Sukses

5 Kesalahan Kecil yang Sering Dilakukan dalam Hubungan Seks

Apakah Anda kerap melakukan lima kesalahan kecil dalam hubungan seks di bawah ini? Simak selengkapnya.

Klikdokter.com, Jakarta Hubungan seks adalah salah satu hal  penting dalam kehidupan pasangan suami dan istri. Tidak hanya bermanfaat secara psikis, menurut dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter, berhubungan seks juga menawarkan berbagai manfaat untuk kesehatan fisik.

“Mulai dari berat badan yang terjaga ideal, menurunkan risiko depresi, hingga berkurangnya risiko penyakit jantung dapat diperoleh,” kata dr. Dyan Mega.

Namun sayang, terkadang beberapa kesalahan kecil dapat membuat kualitas hubungan seks dapat menurun. Dilansir dari Reader’s Digest, kesalahan tersebut antara lain:

1. Malu membicarakan seks

Dewasa ini, dibandingkan mendiskusikan hal-hal terkait seks, pasangan suami-istri lebih memilih untuk langsung praktik. Banyak di antara Anda yang merasa malu berbicara seks, bahkan mungkin tidak dapat mengutarakannya sama sekali.

Sebetulnya, tanpa komunikasi yang baik, pasangan sering kali mendapati diri mereka melakukan hubungan seks yang memuaskan. Bahkan mungkin, Anda bisa jadi tidak merasa ingin berhubungan seks kembali dan bisa menjadi mimpi buruk.

Seks dapat memberikan sejumlah manfaat penting, misalnya membangun keintiman, memberi manfaat pada kesehatan, bahkan meningkatkan umur menjadi panjang. Sempatkan waktu untuk membicarakan seks dengan pasangan agar kualitas hubungan lebih baik.

2. Memikirkan orgasme pasangan

Biasanya, Anda merasa tersinggung atau bahkan malu apabila pasangan tidak orgasme atau tak terangsang. Alih-alih kecewa, bersabarlah untuk melihat apakah Anda dapat menemukan jalan menuju stimulasi dan orgasme bersama.

Ketika berhubungan seks, seharusnya Anda tidak hanya berfokus pada kesenangan pasangan. Anda juga harus menikmati seks tersebut. Jangan pula mengandalkan pasangan untuk membantu Anda orgasme.

Hal tersebut biasanya dapat membuat Anda kecewa dan menyebabkan stres yang tidak perlu. Nikmatilah hubungan seks dengan pasangan. Fokuslah untuk saling memuaskan agar mendapatkan kebahagiaan yang maksimal.

3. Meremehkan pentingnya seks bagi pasangan

Dalam pernikahan, biasanya ketidakcocokan libido dapat menjadi sebuah bumerang yang besar. Sebab pada dasarnya, Anda yang memiliki libido tinggi mungkin merasa seolah-olah menjadi korban untuk objek gairah bagi pasangan.

Jangan sampai meremehkan pentingnya seks bagi pasangan. Sebaliknya, Anda dianjurkan untuk menemukan cara agar dapat memenuhi hasrat seks berdasarkan kebutuhan. Lagi-lagi, kunci yang tepat adalah membicarakannya secara terbuka dengan pasangan.

4. Tidak membuat kontak mata

Menatap secara mendalam saat melakukan hubungan seks mungkin akan terlihat seperti film-film roman. Namun ternyata, hal tersebut merupakan sebuah formula yang dapat memberikan dampak positif dalam kehidupan nyata.

Kontak mata yang berkepanjangan berakibat tidak nyaman, atau bahkan membuat Anda membuang muka atau sedikit tertawa. Namun, apabila hal tersebut Anda lupakan, bisa jadi Anda kehilangan kesempatan untuk memperdalam hubungan seksual dengan pasangan.

Faktanya, melihat seseorang di mata bukan hanya tentang rasa hormat saja, tapi juga untuk membangun koneksi. Hal tersebut dapat Anda latih, meski butuh keberanian dan rasa aman tentunya.

5. Menganggap bahwa seks adalah kotor

Masih banyak orang berpikir bahwa seks itu kotor. Padahal, menurut dr. Sara Elise Wijono M.Res dari KlikDokter, hubungan seks yang baik dan benar antara suami dan istri didasari perasaan saling memiliki, mencintai, saling menerima, menghargai, dan menghormati.

Dengan demikian, penting untuk memastikan bahwa aktivitas seksual Anda serta pasangan dapat berjalan lancar. Hindari lima kesalahan di atas yang dapat mengurangi kenikmatan saat berhubungan intim. Jika ada masalah terkait fisik atau psikis terkait hubungan seks Anda, segera konsultasikan dengan dokter.

[HNS/ RVS]

2 Komentar

  • Tomy Bahthiar

    memang kebahagiyaan dlm rumah tangga ini selalu jd bumerang aku sangat setuju tp secara sepikisnya hal ini juga menjadi problem ya tuk bs difahami semoga bermanfaat

  • Tomy Bahthiar

    memang kebahagiyaan dlm rumah tangga ini selalu jd bumerang aku sangat setuju tp secara sepikisnya hal ini juga menjadi problem ya tuk bs difahami semoga bermanfaat