Sukses

6 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Muda

Untuk kesehatan ibu dan janin yang optimal, yuk ketahui enam makanan penting bagi ibu hamil muda.

Klikdokter.com, Jakarta Hamil muda merupakan masa yang menyenangkan, sekaligus penuh tantangan. Menyenangkan karena pasangan suami istri baru saja mengetahui bahwa mereka akan mendapatkan anggota keluarga baru. Namun, kegirangan tersebut disertai tantangan karena hamil muda merupakan salah satu masa kehamilan yang paling berat.

Pasalnya, di bulan-bulan awal kehamilan, ibu hamil cenderung mudah lelah dan sering merasakan mual. Padahal, ibu hamil juga harus mengonsumsi asupan makanan yang baik untuk tumbuh kembang si jabang bayi.

Untuk mengatasi masalah tersebut, berikut enam makanan sehat yang disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil muda:

  1. Jeruk

Bulan pertama kehamilan merupakan masa yang esensial untuk pembentukan tabung saraf janin. Untuk memastikan pembentukannya berjalan sempurna, ibu hamil membutuhkan asupan asam folat yang cukup (setidaknya 400 mikrogram). Jeruk merupakan salah satu makanan yang tinggi kadar asam folat.

Tak hanya itu, rasa asam manis yang ada pada jeruk juga dapat membantu mengurangi keluhan mual yang sering dirasakan saat hamil muda. Untuk memastikan asupan nutrisi optimal dari jeruk, sebaiknya ibu hamil mengonsumsi buah jeruk segar dan menghindari jus jeruk dalam kemasan yang tinggi kadar gulanya.

  1. Alpukat

Tak hanya jeruk, alpukat juga merupakan buah yang mengandung asam folat yang tinggi. Tak hanya itu, buah tropis dengan rasa gurih ini juga kaya serat. Hal ini sangat penting untuk ibu hamil muda. Pasalnya, saat hamil muda, ibu akan lebih rentan mengalami sembelit dan wasir akibat perubahan hormonal yang terjadi.

Mengonsumsi alpukat akan membantu mengurangi risiko sembelit dan wasir. Agar kandungan seratnya lebih terjaga, sebaiknya alpukat tidak diblender, tapi dimakan dengan cara dikerok. Anda dapat mencampur alpukat dengan makanan lainnya, misalnya dijadikan salad.

  1. Susu dan yoghurt

Sudah menjadi rahasia umum bahwa susu penting untuk dikonsumsi ibu hamil. Kandungan di dalam susu yang paling dibutuhkan dalam kehamilan adalah kalsium. Zat kalsium sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang janin. Jika ibu hamil tak suka susu, produk susu seperti yoghurt juga memberikan manfaat yang sama.

Namun demikian, tak semua ibu hamil muda gemar mengonsumsi susu atau yoghurt. Terkadang, pangan ini justru mencetuskan rasa mual. Untuk menyiasatinya, susu atau yoghurt bisa dikonsumsi dalam bentuk puding, smoothies, atau es krim.

  1. Telur

Telur merupakan makanan dengan kandungan kolin yang tinggi. Kolin merupakan nutrisi yang esensial untuk pembentukan saraf dan otak janin. Kurangnya asupan kolin selama kehamilan dapat berisiko menyebabkan gangguan perkembangan otak janin.

Mengonsumsi sebutir telur sehari akan berkontribusi memenuhi 25 persen kebutuhan kolin ibu hamil. Selain kolin, telur juga tinggi kadar protein. Protein sangat esensial untuk pertumbuhan dan penambahan berat badan janin.

  1. Daging sapi

Daging sapi merupakan makanan dengan sumber protein yang tinggi. Hal ini penting bagi pertumbuhan janin. Selain itu, daging sapi merupakan salah satu makanan yang sangat tinggi kadar zat besinya. Zat besi merupakan salah satu mineral yang penting bagi ibu hamil. Selama kehamilan, tubuh membutuhkan zat besi jauh lebih banyak dibandingkan saat sebelum hamil. Jika asupan zat besinya kurang, ibu hamil akan rentan mengalami anemia defisiensi besi.

Kondisi anemia ini akan meningkatkan risiko persalinan prematur, berat badan lahir rendah, serta perdarahan pasca persalinan. Daging sapi bisa diolah dengan cara direbus, dikukus, atau digoreng. Namun sebaiknya, ibu hamil menghindari konsumsi daging sapi dengan cara dibakar karena bisa berisiko menyebabkan infeksi jika tidak matang benar.

  1. Wortel

Selain tinggi vitamin A dan serat, wortel merupakan salah satu makanan yang kaya vitamin B6 (piridoksin). Vitamin B6 akan membantu pembentukan selubung saraf (mielin). Selain itu, pada ibu hamil muda, vitamin B6 juga terbukti efektif untuk mengurangi morning sickness. Wortel bisa dikonsumsi mentah, dikukus, atau direbus.

Kesehatan ibu dan janin sangat bergantung dari apa yang dikonsumsi ibu sejak hamil muda. Oleh karena itu, sebisa mungkin ibu hamil harus memperhatikan setiap makanan dan minuman yang dikonsumsi agar tumbuh kembang janin berjalan dengan optimal.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar