Sukses

Hindari 5 Menu Sarapan Ini agar Semangat di Hari Senin

Mengawali hari dengan menu sarapan favorit bisa bikin semangat. Tapi, hindari deretan makanan ini bila tak ingin badan lemas di awal minggu.

Klikdokter.com, Jakarta Tak cuma bikin kenyang, makanan juga dapat memengaruhi suasana hati Anda dalam mengawali hari di awal minggu yang padat. Ya, di hari Senin, umumnya segudang pekerjaan datang menghampiri. Sehingga, menu sarapan akan sangat menentukan semangat dan cadangan energi Anda di pagi hari.

Untuk itulah, Anda mesti memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi bila ingin terus semangat sepanjang hari. Dijelaskan oleh dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter, kelima makanan di bawah ini sebaiknya dihindari, meski semuanya adalah menu sarapan yang praktis dan mudah dibuat di pagi hari.

  1. Roti tawar dengan margarin

Sarapan ini amat populer, baik di luar maupun di dalam negeri. Namun sayangnya, meski praktis dibuat di pagi hari, dr. Karin mengatakan bahwa roti tawar atau juga disebut roti putih mengandung karbohidrat yang terlampau tinggi.

Bahkan, bila diolesi margarin, kombinasinya semakin tidak baik bagi kesehatan. Karena margarin mengandung lemak trans yang dapat membahayakan tubuh.

  1. Aneka kue

Punya sisa kue semalam? Sebaiknya kue tersebut tidak disajikan kembali sebagai menu sarapan. Sebab, kue mengandung kalori dan karbohidrat yang tinggi, serta lemak jahat yang dapat mengacaukan diet Anda.

“Tak hanya itu, kue pun kurang bersahabat bagi pengidap diabetes, kolesterol tinggi, dan orang yang memiliki penyakit jantung.” jelas dr. Karin.

  1. Jus buah kemasan

Ingin merasakan kebaikan buah, tetapi tidak mau ribet mengupas, memotong, atau membuat smoothies? Mungkin Anda pikir, jus buah kemasan adalah solusinya. Namun sayangnya, meskipun memiliki vitamin tambahan dan mineral, minuman kemasan tersebut rendah serat dan juga memiliki gula yang sangat tinggi.

“Bukannya bermanfaat, minuman kemasan ini justru menjadi malapetaka bagi pelaku diet dan penderita diabetes.” dr. Karin menegaskan.

Bila Anda ingin mendapatkan manfaat dari asupan buah, sebaiknya konsumsilah buah potong segar atau buat sendiri jus buah Anda tanpa tambahan gula ataupun susu kental manis. Sebab, buah sendiri sudah mengandung gula alami yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi tubuh Anda.

  1. Makanan kalengan

Tak sedikit orang yang memanfaatkan daging olahan dalam kaleng untuk dikonsumsi saat sarapan. Tapi, walaupun praktis dan rasanya gurih, makanan kalengan tersebut sebaiknya tidak dikonsumsi untuk sarapan karena mengandung garam dan gula yang sangat tinggi.

Bahkan, nutrisi dalam makanan kalengan tersebut pun lebih sedikit ketimbang bahan makanan segar. Sehingga, akan lebih baik bila Anda mendapatkan asupan protein dari bahan makanan segar lainnya, seperti daging cincang, telur, ikan ataupun protein nabati dari tahu dan tempe.

  1. Mi instan

Aroma dan cita rasa mi instan memang amat menggoda. Tapi menurut dr. Karin, mi instan itu sendiri tidak mengandung nutrisi yang diperlukan tubuh. Dan sama seperti makanan kalengan, mi instan sangat tinggi kadar garamnya.

Anda yang menderita tekanan darah tinggi (hipertensi) dan penyakit ginjal sebaiknya tidak memilih mi instan sebagai menu sarapan.

Lantas, bila kelima makanan di atas tidak boleh dikonsumsi saat sarapan, apa yang sebaiknya dikonsumsi agar tubuh segar dan bersemangat? Nah, menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, Anda bisa mengganti roti tawar biasa dengan roti gandum, karena mengandung karbohidrat kompleks yang baik untuk tubuh.

Kemudian, gantilah asupan protein Anda dari daging kalengan menjadi telur dan susu. Selain itu, ketimbang mengonsumsi jus buah kemasan, lebih baik konsumsi sayuran hijau di pagi hari agar Anda mendapatkan asupan zat besi yang cukup. Dan terakhir, perbanyak konsumsi air putih agar Anda tidak mudah kelelahan akibat dehidrasi.

Mungkin kelima menu sarapan di atas termasuk praktis dan mudah disajikan di pagi hari, dimana sebagian besar orang hanya memiliki waktu sedikit untuk sarapan. Meski demikian, kesehatan Anda tetaplah yang utama. Oleh sebab itu, sebaiknya ganti menu tersebut dengan ragam makanan sehat yang telah disarankan oleh para ahli. Dengan begitu, pagi hari Anda pun menjadi lebih bersemangat.

[NP/ RVS]

1 Komentar