Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Perancang Busana Karl Lagerfeld Meninggal Akibat Kanker Pankreas

Perancang Busana Karl Lagerfeld Meninggal Akibat Kanker Pankreas

Dunia fashion sedang berduka. Salah satu perancang busana terbaik di dunia, Karl Lagerfeld meninggal dunia akibat kanker pankreas.

Klikdokter.com, Jakarta Kabar duka menyelimuti jagat fashion dunia. Salah satu perancang terkenal asal Prancis, Karl Lagerfeld meninggal dunia pada Selasa (19/2). Desainer yang juga merupakan direktur dari Chanel itu meninggal dunia pada usia 85 tahun akibat kanker pankreas.

Pria berkebangsaan Jerman yang sejak akhir tahun 1950-an telah menjadi ikon fashion dunia itu meninggal di Paris. Kabar meninggalnya Karl Lagerfeld diumumkan langsung oleh pihak Chanel.

Sebelum meninggal, pria kelahiran Hamburg ini memang sudah beberapa kali absen dalam pergelaran busana koleksi terbaru Chanel. Beberapa pekan terakhir dirinya juga dikabarkan sudah tidak sehat.

Lagerfeld diketahui meninggal karena kanker pankreas. Sempat dibawa ke rumah sakit pada Senin (18/2), Karl Legerfeld akhirnya mengembuskan napas terakhirnya pada usia 85 tahun.

Waspada kanker pankreas

Kabar meninggalnya Karl Lagerfeld karena kanker pankreas cukup mengejutkan. Ini karena dia dianggap memiliki gaya hidup sehat. Penyakit yang sama juga merenggut penyanyi legendaris Aretha Franklin pada pertengahan Agustus 2018 lalu.

Ini membuktikan bahwa kanker pankreas memang tidak pandang bulu, bisa menyerang siapa saja. Menurut dr. Reza Fahlevi dari KlikDokter, kanker pankreas seperti yang dialami Lagerfeld memang tipe kanker yang tidak memberikan gejala spesifik.

"Biasanya gejala dan tanda kanker pankreas tidak terjadi hingga akhirnya penyakit berkembang ke tahap lanjut. Inilah mengapa kanker pankreas sering terlambat terdiagnosis," ujar dr. Reza.

Gejala kanker pankreas yang bisa dirasakan oleh penderita antara lain nyeri perut bagian atas dan rasa nyeri menjalar ke punggung. Selain itu, orang dengan kanker pankreas akan mengalami penurunan nafsu makan dan berat badan.

Selain itu, bisa juga muncul gejala diabetes mellitus, tubuh terasa lemah, dan kekuningan. Umumnya, orang dengan kanker pankreas juga mengalami gangguan pencernaan seperti sumbatan saluran cerna.

Kanker pankreas mudah menyebar

Kanker pankreas diketahui biasa terjadi orang-orang kelompok usia 65 tahun ke atas. Kanker ini bisa terjadi di mana saja di bagian pankreas, bahkan seluruh pankreas. Bahayanya, kanker jenis ini mudah menyebar ke organ tubuh lainnya.

Namun sampai saat ini, penyebab utama kanker pankreas tidak diketahui secara pasti. Salah satu yang memicu munculnya kanker pankreas adalah karena adanya mutasi DNA pada sel pankreas.

Mutasi tersebut menyebabkan sel tumbuh secara tidak terkontrol, dan berkembang terus-menerus hingga sel normal pankreas mati. Akumulasi sel ini akhirnya membentuk tumor.

Meskipun penyebab pasti mutasi genetik tersebut tidak diketahui secara pasti, ada beberapa hal yang telah ditemukan sebagai faktor risiko terjadinya kanker pankreas, yakni:

  • Adanya riwayat keluarga dengan kanker
  • Penyakit diabetes mellitus
  • Peradangan kronis pada pankreas
  • Obesitas
  • Merokok
  • Usia lanjut

Kanker pankreas memang "akrab" bagi para tokoh dunia. Penyakit ini juga pernah merenggut nyawa Steve Jobs, penyanyi tenor Luciano Pavarotti, hingga aktor Patrick Swayze.

Ini membuktikan bahwa kanker pankreas memang menjadi salah satu ancaman serius. Sulitnya mendeteksi gejala awal adanya kanker pankreas, membuat setiap orang harus mengantisipasinya sejak dini.

Oleh karena itu, pola hidup sehat mutlak harus dijalankan. Beberapa hal yang dinilai bisa mencegah munculnya kanker adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang, menghindari kebiasaan merokok dan minum alkohol, mengelola stress dengan baik, istirahat cukup, dan memenuhi asupan cairan harian.

Meninggalnya perancang busana legendaris Karl Lagerfeld akibat kanker pankreas memang meninggalkan duka bagi dunia fashion. Meski demikian, karya dan warisan Karl Lagerfeld untuk dunia fashion tidak bisa dilupakan begitu saja.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar