Sukses

Ini Dia 5 Manfaat Terong untuk Kesehatan

Tak sekadar pelengkap, terong ternyata memiliki segudang manfaat kesehatan. Apa sajakah itu?

Klikdokter.com, Jakarta Terung, atau yang lebih dikenal dengan nama terong, adalah jenis buah yang sering dijadikan sebagai sayur. Anda pasti sudah tak asing lagi dengan buah yang satu ini. Sebab, selain memiliki bentuk dan warna yang sangat unik, terong juga mudah diolah menjadi menu makanan.

“Anda mungkin sering menyajikan olahan terong di meja makan keluarga, mulai dari tumis terong hingga sayur lodeh terong. Untuk lebih memaksimalkan rasa, terong biasa dikombinasikan dengan bahan masakan lainnya seperti ikan, tempe, dan tahu,” ujar dr. Muhammad Anwar Irzan kepada KlikDokter.

Tak hanya mudah diolah dan memiliki rasa yang nikmat, terong ternyata juga mengandung beragam manfaat sehat. Berikut adalah beberapa manfaat terong yang diakui oleh medis:

1. Baik untuk kesehatan jantung

Kandungan serat, kalium, vitamin C, vitamin B6, dan fitonutrien dalam terong baik untuk mendukung kesehatan jantung. Selain itu, kandungan flavonoid pada terong yakni antosianin, diklaim dapat menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung.

Berdasarkan sebuah penelitian, mereka yang rutin mengonsumsi sayuran atau buah mengandung antosianin memiliki risiko penyakit jantung 34 persen lebih rendah. Tak hanya itu, kandungan tersebut juga dapat menstabilkan tekanan darah.

2. Menurunkan kadar kolesterol

Penelitian menunjukkan bahwa kelinci yang diberi makan terong memiliki berat badan serta kadar kolesterol darah yang lebih stabil. Kandungan asam klorogenik dalam terong, terbukti dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) serta mampu menangkal bakteri maupun virus.

3. Mencegah penyakit kanker

Polifenol dalam terong terbukti memiliki efek antikanker. Antosianin dan asam klorogenik melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, sekaligus mampu mencegah pertumbuhan tumor dan penyebaran sel kanker.

Khasiat antosianin pada terong adalah mencegah pembuluh darah baru terbentuk di tumor, mengurangi peradangan, dan memblokir enzim yang membantu sel kanker untuk menyebar.

4. Meningkatkan fungsi kognitif

Temuan dari penelitian pada hewan menunjukkan bahwa nasunin – kandungan dalam kulit terong – merupakan antioksidan kuat yang melindungi membran sel otak dari kerusakan akibat radikal bebas. Zat tersebut juga membantu dalam proses distribusi gizi ke dalam sel, serta memindahkan limbah.

Senada dengan itu, penelitian lain menyatakan bahwa antosianin juga membantu mencegah peradangan saraf dan memperlancar aliran darah ke otak. Khasiat ini bisa membantu meningkatkan daya ingat dan mencegah gangguan mental yang berkaitan dengan pertambahan usia.

5. Mengatur berat badan tubuh

Serat dikenal sebagai faktor penting dalam mengendalikan dan menurunkan berat badan. Zat gizi tersebut juga membantu mengurangi asupan kalori dengan membuat seseorang merasa kenyang lebih lama.

Kandungan serat dalam terong juga sangat penting untuk kesehatan saluran cerna. Perlu diketahui bahwa khasiat terong turut merangsang gerakan peristaltik, yaitu kontraksi otot polos yang memindahkan gizi makanan ke seluruh tubuh.

Itulah beragam manfaat sehat yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi terong. Apakah Anda tertarik untuk membuktikannya sendiri? Tetap ingat untuk membatasi porsi agar tidak berlebihan. Selain itu, hindari pula mengolah terong dengan cara direbus terlalu lama atau digoreng menggunakan banyak minyak (deep frying) agar manfaatnya tidak hilang.

(NB/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar