Diet dan Nutrisi

Kaya Nutrisi, Ini 15 Manfaat Terong untuk Kesehatan Tubuhmu

Aprinda, 06 Jul 2023

Ditinjau Oleh dr. Gia Pratama

Tidak cuma enak, terong juga kaya akan nutrisi yang menyehatkan tubuh. Memang, apa saja manfaat terong?

Kaya Nutrisi, Ini 15 Manfaat Terong untuk Kesehatan Tubuhmu

Terong, adalah jenis buah yang sering dijadikan sebagai sayur. Biasanya terong disajikan sebagai lalapan, tumisan, hingga sayur bersantan.

Disampaikan oleh dr. Muhammad Anwar Irzan, “Untuk lebih memaksimalkan rasa, terong biasa dikombinasikan dengan bahan masakan lainnya seperti ikan, tempe, dan tahu.”

Tak hanya mudah diolah dan memiliki rasa yang nikmat, terong kaya akan nutrisi. Kandungan nutrisi terong ungu yaitu serat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, tembaga, dan zink pada satu buah terong.

Dari nutrisinya, berikut berbagai manfaat terong ungu untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui:

1. Baik untuk Kesehatan Jantung

Jantung kamu punya tugas penting, yakni memompa darah ke seluruh tubuh. Jika jantung bermasalah, peredaran darah ke sel-sel tubuh bisa terganggu. Tanpa perawatan, penyakit jantung dapat menyebabkan kematian.

Demi menjaga kesehatan jantung, kamu harus berhenti merokok, rutin olahraga, dan mengonsumsi makanan yang sehat bernutrisi, seperti terong.

Khasiat terong ungu ini ditunjukkan oleh penelitian pada jurnal Comparative Study. Konsumsi terong mentah atau panggang pada hewan selama 30 hari dapat menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung.

Manfaat terong untuk kesehatan jantung ini berasal dari senyawa flavonoid yang bertindak sebagai antioksidan bagi tubuh.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Salah satu faktor penyebab penyakit jantung adalah hipertensi. Ini karena tekanan darah tinggi memperberat kerja jantung dalam memompa darah.

Terong diketahui mengandung kalium. Mineral ini bertugas untuk menstabilkan tekanan darah dengan menyembangkan kadar natrium dalam tubuh. Oleh karena itu, konsumsi terong dan makanan tinggi kalium bisa membantu menjaga tekanan darah tetap normal.

3. Mencegah Penyakit Kanker

Polifenol dalam terong terbukti memiliki efek antikanker. Antosianin dan asam klorogenik melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, sekaligus mampu mencegah pertumbuhan tumor dan penyebaran sel kanker.

Khasiat antosianin pada terong ungu adalah mencegah pembuluh darah baru terbentuk di tumor, mengurangi peradangan, dan memblokir enzim yang membantu sel kanker untuk menyebar.

Lewat mekanisme tersebut, konsumsi terong dan makanan tinggi antioksidan bisa membantu kamu mencegah penyakit kanker

4. Melindungi Kesehatan Otak

Konsumsi terong baiknya dengan kulitnya, lho! Pasalnya, kulit terong mengandung nasunin.

Nasunin merupakan antioksidan kuat yang melindungi membran sel otak dari kerusakan akibat radikal bebas. Zat tersebut juga membantu dalam proses distribusi gizi ke dalam sel, serta memindahkan limbah.

Sel-sel yang terlindungi tentu membuat otak terjaga kesehatannya dari gangguan.

5. Melawan Radikal Bebas

Radikal bebas dapat menyebabkan penuaan dini dan penyakit kronis, seperti kanker dan penyakit jantung. Untungnya, kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas bisa kamu lawan dengan antioksidan.

Nah, terong yang mengandung antioksidan bisa membantu melawan radikal bebas. Kamu bisa mendapatkan manfaat terong ungu dengan mengonsumsinya secara rutin.

Artikel Lainnya: Manfaat Sehat Mengonsumsi Sayuran Berwarna Ungu

6. Cocok untuk Diet

Bila kamu ingin menurunkan berat badan, terong bisa jadi salah satu sayuran diet yang direkomendasikan. Kandungan serat dari terong ungu bisa membuat perut kenyang lebih lama.

Alhasil, efeknya ini bisa menekan keinginanmu untuk ngemil tidak sehat. Dengan begitu, dietmu akan jadi lebih mudah dilakukan.

7. Mencegah Sembelit

Tidak cuma melancarkan diet, serat pada terong ungu juga bisa mencegah sembelit. Serat bisa membantu menjaga tekstur feses tetap lunak.

Dengan begitu feses dapat melewati usus dengan lancar dan lebih mudah dikeluarkan dari tubuh. Manfaat serat dari terong ini akan bekerja maksimal jika kamu cukup minum air putih setiap harinya.

8. Bantu Stabilkan Kadar Gula Darah

Terong sehat untuk konsumsi, termasuk untuk pengidap diabetes. Sebab serat dapat menurunkan gula darah dengan memperlambat laju pencernaan dan penyerapan gula dalam tubuh. 

Penyerapan yang lebih lambat menjaga kadar gula darah tetap stabil dan mencegah terjadinya lonjakan dan penurunan dalam waktu cepat. 

Di samping itu, polifenol pada terong dapat mengurangi penyerapan gula dan meningkatkan sekresi insulin. Keduanya dapat membantu menurunkan gula darah.

9. Jaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Selain cegah sembelit, terong ungu juga memberi manfaat secara menyeluruh pada saluran cerna.

Pasalnya, serat pada teong turut merangsang gerakan peristaltik, yaitu kontraksi otot polos yang memindahkan gizi makanan ke seluruh tubuh. Serat pun dapat menjadi makanan bagi bakteri baik di usus.

Semua manfaat tersebut membuat sistem pencernaan berfungsi optimal dan terjaga kesehatannya.

10. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kolesterol Baik Terlalu Tinggi Justru Berbahaya?

Tubuh membutuhkan kolesterol dalam jumlah yang kecil. Jika kadarnya berlebihan, kadar kolesterol akan tinggi. Seiring waktu, ekstra kolesterol dapat membentuk plak dan menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah.

Kolesterol tinggi harus diwaspadai karena kerap tidak menimbulkan gejala. Jika sudah terjadi penyumbatan, penyakit jantung atau stroke bisa terjadi.

Untungnya, kamu bisa mengelola kadar kolesterol dengan mengonsumsi terong dan membatasi makanan berlemak.

Artikel Lainnya: Makanan Penurun Kolesterol yang Alami

11. Mencegah Peradangan

Peradangan bisa menyebabkan penyakit kronis, seperti arthritis (radang sendi). Jika terkena, sendi akan membengkak dan terasa sakit. Gejalanya ini bisa menyebabkan aktivitas harianmu terhambat.

Untuk mencegahnya, konsumsi makanan sehat sangat disarankan. Contohnya, mengonsumsi makanan yang mengandung zat antiradang, seperti terong.

12. Mengoptimalkan Kinerja Saraf

Sistem saraf berfungsi sebagai penerima dan pengirim sinyal agar tubuh memberikan respons terhadap sesuatu. Fungsi sistem saraf ini bisa berjalan optimal jika kebutuhan mineral dan vitamin tercukupi dengan baik.

Kalium, natrium, dan berbagai vitamin B yang ada pada terong membantu kamu mencukupi kebutuhan nutrisi untuk sistem saraf. Itulah sebabnya, makan terong bisa memberikan manfaat dengan mendukung kinerja saraf tetap optimal.

13. Menjaga Kepadatan Tulang

Tulangmu terdiri dari susunan sel-sel tulang. Seiring waktu, kepadatan tulang akan mengalami penurunan. Kondisi ini bisa menyebabkan kamu rentan mengalami patah tulang atau terkena osteoporosis di kemudian hari.

Untuk menjaga kepadatan tulang, konsumsi makanan kaya vitamin D dan kalsium diperlukan. Selain dari susu maupun produk susu, konsumsi terong yang mengandung kalsium juga bisa membantu menjaga kepadatan tulang.

14. Meningkatkan Kesehatan Mata

Terong juga mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin. Antioksidan pada terung ungu ini memberi manfaat perlindungan pada kesehatan indra penglihatanu.

Jadi, kedua antioksidan tersebut dapat membantu mencegah degenerasi makula terkait usia, yang dapat menyebabkan hilangnya penglihatan pada lansia.

15. Membuat Kamu Panjang Umur

Berdasarkan manfaat terong ungu yang sudah dijelaskan, bisa disimpulkan jika konsumsi sayuran ini bisa membuat kamu panjang umur.

Pasalnya, risiko berbagai macam penyakit seperti kanker, diabetes, penyakit jantung, dan stroke dapat menurun. Namun perlu diingatkan kembali, jika manfaat ini tidak didapat hanya dengan makan terong saja.

Kamu perlu menyempurnakannya dengan penerapan gaya hidup sehat lainnya, seperti rutin olahraga, berhenti merokok, dan tidur cukup.

Artikel Lainnya: Segudang Manfaat Terong untuk Kecantikan

Itulah beragam manfaat sehat yang bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi terong. Namun, ingat untuk membatasi porsi agar tidak berlebihan. Selain itu, hindari pula mengolah terong dengan cara direbus terlalu lama atau digoreng menggunakan banyak minyak (deep frying) agar manfaatnya tidak hilang.

Ingin mendapatkan informasi mengenai gizi makanan yang bantu #JagaSehatmu seperti ini? Download aplikasi KlikDokter sekarang juga! Kamu juga bisa menggunakan fitur Tanya Dokter untuk konsultasi lebih mudah dan cepat!

(NM)

Kesehatan JantungmakananKolesterolantioksidanterong

Konsultasi Dokter Terkait