Kesehatan Anak

Anak Laki-laki Lebih Lambat Bicara, Haruskah Khawatir?

dr. Sepriani Timurtini, 28 Des 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Anak laki-laki sering kali lebih lambat bicara dibandingkan anak perempuan. Apa penyebab anak laki-laki lambat bicara? Yuk, simak di sini.

Anak Laki-laki Lebih Lambat Bicara, Haruskah Khawatir?

Sudah lebih dari 18 bulan, tapi anak laki-laki masih juga tak bisa mengucapkan kata-kata selain “Mama” dan “Papa”. Bila dibandingkan, beberapa anak perempuan seusianya sudah pandai mengoceh. Apa benar anak laki-laki lebih lambat bicara?

Pada dasarnya setiap anak memiliki kecepatan perkembangan berbicara yang berbeda-beda. Setidaknya 1 dari 5 anak mengalami keterlambatan bicara, di mana pada usia 3 tahun mereka belum bisa berbicara dan berkomunikasi. Umumnya kondisi ini bersifat sementara. 

Ada banyak faktor penyebab anak terlambat berbicara, seperti gangguan pendengaran, gangguan saraf dan otot sekitar mulut, riwayat terlambat bicara dalam keluarga, jenis kelamin laki-laki, lahir prematur, dan pola asuh yang salah.

Lantas, berapa usia anak laki-laki bisa bicara lancar? Yuk, cari tahu lebih lanjut! 

Penyebab Anak Laki-laki Lambat Bicara

Anak Laki-Laki sedang Main Boneka

Memang ada kecenderungan bahwa perkembangan bicara anak laki-laki terkesan lebih lambat dibanding anak perempuan. 

Sejumlah penelitian dilakukan untuk mengetahui hubungan antara jenis kelamin anak dengan perkembangan bicaranya. Hasilnya masih menimbulkan pro dan kontra. 

Sejumlah penelitian menemukan, jenis kelamin laki-laki merupakan salah satu faktor risiko gangguan bicara. Ada yang berpendapat, hormon testosteron pada laki-laki berhubungan dengan perkembangan bicara dan diduga menyebabkan gangguan bicara. 

Akan tetapi, pendapat itu dibantah dengan riset lain, yang justru menunjukkan bahwa tidak ada hubungan signifikan antara jenis kelamin laki-laki dengan gangguan bicara. 

Namun, secara umum anak laki-laki memang membutuhkan bantuan stimulasi ekstra untuk mengembangkan kecerdasan sosial dan saraf di otak. 

Bagi orangtua yang memiliki batita laki-laki, cobalah berbagai cara kreatif dalam menstimulasi si kecil dengan ajakan berbicara yang aktif tapi sederhana, sekaligus mengajak bermain permainan edukatif.

Artikel lainnya: Kenali Tanda-tanda Speech Delay pada Anak

Ini yang Harus Orangtua Lakukan

Tips Mengembangkan Kemampuan Problem Solving Anak Sejak Dini

Mama dan Papa dapat mulai melakukan sejumlah hal berikut untuk menstimulasi perkembangan bicara anak laki-laki, di antaranya:

  • Bicara dengan anak sepanjang hari, misal saat memandikan, mengganti popok, mengganti pakaian, dan bermain 
  • Mulailah dengan menjelaskan apa yang sedang dikerjakan, misalnya ”Lihat, Mama sedang mengganti popokmu”, atau ”Wah, segarnya adik setelah mandi
  • Hindari kalimat rumit, gunakan kata-kata sederhana 
  • Ajak anak bernyanyi sambil melihat matanya 
  • Bacakan anak buku setiap hari, pilihlah buku sesuai usianya 

Selain hal-hal di atas, orangtua juga dapat berkonsultasi kepada ahli untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut, terutama bila anak menunjukkan gejala gangguan perkembangan bicara. 

Satu hal yang tak kalah penting, Mama dan Papa mesti memahami, percaya diri, sabar, dan optimis dalam mengajarkan anak laki-laki yang lebih lambat bicara. 

Jangan membandingkan anak dengan anak lainnya. Fokuslah dengan upaya perkembangan bicara anak Mama dan Papa.

Bila butuh konsultasi ke dokter anak, pakai fitur Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter. Yuk, mulai berikan stimulasi kepada si kecil agar semakin lancar berbicara!

(FR/JKT)

Lahir Prematur

Konsultasi Dokter Terkait