Kesehatan Umum

Badan Lemas di Tengah Minggu? Pulihkan dengan Akupunktur

dr. Vika Damay, 09 Feb 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Baru tengah minggu, tapi badan malah terasa lemas? Jangan khawatir, terapi akupunktur bisa menjadi solusi.

Badan Lemas di Tengah Minggu? Pulihkan dengan Akupunktur

Hari baru memasuki tengah minggu, Anda dihadapkan pada sejumlah tugas dan kegiatan. Namun, Anda malah merasakan badan lemas hingga tak sanggup menyelesaikan tugas yang diberikan.

Kalau ini yang sedang Anda alami, jangan cemas. Anda bisa mencoba terapi akupunktur sebagai salah satu cara mengatasi badan lemas.

Terapi tradisional asal negeri Tiongkok ini telah diakui oleh dunia medis sebagai pengobatan yang manjur, lho.

Metode akupunktur melibatkan penusukan jarum yang tipis ke dalam kulit pada berbagai titik strategis di kulit. Badan lemas, pegal, dan linu dapat pula dipulihkan dengan akupunktur.

Bagaimana cara kerjanya? Simak ulasan berikut ini.

Manfaat Terapi Akupunktur untuk Atasi Lemas

Manfaat akupunktur sebagai terapi untuk badan lemas diperoleh melalui beberapa cara, di antaranya: 

1. Mendorong Pelepasan Sel Induk

Akupunktur mendorong pelepasan sel induk yang dapat membantu tendon dan perbaikan jaringan lain.

Terapi akupunktur juga mampu menghasilkan zat antiinflamasi yang berhubungan dengan penyembuhan fisik.

Artikel Lainnya: Terapi Bekam dan Akupunktur, Mana Lebih Baik untuk Obati Penyakit?

2. Meningkatkan Sirkulasi di Pembuluh Darah Kecil

Jarum yang digunakan pada akupunktur memicu kulit untuk melakukan pelepasan molekul oksida nitrat, sebagai gas yang meningkatkan sirkulasi di pembuluh darah terkecil.

Nah, pelepasan tersebut membawa zat yang dapat membantu menghilangkan rasa sakit dan mengurangi peradangan. Sirkulasi mikro ini sangat penting untuk proses penyembuhan.

3. Memiliki Efek pada Sistem Saraf

Akupunktur memiliki efek dramatis pada sistem saraf, yakni menenangkan Anda sehingga tubuh dapat meremajakan diri lebih cepat.

Ketika dimasukkan, jarum menstimulasi saraf kecil di bawah kulit, memicu reaksi berantai yang mengurangi rasa stres.

4. Membantu Relaksasi Badan

Terapi akupunktur bermanfaat untuk melemaskan otot, memperlambat detak jantung, dan mengurangi peradangan untuk meningkatkan penyembuhan. Dengan begitu, Anda pun jadi lebih relaks. 

Selain itu, efek samping yang ditimbulkan terapi ini pun cukup minim, yakni pendarahan kecil dan rasa sakit sedikit seperti disuntik.

5. Meningkatkan Imunitas

Terapi akupunktur bisa membantu penderita alergi. Pasalnya, terapi ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga mampu menangkal segala jenis alergen (pemicu alergi).

Akupunktur juga dapat mengatasi masalah usus, termasuk sindrom iritasi usus.

Artikel Lainnya: Efektifkah Suntik Vitamin C Atasi Badan Lemas?

6. Mengurangi Stres

Sebuah penelitian menemukan bahwa akupunktur juga bermanfaat untuk kesehatan mental, yakni mengurangi perasaan stres hingga tiga bulan setelah perawatan.

Penelitian tersebut dilakukan di Georgetown University Medical Center. Tikus percobaan diberikan elektro-akupunktur. Hasilnya, tingkat kadar stres mereka lebih rendah dibandingkan yang tidak diberi terapi.

Aturan Akupunktur untuk Mengatasi Lemas

Bagaimana terapi akupunktur dilakukan untuk mengatasi badan lemas? Berikut aturan-aturan yang perlu diperhatikan:

  • Sebelum memulai terapi, dilakukan konsultasi terlebih dahulu dengan praktisi akupunktur. Dengan begitu, penyebab dari kelelahan yang dirasakan dapat ditentukan.
  • Makan sebelum menjalani terapi akupunktur 2 jam sebelumnya. Namun, pastikan Anda tidak terlalu kenyang. Hindari juga konsumsi kopi karena memiliki efek stimulan.
  • Gunakan pakaian yang longgar agar lebih mudah dalam menempelkan jarum akupunktur.
  • Praktisi akupunktur akan memberitahukan bagian mana dari tubuh Anda yang akan ditusuk jarum. Satu kali prosedur pengobatan, dapat menggunakan 5 sampai 20 jarum yang ditusukkan dengan manipulasi menggunakan listrik.
  • Selain menggunakan jarum, terapi juga meliputi moxibustion dan penggunaan terapi topikal untuk menciptakan energi hangat.

Ketika Anda mengalami badan lemas di tengah minggu yang sibuk, Anda dapat menyempatkan diri untuk menjalani akupunktur sejenak. Jangan lupa pilih tempat terapi yang sudah terdaftar dan diakui lembaga formal setempat.

Anda juga sebaiknya berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu sebelum melakukan akupunktur atau pengobatan tradisional lainnya.

Anda dapat berkonsultasi kepada dokter lebih mudah melalui Live Chat di aplikasi KlikDokter.

[WA]

AkupunkturterapiBadan Lemas

Konsultasi Dokter Terkait