Kehamilan

Daftar Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Muda

dr. Dyah Novita Anggraini, 25 Jan 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Untuk kesehatan ibu dan janin yang optimal, yuk ketahui sepuluh makanan penting bagi ibu hamil muda berikut ini.

Daftar Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Muda

Hamil muda merupakan masa yang menyenangkan, sekaligus penuh tantangan. 

Dianggap menyenangkan karena pasangan suami istri baru saja mengetahui bahwa mereka akan mendapatkan anggota keluarga baru.

Namun, kegirangan tersebut disertai tantangan karena hamil muda merupakan salah satu masa kehamilan yang paling berat.

Pasalnya, di bulan-bulan awal kehamilan, ibu hamil cenderung mudah lelah dan sering merasakan mual. Padahal, ibu juga harus mengonsumsi asupan makanan yang baik untuk tumbuh kembang si jabang bayi.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda perlu mengonsumsi makanan yang tepat. Berikut ini daftar makanan sehat untuk dikonsumsi ibu hamil muda:

1. Jeruk

Bulan pertama kehamilan merupakan masa yang esensial untuk pembentukan tabung saraf janin. Demi memastikan pembentukannya berjalan sempurna, ibu hamil membutuhkan asupan asam folat yang cukup (setidaknya 400 mikrogram).

Jeruk merupakan salah satu buah yang tinggi kadar asam folat. Oleh sebab itu, asupan makanan ini penting untuk ibu yang tengah hamil muda.

Tak hanya itu, rasa asam manis yang ada pada jeruk juga dapat membantu mengurangi keluhan mual. 

Untuk mendapatkan manfaat yang optimal, sebaiknya ibu hamil mengonsumsi buah jeruk segar dan menghindari jus jeruk dalam kemasan yang tinggi kadar gulanya.

Artikel Lainnya: Puasa bagi Ibu Hamil Muda, Apakah Aman?

2. Alpukat

Bukan hanya jeruk, alpukat juga mengandung asam folat yang tinggi. Buah tropis dengan rasa gurih ini juga kaya akan serat. Hal ini sangat penting untuk ibu hamil muda.

Saat hamil muda, ibu akan lebih rentan mengalami sembelit dan wasir akibat perubahan hormonal yang terjadi. Serat akan membantu mengatasi kondisi ini.

Agar kandungan seratnya lebih terjaga, sebaiknya alpukat tidak diblender, tapi dimakan langsung dengan cara dikerok.

Anda dapat mencampur alpukat dengan makanan lainnya, misalnya dijadikan salad.

3. Susu dan Yoghurt

Sudah menjadi rahasia umum bahwa susu penting untuk dikonsumsi ibu hamil. Kandungan di dalam susu yang paling dibutuhkan dalam kehamilan adalah kalsium. Zat ini penting untuk pertumbuhan tulang janin.

Jika ibu hamil tak suka susu, produk susu seperti yoghurt juga memberikan manfaat yang sama.

Namun demikian, tak semua orang gemar mengonsumsi susu atau yoghurt. Terkadang, pangan ini justru mencetuskan rasa mual.

Untuk menyiasatinya, susu atau yoghurt bisa dikonsumsi dalam bentuk puding, smoothies, atau es krim.

4. Telur

Makanan ini baik untuk ibu hamil muda karena kandungan kolinnya yang tinggi. Kolin merupakan nutrisi yang esensial untuk pembentukan saraf dan otak janin.

Jika asupan kolin pada ibu hamil kurang, maka dapat berisiko menyebabkan gangguan perkembangan otak janin.

Mengonsumsi sebutir telur sehari akan berkontribusi memenuhi 25 persen kebutuhan kolin ibu hamil.

Selain kolin, telur juga tinggi kadar protein. Protein sangat vital untuk pertumbuhan dan penambahan berat badan janin.

Artikel Lainnya: Tips Sehat Menjalani Trimester Pertama Kehamilan

5. Daging Sapi

Daging sapi merupakan asupan makanan yang baik untuk ibu hamil muda. Kandungan protein yang tinggi di dalamnya penting bagi pertumbuhan janin.

Selain itu, daging sapi sangat kaya akan zat besi. Ketahuilah bahwa zat besi merupakan salah satu mineral yang esensial bagi ibu hamil.

Selama kehamilan, tubuh membutuhkan zat besi jauh lebih banyak dibandingkan saat sebelum hamil. Jika asupan zat besi kurang, ibu hamil akan rentan mengalami anemia defisiensi besi.

Kondisi anemia ini bisa meningkatkan risiko persalinan prematur, bayi berat lahir rendah, serta perdarahan pasca persalinan.

Daging sapi bisa diolah dengan cara direbus, dikukus, atau digoreng. Namun sebaiknya, ibu hamil menghindari konsumsi daging sapi dengan cara dibakar karena berisiko menyebabkan infeksi jika tidak matang benar.

6. Wortel

Makanan sehat untuk ibu hamil muda berikutnya adalah wortel. Selain tinggi akan vitamin A dan serat, wortel juga kaya vitamin B6 (piridoksin).

Vitamin B6 ini akan membantu pembentukan selubung saraf (mielin). Selain itu, pada ibu hamil muda, vitamin B6 juga terbukti efektif untuk mengurangi morning sickness.

Wortel bisa dikonsumsi mentah, dikukus, atau direbus. 

7. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan memiliki kandungan lemak dan kolin yang sangat baik untuk tumbuh kembang janin. Oleh sebab itu, asupan makanan ini sebaiknya dipenuhi oleh ibu hamil muda.

Selain itu, kacang memiliki kadar serat yang tinggi sehingga dapat mencegah terjadinya sembelit dan wasir saat hamil. 

Artikel Lainnya: Olahraga yang Bisa Dilakukan Saat Hamil Trimester Pertama

8. Daging Merah

Daging merah juga termasuk makanan yang baik untuk ibu hamil muda. Ini karena berbagai kandungannya yang bermanfaat bagi janin.

Daging merah menyimpan zat besi, protein, dan vitamin B12 yang baik untuk produksi sel darah merah ibu dan janin, sehingga mendukung tumbuh kembang janin.

9. Biji Chia

Makanan sehat lainnya untuk ibu hamil muda adalah biji chia. 

Kandungan kalsium, zat besi, dan vitamin A pada biji chia sangat penting dikonsumsi saat kehamilan, terutama pada trimester pertama. 

10. Ikan Salmon

Ikan salmon memiliki kandungan vitamin D dan asam lemak omega-3 yang tak boleh dilewatkan agar janin tetap sehat.  

Walau demikian, pastikan salmon yang dikonsumsi sudah dimasak sampai matang, ya. 

Kesehatan ibu dan janin sangat bergantung pada apa yang dikonsumsi ibu sejak hamil muda. Karena itu, sebisa mungkin ibu harus memperhatikan setiap makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Bila ingin berkonsultasi seputar asupan makanan untuk ibu hamil muda, Anda bisa menggunakan fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter

[WA]

Makanan SehatKehamilan

Konsultasi Dokter Terkait