Sukses

Mengetahui Masa Layak Pakai Produk Perawatan Kulit

Layaknya makanan, produk perawatan kulit juga punya masa layak pakai. Tahukah Anda akan hal ini?

Klikdokter.com, Jakarta Seperti kebanyakan hal dalam hidup, produk perawatan kulit tidak bisa bertahan selamanya. Ya, produk tersebut memiliki masa layak pakai. Hal tersebut harus benar-benar diperhatikan, karena penggunaan produk perawatan kulit yang sudah tidak layak bisa menyebabkan berbagai dampak buruk pada kulit penggunanya.

Seperti diketahui, setelah kemasan suatu produk perawatan kulit dibuka, produk tersebut sangat berisiko terkena paparan udara, cahaya, dan bakteri. Karenanya, kualitas produk bisa menurun seiring waktu meski Anda telah menyimpannya di tempat yang layak.

Memeriksa kelayakan produk perawatan kulit

Anda bisa mengetahui layak atau tidaknya suatu produk perawatan kulit dengan memperhatikan:

  • Lihat tanggal kedaluwarsa

Sebagian besar produk perawatan kulit memiliki tanggal kedaluwarsa pada kemasan. Contohnya, 02102018, yang berarti bahwa produk tersebut akan kedaluwarsa alias tidak layak digunakan setelah tanggal 2 Oktober tahun 2018.

  • Periode setelah produk dibuka

Jika tanggal kedaluwarsa produk perawatan kulit yang Anda beli terlihat sangat samar, maka cobalah cari tulisan “Periode Setelah Pembukaan (PAO)”. PAO itu sendiri biasanya tertulis dalam bentuk segitiga yang dikelilingi dengan angka seperti “24M”, yang berarti  produk tersebut masih baik untuk digunakan setelah 24 bulan setelah dibuka.

  • Lihat kode batch

Kadang-kadang, usia simpan dicatat sebagai kode batch pada wadah produk. Anda dapat mencari kode-kode ini untuk merek-merek besar di situs-situs seperti CheckCosmetic.net.

  • Gunakan pancaindra

Gunakan kelima indra yang Anda miliki. Bila terjadi perubahan pada aroma, warna, atau tekstur, maka produk tersebut harus dicurigai sudah tidak layak digunakan.

Adapun pedoman umum untuk mengetahui lama penyimpanan berbagai produk perawatan kulit, yaitu:

  • Tabir surya atau sunscreen

Lama penyimpanan dua tahun, tergantung pada kualitas perawatan. Paparan panas ketika botol dibiarkan di bawah sinar matahari dapat menyebabkan tabir surya aktif, bahan-bahan terurai lebih cepat, dan konsistensi berubah.

Ketika produk mulai berubah warna, misalnya dari putih menjadi kuning atau berbau tidak enak, sebaiknya jangan gunakan lagi. Sebab hal tersebut merupakan indikasi bahwa produk sudah kedaluwarsa.

  • Sabun dan pembersih

Lama penyimpanan untuk sabun dan pembersih setelah Anda membuka segelnya adalah bertahun-tahun. Akan tetapi, jika kemasannya telah terbuka, maka produk tersebut hanya dapat bertahan selama satu tahun.

Jika warna, aroma, atau tekstur produk terlihat berbeda dari yang seharusnya, sebaiknya jangan gunakan lagi. Keadaan tersebut adalah pertanda bahwa produk sudah kedaluwarsa.

  • Pelembap atau moisturizers

Lama penyimpanan pelempab adalah sekitar satu tahun, atau selama krim masih terlihat dan terasa seperti saat pertama kali membukanya dari segel.

Jika produk mengalami perubahan warna atau aroma, sebaiknya hindari untuk menggunakannya kembali karena sudah kedaluwarsa.

  • Serum

Lama penyimpanan serum adalah sekitar satu tahun. Namun, karena produk tersebut mengandung vitamin, maka kualitasnya akan terus menurun seiring waktu.

Jika sudah mengalami perubahan tekstur atau aroma, bisa jadi serum tersebut sudah kedaluwarsa.

  • Foundation

Lama penyimpanan foundation adalah satu tahun. Bila Anda menggunakan spons untuk mengambil atau mencampur foundation, lama penyimpanan akan berkurang menjadi 6 bulan.

Cara mengetahui bahwa produk sudah kedaluwarsa adalah dengan mendeteksi adanya perubahan bau, warna, atau konsistensi. Jika foundation tidak bercampur atau menyerap ke dalam kulit, sebaiknya hentikan penggunaannya.

  • Blush on

Blush on bentuk padat dapat bertahan selama beberapa tahun jika tidak pecah. Sementara itu, gel-stick atau blush on krim bisa mengering lebih cepat dengan penggunaan yang konsisten. Apapun jenis yang digunakan, pastikan Anda sering membersihkan kuas supaya tidak dihinggapi bakteri dan menyebabkan jerawat pada kulit.

Jika blush on gel atau krim menjadi sangat lengket, kering, mengalami perubahan tekstur atau mulai berbau, sebaiknya jangan gunakan lagi. Hal tersebut merupakan pertanda bahwa blush on yang Anda gunakan sudah kedaluwarsa.

  • Eye shadow

Bila kebersihannya terjaga, eye shadow dapat bertahan selama bertahun-tahun. Namun, bila eye shadow sudah pecah atau sudah berubah warna karena kontaminasi kuas yang tidak dibersihkan, sebaiknya jangan digunakan lagi.

Perhatikan benar-benar masa layak produk perawatan kulit atau kosmetik yang Anda gunakan. Hal ini demi mendapatkan manfaat optimal, juga menghindari efek samping merugikan akibat produk sudah kedaluwarsa. Anda tak ingin mengalami hal-hal merugikan gara-gara menggunakan produk yang sudah tidak layak, bukan?

(NB/ RVS)

1 Komentar

  • Michella Ade

    mau tnya kalo untuk kulit berminyak dan kusam? baik gunakan produk cosmetic yg kandgan.a apa ya dok terima kasih