Sukses

6 Herbal untuk Psoriasis seperti Dialami Kim Kardashian

Kim Kardashian mengoleskan bahan herbal di area wajah yang terkena psoriasis. Sebenarnya, apa bahan dan manfaat dari herbal tersebut?

Klikdokter.com, Jakarta Artis Kim Kardashian sempat mengakui bahwa dirinya mengalami psoriasis lewat sebuah instastory di akun Instagram pribadinya. Bagi Anda penggemar setia istri Kanye West itu, mungkin pernah mendapati pengakuan terkait penyakit kulit yang dialaminya dalam sebuah episode reality show “Keeping Up with The Kardashians”.

Nah, dalam unggahan yang akan hilang setelah 24 jam itu, bagian wajah Kim yang terkena psoriasis diolesi ramuan herbal untuk mengendalikan gejalanya.

Menurut dr. Atika dari KlikDokter, belum ada herbal yang mampu menyembuhkan penyakit kulit psoriasis. Yang ada hanyalah meringankan gejala, dan itu pun tak semuanya bereaksi positif karena tidak memiliki takaran dan tidak diketahui jelas mengenai efek samping yang mungkin timbul. Jika Anda ingin hasil yang lebih aman dan pasti, dr. Atika tetap menyarankan Anda untuk tetap mengonsumsi ataupun mengoleskan obat-obatan yang telah diberikan oleh dokter.

“Karena bahan aktif obatlah yang mampu secara efektif mengatasi hal tersebut (gejala psioriasis),” dr. Atika menegaskan.

Dilansir dari Psoriasis.org, memang ada sejumlah bahan herbal yang dipercaya bisa meringankan gejala dari penyakit kulit tersebut. Namun tetap disarankan untuk berkonsultasi kepda dokter terlebih dahulu jika Anda tertarik untuk mencobanya:

1. Aloe vera (lidah buaya)

Gel dari tanaman lidah buaya dapat dioleskan ke kulit hingga tiga kali sehari. Beberapa penelitian menunjukkan, penggunaan gel lidah buaya dapat membantu mengurangi kemerahan, memberikan kelembapan, dan memberikan sensasi dingin di bagian kulit yang terkena psoriasis.

Saat gatal muncul kembali, ketimbang Anda menggaruknya dan membuat kulit makin terkelupas lalu berdarah, sebaiknya oleskan gel lidah buaya untuk menenangkan area kulit yang sedang meradang tersebut.

2. Cuka apel

Cuka apel digunakan dalam pengobatan alami sebagai disinfektan. Bahan herbal ini juga dapat membantu meringankan gatal pada kulit kepala akibat psoriasis. Tak hanya itu, cuka apel juga bisa memberikan efek mendinginkan - sama seperti gel lidah buaya - apabila dicampur dengan air.

Akan tetapi, penggunaan cuka apel sangat tergantung dari kondisi psoriasis yang terjadi. Jika kulit Anda sangat pecah-pecah atau bahkan ada luka terbuka, sebaiknya jangan gunakan cuka apel karena hanya akan menambah iritasi pada kulit.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. Capsaicin

Capsaicin merupakan bahan aktif dalam cabai yang memberikan sensasi panas. Para peneliti dari University Medical Center Freiburg, Jerman, menemukan krim yang mengandung capsaicin. Krim tersebut disinyalir dapat membantu mengurangi rasa sakit, peradangan, dan kemerahan pada kulit psoriasis.

Namun demikian, dibutuhkan lebih banyak penelitian lagi untuk menilai manfaat dan keamanan penggunaan jangka panjang dari krim capsaicin. Ini karena pada beberapa orang, krim capsaicin bisa memberiksan sensasi terbakar yang justru semakin memperburuk kondisi.

4. Garam laut mati

Sesekali, penderita psoriasis pasti ingin mandi dengan air hangat. Nah, saat berendam air hangat, Anda bisa menambahkan garam laut mati ke dalam air tersebut, lalu berendamlah selama 15 menit. Hal ini dipercaya bisa menghilangkan sisik dan mengurangi rasa gatal. Setelah berendam, jangan lupa oleskan pelembap ke sekujur tubuh.

5. Tea tree oil

Minyak yang satu ini biasanya ditemukan dalam skin care yang berhubungan dengan jerawat. Namun, penderita psoriasis yang memiliki gangguan kulit di bagian kepala juga bisa menggunakan sampo yang mengandung tea tree oil untuk mengurangi gejala.

Sama seperti capsaicin, Anda mesti hati-hati dalam menggunakannya, karena tidak semua cocok dengan bahan yang satu ini.

6. Kunyit

Kunyit bersifat antiinflamasi dan mengandung antioksidan kuat. Sehingga, Anda bisa mengonsumsi sari kunyit yang pekat atau suplemen kunyit untuk membantu menyehatkan kulit. Food and Drug Administration berhipotesis bahwa konsumsi 1,5 hingga 3 gram kunyit per hari tergolong aman untuk memantu mengendalikan gejala psoriasis.

Itulah bahan-bahan herbal yang bisa digunakan untuk membantu meredakan gejala psoriasis. Sayangnya, Kim Kardashian tidak menyebutkan secara gamblang bahan herbal apa yang ia gunakan untuk meredakan gejala psoriasis yang dialaminya. Meski Anda tertarik untuk mencobanya, sangat disarankan untuk mengonsultasikan penggunaan bahan herbal tersebut kepada dokter. Hal ini perlu diperhatikan, apalagi bila Anda masih menjalani pengobatan psoriasis dari dokter.

(NB/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar