Sukses

Ini Waktu Terbaik untuk Menggunakan Masker Wajah

Hingga kini, mungkin Anda memakai masker wajah suka-suka hati saja. Entah itu pagi, siang, atau malam. Tapi, apakah cara ini benar?

Klikdokter.com, Jakarta Salah satu produk perawatan kulit dan kecantikan kegemaran kaum hawa di seluruh dunia ialah masker wajah. Baik itu sheet mask, clay mask, mud mask, sampai home made natural mask, semuanya memiliki kelebihan tersendiri untuk meningkatkan kualitas kulit pemakaianya. Apalagi jika Anda memakainya secara teratur.

Nah, bicara soal pemakaian masker, sebenarnya adakah waktu-waktu khusus untuk mengaplikasikan masker agar hasilnya lebih maksimal?

Malam atau siang?

Menurut dr. Atika dari KlikDokter, sebenarnya tidak ada anjuran yang pasti tentang pemakaian masker wajah, baik itu sheet mask maupun masker yang dioleskan. Namun yang penting di sini adalah Anda harus mengetahui dulu fungsi dari masker yang hendak Anda aplikasikan. “Misalnya saja, Anda ingin mengaplikasikan masker yang fokusnya untuk meregenerasi kulit wajah. Sebaiknya, gunakan saat malam hari sebelum tidur saja,” jelas dr. Atika.

Produk regenerasi kulit biasanya akan mengangkat sel-sel kulit mati secara optimal sehingga kulit wajah akan terkelupas dan menipis. Saat Anda memakainya di pagi atau siang hari, lalu kulit yang baru diberi masker itu langsung terkena sinar matahari, dr. Atika mengatakan bahwa kulit tersebut justru akan memerah dan meradang.

“Itulah mengapa Anda sebaiknya memakai produk regenerasi kulit, baik berupa masker atau apapun, pada malam hari saja. Lagi pula, tak nyaman kan Anda beraktivitas dengan kulit yang mengelupas?” dr. Atika menegaskan. Begitu pun dengan masker yang fungsinya untuk mencerahkan atau whitening. Biasanya, produk ini juga akan sensitif terhadap paparan sinar matahari sehingga skincare atau masker pencerah wajah lebih baik juga digunakan saat malam hari.

Lalu, bagaimana dengan masker yang fungsinya hanya untuk melembapkan, menyegarkan, dan menghidrasi kulit? dr. Atika mengatakan bahwa masker jenis ini bisa digunakan kapan saja. Mau siang ataupun malam, masker yang tidak mengandung “bahan keras” di dalamnya lebih fleksibel untuk digunakan.

Tapi memang, alasan mengapa banyak orang yang tetap menggunakannya di malam hari adalah agar pengaplikasian maskernya tidak terlalu banyak mendapatkan distraksi. Sehingga, nutrisi dari masker bisa terserap dengan lebih optimal.

Sesudah atau sebelum skincare harian?

Dilansir Healthline, Anda bisa menggunakan masker setelah mencuci muka hingga bersih. Setelah muka sudah bersih, barulah Anda boleh mengaplikasikan masker dan diamkan selama kurun waktu yang dianjurkan di kemasan masker. Tapi umumnya, waktu penyerapan dan pengeringan masker itu sekitar 5 sampai 20 menit.

Usai masker mengering, bilas dengan air hangat, keringkan dengan handuk bersih dengan cara ditepuk-tepuk, lalu pakai toner, serum, dan moisturizer Anda.

Berapa kali dalam seminggu?

Seberapa sering Anda mengaplikasikan masker wajah sangat bergantung dari jenis kulit dan anjuran dokter (bila perawatan kulit Anda berasal dari dokter). Namun, secara umumnya, seperti ini:

  • Masker antipenuaan bisa digunakan beberapa kali dalam seminggu.
  • Masker untuk mengontrol kelebihan minyak hanya dapat digunakan 2-3 kali seminggu.
  • Masker hydrating juga dapat digunakan beberapa kali dalam seminggu.
  • Dan bila Anda memiliki jenis kulit yang sensitif, ada baiknya Anda hanya mengaplikasikan masker seminggu sekali.

Itulah anjuran-anjuran waktu terbaik untuk mengaplikasikan masker wajah. Bila Anda mendapatkan skincare (salah satunya masker wajah) dari dokter kulit dan kecantikan, maka anjuran dari dokter Andalah yang wajib diikuti. Yang jelas, selalu aplikasikan masker saat wajah sudah benar-benar dibersihkan. Sebab, bila tidak begitu, bukannya mulus, kulit Anda justru akan berjerawat karena pori-pori tersumbat.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar