Kulit

Kaki Gatal, Tanda 8 Masalah Kesehatan Ini

Krisna Octavianus Dwiputra, 24 Des 2019

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Anda sering punya masalah kaki gatal? Mulai sekarang jangan disepelekan, bisa jadi itu tanda Anda punya 8 masalah kesehatan ini.

Kaki Gatal, Tanda 8 Masalah Kesehatan Ini

Kaki gatal dapat mengganggu kenyamanan Anda dalam beraktivitas. Namun, jika kaki Anda gatal terlalu sering, jangan sepelekan. Bisa saja, ini adalah tanda adanya gangguan kesehatan pada tubuh Anda. Kondisi gatal pada kaki bisa menandakan ada masalah kesehatan yang serius.

Indikasi Gangguan Kesehatan saat Terasa Gatal pada Kaki

Dilansir dari Medical News Today, berikut beberapa gangguan kesehatan yang ditandai dengan telapak kaki gatal.

1. Neuropati Perifer

Menurut dr. Rio Aditya dari KlikDokter, neuropati perifer merupakan kerusakan saraf yang terjadi di ekstremitas, seperti jari-jari, tangan, dan kaki. Kerusakan saraf ini dapat menyebabkan sensasi, seperti gatal, mati rasa, dan nyeri di beberapa bagian tubuh, termasuk kaki.

2. Kulit Kering

Kulit kering terkadang bisa menyebabkan gatal. Faktor risiko untuk kulit kering meliputi usia, hidup di iklim kering, serta paparan air secara teratur. Misalnya, sering mencuci tangan karena bekerja di industri kesehatan dan jasa serta berenang di air yang diklorinasi.

Jika Anda memiliki kulit kering di bagian kaki, kemungkinan besar Anda juga akan merasa gatal. Mengoleskan krim, lotion, atau minyak dapat membantu meredakan gatal.

3. Psoriasis

Psoriasis adalah kondisi yang menyebabkan kulit merah dan bersisik. Kondisi ini dapat terjadi di hampir semua bagian tubuh, termasuk kaki. Psoriasis bisa sangat gatal dan menyakitkan.

Psoriasis terjadi ketika sistem kekebalan tubuh seseorang mulai menyerang sel-sel kulit yang sehat. Pada kulit akan terlihat ruam-ruam. Untuk perawatan, Anda dapat mengoleskan krim dan losion yang mengandung tar, asam salisilat, kortikosteroid, atau kombinasi ketiganya.

4. Athlete's Foot

Athlete's foot adalah penyakit kulit jamur yang biasanya berkembang di sela jari-jari kaki, meskipun dapat pula terjadi di bagian lain kaki. Penyakit dengan nama lain kaki atlet ini dapat menyebabkan rasa gatal dan terbakar pada area yang terinfeksi.

Artikel lainnya: 10 Gejala Aneh pada Tubuh yang Kerap Dirasakan Pelari

Jamur tumbuh subur dalam kondisi hangat, lembap, dan gelap, seperti di dalam sepatu olahraga. Pertumbuhan berlebih dari jamur ini dapat menyebabkan keluhan telapak kaki gatal, yang merupakan salah satu gejala penyakit kaki atlet.

5. Kudis

Penyakit ini dalam dunia medis dikenal sebagai skabies. Menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter, kudis adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh tungau (mite) Sarcoptes scabei. Tungau ini berukuran sangat kecil dan hanya bisa dilihat dengan mikroskop.

Kudis bersifat menular dan menyebar melalui kontak kulit. Rasa gatal dapat terjadi di mana saja pada tubuh, termasuk pada telapak kaki.

6. Diabetes

Diabetes dapat menyebabkan neuropati diabetik. Ini dapat menyebabkan kesemutan, gatal, dan mati rasa, terutama di bagian kaki. Sirkulasi yang buruk karena diabetes juga dapat menyebabkan gatal. Sakit diabetes juga dapat meningkatkan risiko seseorang terkena infeksi bakteri dan jamur.

7. Eksim

Eksim atau yang dikenal juga sebagai dermatitis atopik adalah suatu kondisi yang biasanya ditandai dengan kulit yang sangat kering dan gatal. Kondisi ini dapat muncul di banyak area tubuh, termasuk kaki.

dr. Dyah Novita Anggaini dari KlikDokter menjelaskan, eksim dapat dipicu oleh pencetus (alergen) yang berkontak dengan kulit. Hal tersebut terjadi pada orang yang sensitif terhadap iritasi di kulit. “Kulit kering, kemerahan, rasa gatal dan panas merupakan salah satu gejala eksim,” kata dr. Dyah Novita.

Artikel lainnya: Gejala Eksim yang Perlu Anda Ketahui

Eksim dishidrotik adalah jenis yang sering muncul di sisi dan telapak kaki. Eksim jenis ini menyebabkan lepuh kecil, dalam, dan sangat gatal. Wanita dua kali lebih mungkin untuk mengalami bentuk eksim ini.

Anda dapat mengobati gatal akibat eksim dishidrotik ringan dengan merendam kaki dalam air dingin atau memberikan kompres dingin ke area yang gatal.

8. Infeksi Cacing Tambang

Cacing tambang adalah sejenis parasit yang hidup di usus manusia. Anda bisa terinfeksi cacing tambang ketika berjalan kaki tanpa alas kaki di tempat larva tersebut berkembang biak. Infeksi cacing tambang relatif jarang di tempat-tempat dengan praktik higienis yang memadai.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), seseorang mungkin mengalami gatal di tempat larva cacing tambang memasuki tubuh mereka. Dokter dapat mengobati infeksi cacing tambang dengan obat yang bisa mematikan parasit tersebut.

Bukan saatnya lagi mengabaikan telapak kaki gatal yang Anda alami. Terlebih lagi, bila rasa gatal sudah berlangsung lama dan semakin parah. Jika Anda mengalami kaki gatal yang tak kunjung sembuh, periksakan segera diri Anda ke dokter. Bisa saja, Anda mengalami suatu gangguan kesehatan.

[HNS/ RVS]

EksimKaki GatalSkabiesInfeksi Cacing Tambang

Konsultasi Dokter Terkait