang membantu membangun kolagen dan jaringan ikat. Buah jeruk, paprika merah, stroberi, brokoli, kol, dan kangkung adalah beberapa jenis sumber vitamin C yang dapat Anda jadikan pilihan untuk dikonsumsi setiap hari. Jumlah vitamin C yang direkomendasikan adalah 75 miligram per hari untuk wanita, dan 90 miligram per hari untuk pria.

  1. Hindari memasak dengan suhu tinggi

Daging yang dimasak pada suhu tinggi menghasilkan senyawa yang dapat menyebabkan peradangan di tubuh Anda. Senyawa yang disebut produk akhir glikasi lanjut (AGEs) tersebut sangat terkait dengan radang sendi, penyakit jantung, dan diabetes. AGEs adalah protein atau lipid yang mengalami glikasi setelah terekspos gula.

Kendalikan osteoartritis dengan menerapkan tips di atas dengan saksama. Jangan lupa untuk melakukannya secara konsisten dan berkelanjutan, serta dampingi dengan penerapan gaya hidup sehat dan sehat. Dengan demikian, osteoartritis tidak akan kambuh sehingga aktivitas tetap lancar dan kualitas hidup terus terjaga optimal.

(NB/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar