Sukses

5 Hal yang Penting Diperhatikan Para Penyintas Kanker

Untuk mencegah kanker datang kembali dan menjaga kualitas hidup, ini 5 hal yang dapat dilakukan para penyintas kanker.

Klikdokter.com, Jakarta Kanker adalah salah satu penyakit yang kompleks. Akan tetapi, dengan perkembangan teknologi saat ini, kanker sangat bisa diatasi. Ketika pasien berhasil melewati pengobatan, maka dimulailah lembar barunya sebagai seorang penyintas kanker. Campuran rasa bahagia, harapan, dan kekhawatiran menyatu dalam diri penyintas kanker. Lalu, apa saja hal-hal yang penting diperhatikan para penyintas kanker?

Kekhawatiran akan kekambuhan kanker (rekurensi) memang wajar dialami oleh orang yang sudah selesai menjalani pengobatan kanker. Ada juga rasa cemas bahwa anggota keluarga, misalnya anak, akan mengalami hal serupa. Akan tetapi, jangan sampai kekhawatiran ini terlalu dominan hingga membuat Anda tidak dapat menikmati hidup.

Di sisi lain, jangan pula terlalu menyepelekan diri bahwa kanker tidak akan kembali lagi, sehingga Anda kurang peduli terhadap kondisi kesehatan. Berikut lima hal yang penting diperhatikan oleh para penyintas kanker.

  1. Berpikir positif

Berpikir positif merupakan kunci yang sangat penting agar Anda dapat memiliki kualitas hidup yang baik setelah sembuh dari kanker. Hilangkan kekhawatiran berlebih karena itu justru akan memengaruhi kesehatan mental Anda. Ingatlah, belum tentu kanker yang Anda alami akan mengalami kekambuhan. Untuk mengetahui persentase keberulangan jenis kanker yang Anda alami, berkonsultasilah dengan dokter atau sumber kesehatan yang tepercaya.

  1. Menjalankan pola hidup sehat

Pola hidup sehat juga harus dilakukan setelah menjalani pengobatan kanker. Selain faktor genetik, tidak menjalankan pola hidup sehat dalam jangka waktu lama juga merupakan salah satu penyebab terjadinya kanker. Itulah sebabnya, untuk mencegah kanker datang kembali, Anda perlu menjalani hidup sehat.

Cobalah untuk memilih menu sehat untuk makanan Anda, minum yang cukup, istirahat yang cukup, dan berolahraga teratur. Dengan memiliki daya tahan tubuh yang baik, sel-sel kanker akan sulit berkembang kembali.

  1. Menghindari paparan zat berbahaya

Paparan rokok, polusi udara dan air, radiasi, serta zat kimia berbahaya (mis. limbah pabrik) perlu dihindari untuk mencegah kanker datang kembali. Zat-zat tersebut telah terbukti bersifat karsinogenik (dapat mencetuskan kanker). Selain itu, menghindari makanan yang dibakar juga penting untuk mengurangi kemungkinan kanker datang kembali.

  1. Bersosialisasi

Bersosialisasi dengan para penderita kanker atau sesama penyintas kanker juga penting untuk saling mendukung dan berbagi informasi. Serta, jangan lupa untuk sering berkumpul bersama keluarga, saudara, dan teman-teman di lingkungan Anda, karena mungkin selama pengobatan kanker Anda jarang memiliki waktu bersama mereka. Dengan bersosialisasi, Anda memiliki semangat hidup yang lebih tinggi dan dapat terhindar dari berbagai masalah mental seperti depresi.

  1. Melakukan pemeriksaan kesehatan rutin

Terakhir, lakukanlah pemeriksaan kesehatan secara rutin, baik pemeriksaan kesehatan secara umum maupun pemeriksaan khusus untuk mendeteksi kemungkinan kanker datang kembali. Biasanya dokter akan menginformasikan setiap berapa lama Anda harus kontrol rutin. Hal ini tergantung pada jenis dan kondisi kanker Anda sebelumnya.

Dengan pemeriksaan rutin, Anda akan lebih tenang, dan jika memang terdapat indikasi keberulangan kanker, tindakan dapat segera dilakukan sebelum terjadi penyebaran kanker. Bawa juga anggota keluarga Anda untuk pemeriksaan rutin untuk mendeteksi adanya kanker karena sebagian jenis kanker berkaitan dengan faktor genetik.

Nah, kini Anda telah mengetahui hal-hal apa saja yang penting diperhatikan oleh para penyintas kanker. Semoga bermanfaat, dan tetap semangat!

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar