HomeGaya hidupDiet dan NutrisiMinum Susu Cokelat, Cara Ampuh Usir Badan Lemas
Diet dan Nutrisi

Minum Susu Cokelat, Cara Ampuh Usir Badan Lemas

dr. Sara Elise Wijono MRes, 30 Agu 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Susu cokelat dipercaya ampuh untuk mengatasi badan lemas. Benarkah manfaat susu cokelat untuk badan lemas tersebut? Simak di sini.

Minum Susu Cokelat, Cara Ampuh Usir Badan Lemas

Badan lemas merupakan keluhan yang umumnya terjadi setelah melakukan aktivitas berat. Apa Anda sering merasakan keluhan tersebut? Jika ya, cobalah minum segelas susu cokelat.

Susu cokelat mungkin identik dengan minuman anak-anak. Walau demikian, tak disangka minuman ini dapat menjadi pilihan baik bagi orang dewasa dengan keluhan badan lemas.

Manfaat Susu Cokelat untuk Badan Lemas

Susu cokelat mengandung sejumlah karbohidrat, protein, dan lemak, serta air dan elektrolit.

Kombinasi semua zat gizi tersebut disinyalir mampu mengembalikan tenaga yang telah terkuras setelah melakukan aktivitas berat, seperti berolahraga. Karenanya, susu cokelat dapat membantu mengusir badan lemas.

Para peneliti melakukan tinjauan terhadap bukti yang ada untuk mencari tahu lebih lanjut bagaimana susu cokelat bisa memberikan pengaruh baik pada tubuh selama dan setelah olahraga.

Para peneliti yang berbasis di Universitas Ilmu Kedokteran Shahid Sadoughi di Yazd, Iran, melakukan dua belas studi kecil.

Sekitar 150 peserta terlibat dalam studi, sebagian besar dari mereka adalah orang yang suka olahraga lari atau bersepeda.

Artikel Lainnya: Pilihan Susu Terbaik untuk Penderita Kolesterol Tinggi

Setelah menghitung, membandingkan, dan mengukur bersama dengan faktor-faktor lain (seperti lamanya waktu yang dibutuhkan untuk merasa kelelahan secara fisik, tingkat tenaga, dan detak jantung), para peneliti menemukan sebuah hasil mengejutkan.

Peserta studi yang minum susu cokelat ditemukan dapat berolahraga selama satu menit lebih lama sebelum kelelahan. Hasil ini dibandingkan dengan mereka yang diberi placebo.

Partisipan yang minum susu cokelat juga bisa berolahraga enam menit lebih lama dibandingkan yang mengonsumsi minuman olahraga.

Berdasarkan temuan tersebut, susu cokelat diyakini menjadi pilihan murah dan lezat untuk pemulihan setelah berolahraga. Minuman tersebut juga menyediakan efek serupa atau lebih superior ketimbang minuman lainnya.

Cara Minum Susu Cokelat untuk Atasi Lemas

Kendati bisa memberikan manfaat yang signifikan, konsumsi susu cokelat tetap perlu dibatasi. Hal ini dikatakan oleh ahli diet dan juru bicara British Dietetic Association, Aisling Pigott.

Aisling Pigott mengatakan, jika minum susu cokelat setiap hari dengan tingkat aktivitas rendah atau sedang, asupan gula dan kalori akan bertambah banyak. Pada akhirnya hal ini bisa menyebabkan kenaikan berat badan.

Konsumsi susu cokelat mengacu pada mereka yang membutuhkan energi tinggi untuk melakukan aktivitas berat.

Minum susu cokelat bisa menjadi cara mengatasi badan lemas, khususnya yang disebabkan aktivitas berat. Namun, kenali juga penyebab badan lemas. Jika tidak disebabkan aktivitas berat, mungkin bukan susu cokelat solusinya.

Artikel Lainnya: Waspada Badan Lemas karena Asam Lambung

Agar tetap menyehatkan, perhatikan jumlah gula pada susu cokelat. Minuman ini cenderung manis dan tinggi gula.

Jika memungkinkan, buat sendiri susu cokelat dari susu yang dicampur bubuk cokelat murni. Jadi, bisa lebih mudah membatasi asupan gula.

Untuk memaksimalkan manfaat susu cokelat dalam mengatasi badan lemas, coba minum dalam keadaan dingin setelah berolahraga berat. Anda juga dapat membekukannya dan dimakan sebagai es susu.

Kesimpulannya, susu cokelat memang bisa menjadi solusi untuk mencegah sekaligus mengatasi badan lemas setelah melakukan aktivitas berat. Akan tetapi, konsumsinya tetap perlu dibatasi.

Bila ingin tanya lebih lanjut seputar cara mengatasi badan lemas, konsultasi lewat LiveChat dokter.

(FR/AYU)

Susu CokelatBadan Lemas

Konsultasi Dokter Terkait