Sukses

Cara Mudah Menurunkan Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi akan meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Anda tak mau ini sampai terjadi, kan? Ini cara mudah menurunkannya.

Klikdokter.com, Jakarta Dalam kadar normal, kolesterol dibutuhkan tubuh. Namun, jika kadar kolesterol tinggi, ini seakan mengundang penyakit yang berbahaya seperti tekanan darah tinggi, diabetes, jantung, dan stroke. Inilah mengapa kadar kolesterol mesti dijaga sebaik mungkin. Jika berdasarkan hasil pemeriksaan kadar kolesterol yang didapat tinggi, ada cara mudah untuk menurunkannya.

Terdapat beberapa cara untuk menurunkan kadar kolesterol. Sebelum mengandalkan obat-obatan, ada berbagai perubahan pola hidup yang bisa Anda lakukan terlebih dulu sebagai upaya awal penurunan kolesterol. Berikut di bawah ini adalah cara sederhana menurunkan kolesterol tinggi.

1. Konsumsi makanan yang menyehatkan jantung

Apa yang Anda makan adalah kunci penting dalam menurunkan kolesterol. Beberapa perubahan dalam pola makan Anda dapat mengurangi kolesterol, sekaligus meningkatkan kesehatan jantung.

Awali dengan konsumsi mengurangi dan membatasi konsumsi lemak jenuh. Lemak jenuh terutama ditemukan dalam daging merah, makanan yang digoreng, susu, jeroan, dan masih banyak lagi.

Barengi dengan memperbanyak konsumsi makanan yang kaya akan asam lemak omega-3. Konsumsi omega-3 tidak memengaruhi kolesterol LDL atau kolesterol jahat, manfaatnya lebih pada melindungi jantung. Jenis makanan yang tinggi akan omega-3 termasuk ikan salmon, makerel, haring, serta kacang walnut.

Selain itu, tingkatkan juga konsumsi berbagai makanan yang tinggi serat seperti oatmeal dan kacang-kacangan.

2. Berolahraga secara rutin

Tak cuma pola makan, olahraga adalah komponen penting dalam menurunkan kolesterol. Aktivitas fisik dapat membantu meningkatkan kolesterol HDL alias kolesterol baik. Supaya upaya penurunan kolesterol Anda optimal, lakukan olahraga secara rutin setidaknya 30 menit sebanyak tiga kali seminggu.

Selain berolahraga, Anda pun disarankan untuk tetap aktif sepanjang hari. Anda bisa berjalan mengelilingi kantor sebagai bentuk peregangan dan mencegah durasi duduk terlalu lama. Anda juga bisa berjalan cepat selama jam istirahat, bersepeda ke kantor, atau melakukan olahraga favorit selepas jam kantor. Agar termotivasi, pertimbangkan untuk mencari teman olahraga atau bergabung dengan grup atau kelas olahraga tertentu.

3. Berhenti merokok

Rokok mengandung banyak sekali bahan beracun yang pengaruhnya buruk bagi kesehatan. Merokok sudah terbukti berhubungan dengan berbagai penyakit seperti kanker paru, kanker pernapasan, dan penyakit jantung.

Jika Anda mengalami kesulitan dalam berhenti merokok, konsultasikan masalah ini dengan dokter. Komunikasikan juga keinginan ini kepada teman-teman atau keluarga, sehingga Anda akan mendapat dukungan yang diperlukan.

4. Menurunkan berat badan

Angka kegemukan dan obesitas makin meningkat. Fenomena ini disebabkan oleh pola hidup sedenter dan pola makan tinggi kalori yang rasanya sulit lepas dari masyarakat modern.

Jika memang Anda punya masalah berat badan berlebih, segera lakukan berbagai perubahan pola hidup, contohnya dengan mengganti minuman manis dengan air putih. Jika Anda menginginkan sesuatu yang manis, cobalah untuk mengunyah permen dengan sedikit atau tanpa lemak. Selain itu, tingkatkan aktivitas fisik agar berat badan bisa berkurang secara bertahap.

5. Hindari konsumsi alkohol berlebihan

Minum minuman beralkohol yang tak terkendali dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius, termasuk tekanan darah tinggi, gagal jantung, dan stroke. Namun, jika konsumsinya moderat, lalu yang diminum adalah anggur merah, ini berkaitan dengan kadar kolesterol HDL yang lebih tinggi.

Bagaimana, tidak sulit, bukan? Jika Anda sudah melakukan berbagai cara yang disebutkan di atas tapi kadar kolesterol tak kunjung menurun, maka obat penurun kolesterol bisa menjadi pilihan. Namun, Anda harus berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter. Setelahnya, minumlah obat sesuai rekomendasi dokter sambil melanjutkan perubahan gaya hidup ke arah yang lebih sehat. Dengan demikian, diharapkan manfaatnya bisa Anda rasakan secara optimal!

(RN/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar